Monthly Archives: November 2012

climbing the couch

Standard

abcOh kemarin malam enak banget tidurku, yang paling enak dalam 8 bulan terakhir (bulan2 terakhir kehamilan nggak dihitung)! Sky kemarin malam agak telat tidur, jam 8, jadi tadi pagi juga dia baru bangun jam 8. Dan antara jam 11 malam dan 8 pagi dia cuma bangun sekali, jam setengah 4, dan kali ini Joop yang sepenuhnya mengurusi botol susunya. Aku cuma mencolokkan penghangat botol di stopkontak (karena penghangatnya ada di sisi tempatku tidur), dan sesudahnya aku bisa tidur lagi sampai pagi, horeee! 😀 Kelanjutan dari tulisan kemarin tentang aktifnya Sky akhir-akhir ini, hari ini dia memanjat sofa. Tentunya masih harus dibantu, tapi dia senang banget tuh, dan sekarang dia sering memandangi kami dan sofa bergantian, seolah-olah minta diangkat naik lagi, hehe…

***

O wat heb ik lekker geslapen vannacht, het beste in meer dan 8 maanden tijd (de laatste maanden van de zwangerschap niet meegeteld)! Sky was gisterenavond een beetje laat naar bed gegaan, om 8 uur, dus vanmorgen werd ze ook pas om 8 uur wakker. En tussen 11 en 8 was zij maar één keer wakker, om half 4, en deze keer heeft Joop haar voeding volledig verzorgd. Ik heb alleen de stekker van de flessenwarmer in de stopcontact gedaan (omdat het aan de kant van mijn bed ligt) en kon verder lekker slapen, horeee! 😀 Ter navolging van de post van gisteren over onze super-beweeglijke Sky, vandaag heeft ze de bank “beklommen”. Natuurlijk met hulp, maar ze vond het zó leuk en nu kijkt ze vaak om en om naar ons en omhoog naar de bank alsof ze ons wil vragen om haar weer te helpen op te tillen…

Advertisements

can’t stay still

Standard

Sky benar-benar nggak bisa diam. Hari-hari terakhir ini semakin susah saja untuk melakukan dua hal: mengganti popoknya dan menyusuinya (kalau dia sedang nggak mengantuk atau sebetulnya nggak niat menyusu). Sudah sekian waktu kami meletakkan bantal untuk alas mengganti popoknya di ruang keluarga, jadi ditaruh di atas karpet saja (hanya kalau malam bantalnya masih kami pindahkan ke kamarnya lagi). Sama seperti kalau mengeringkan badan dan memakaikan pakaian sesudah mandi. Di atas lantai, karena susah luar biasa untuk memeganginya supaya nggak berguling-guling. Kalau berdua masih lumayan, tapi kalau sendirian wah menyerah deh…karena itu aku juga selalu sedia barang kecil untuk mengalihkan perhatiannya. Sisir plastik atau bolpen kosong aku selipkan ke tangannya, lalu cepat-cepat mengganti popok…begitu caranya supaya dia anteng! Tapi mudah teralihkan perhatian begini justru berefek negatif kalau harus menyusu. Terutama pagi dan siang hari kalau ‘batere’nya masih penuh, waduh repotnya kalau ditaruh supaya menyusu: dua detik mengisap, lalu berhenti dan sedetik memandangku dan tertawa (ini bagian manisnya nih, hehe), lalu sepuluh detik tengok-tengok dan berputar-putar. Apalagi kalau ada yang berbunyi atau bergerak atau ada barang asing yang dilihat, lama tengok-tengoknya bisa berlipat tiga. Saking susahnya aku sampai sudah beberapa kali harus memompa dulu sebentar sampai ASI-nya keluar, supaya dia bisa cepat dan konsentrasi minum. Buset deh…luar biasa penasaran dan aktif anak ini…tapi memang jelas-jelas sangat sehat dan pintar, ingin melihat dan menjelajahi semua-mua di sekitarnya… 😉

***

Sky kan echt niet stil zitten of liggen. De laatste dagen hebben we (nog meer!) extra moeite met twee dingen: luier verschonen en aan de borst leggen (als zij niet slaperig is of niet zoveel zin in heeft). Al een tijdje hebben we het aankleedkussen in de woonkamer gelegd (alleen ‘s avonds wel terug naar haar kamer) en verschonen we haar dus ook gewoon op de grond, net als haar aankleden na het badje. Met z’n tweeën is het nog te doen, maar in je eentje is het bijna onmogelijk om haar vast te houden en een nieuwe luier aan te doen zonder dat ze rolt (niet één keer, maar in meervoud!). Ik heb ook altijd iets in de buurt paraat om haar even af te leiden. Dus een pen of een kammetje tussen haar handjes stoppen en snel de luier vervangen, dát is de truc! Maar zó snel afgeleidt is dan weer niet handig als ik haar aanleg. Vooral ‘s morgens en ‘s middags als haar energie peil nog op z’n hoogst is, is het: twee seconden sabbelen en zuigen, één seconde mij aankijkend en lachend (dat is wel weer leuk!) en vervolgens tien seconden rondkijken. Bij elk geluid of beweging of een vreemd voorwerp doet ze het rondkijken-en-proberen-te-grijpen nog eens drie keer zo lang. Uit wanhoop heb ik nu al een paar keer voor-gekolfd om alvast wat druppeltjes in haar mond te laten proeven zodat zij dan echt geconcentreerd gaat drinken (en dan nog gaan haar beentjes en armpjes rondzwaaien en maaien, soms mij ‘slaan’ en ‘schoppen’). Tsjonge tsjonge…wat een nieuwsgierig (en zeer beweeglijk) aagje…maar wel duidelijk een gezonde en pientere meid die alles wil zien en ontdekken… 😉

8 months old today! ♥

Standard

Horeee, Sky hari ini genap 8 bulan! Semua foto di atas dipotret dalam waktu 5 menit saja, nah, bisa membayangkan nggak betapa aktifnya Sky sekarang ini? hehehe 😉 Hari ini untuk pertama kalinya ketahuan bahwa Sky nggak doyan makan buah sharon (warnanya oranye tua dan bentuknya mirip manggis). Betul-betul makanan pertama yang dia nggak doyan nih, karena sampai sekarang semua piring makannya selalu ludes licin. Tapi waktu makan buah sharon ini Sky cuma mau mencicipi dua sendok, pasang muka jijik (bahkan seperti mau muntah) dan menjulurkan lidahnya yang masih penuh bubur buah keluar dan nggak mau makan lagi. Padahal buahnya manis lho…mungkin karena ini baru pertama kalinya dia makan buah ini ya, atau mungkin memang bener2 nggak doyan, bisa juga. Tetap saja sampai sekarang dia jauh lebih doyan makan makanan hangat dan gurih dibanding makan buah atau yang manis-manis. Sebetulnya kalau dipikir-pikir memang logis sih, turunan mama berarti nih anak…nggak heran kalau dia lebih doyan tahu dan ayam daripada buah sharon, hehehe… 😀

***

Horeee, Sky is vandaag 8 maanden geworden! Al de bovenstaande foto’s zijn binnen 5 minuten tijd genomen, kun je je voorstellen hoe beweeglijk en actief zij nu is? 😉 We hebben trouwens net ontdekt dat zij voor het eerst een bepaald voedsel niet lekker vindt, dat is het kakifruit. Ze wilde alleen maar twee hapjes proeven, moest een beetje kokhalzen, stak vervolgens haar tong vol met fruitpapje uit en niet verder wilde eten. Best grappig, want tot nu toe eet ze al haar bordjes altijd leeg. Misschien omdat het de eerste keer is dat zij kakifruit kreeg, maar misschien vindt ze het gewoon niet lekker (terwijl het best zoet is, vinden we). Nog steeds gaan de warme, hartige hapjes veel sneller en makkelijker in dan de fruithapjes. Niet echt verwonderlijk eigenlijk…als het mama’s kind is, dan is het logisch dat Sky tofu en kippetjes lekkerder vindt dan kakifruit, hahaha…. 😀

on her knees

Standard

Sky semakin menguasai posisi merangkak, semakin sering dan semakin tahan lama menaikkan perutnya dan menyangga badan dengan tangan dan kaki…semakin penasaran nih kapan dia bakal benar-benar mulai merangkak dengan “benar”, hehe…

***

Sky krijgt steeds meer controle over de kruiphouding, doet het steeds vaker en langer, haar lichaam met haar armen en benen ondersteunend…het wordt steeds spannender wanneer ze die houding ook echt gaat gebruiken om te kruipen!

night feedings

Standard

Sudah sekitar seminggu ini kami sibuk mengutak-atik jadwal minum susu malam Sky. Sebentar lagi umurnya sudah 8 bulan, tapi skema minum susunya masih sama dengan skema saat dia baru saja lahir: setiap 3 jam. Capek…jadi kami mencoba mengulur interval minumnya. Juga karena Joop sekarang masih bisa membantu (karena sering bekerja dari rumah), baik membantu memberi susu malam-malam maupun mengurus Sky pagi-pagi untuk memberiku sejam ekstra tidur. Nah, pertama-tama harus yakin dulu bahwa Sky cukup mendapat minum. Menurut CJG (Posyandu) untuk bayi seumur Sky, kalau malam jam 11 sudah mendapat 180 ml susu seharusnya dia bisa tidur sampai pagi sebelum minta minum lagi (atau karena ASI bolehlah bangun dan menyusui sekali supaya ASI tetap lancar). Karena minum ASI jadi susah untuk menentukan berapa banyak yang diminum Sky, jadi sekarang kami mencoba cara baru. Sekitar jam 10/11 malam (kalau dia terbangun) kami memberikan ASI hasil memompa plus tepung beras sampai totalnya 180 ml. Setelah itu, kalau dia terbangun lagi, biasanya sekitar jam 2/3 subuh, untuk pertama kalinya kami sekarang memberikan susu formula. Joop yang memberinya minum dan aku memompa ASI lagi untuk mengisi botol hari berikutnya (jadi 2 kali memompa, jam 10 malam dan sekitar jam 3 subuh). Dengan begitu jumlah susu yang diminumnya pasti sudah cukup, sehingga kami yakin kalau di sela-selanya dia masih terbangun tidak mungkin karena haus. Jadi perjanjian kami berikutnya: kalau Sky misalnya jam 1 atau jam 5 terbangun, kami akan menunggu dulu sampai dia betul-betul menangis sebelum kami menengoknya. Jadi tidak cepat-cepat ditengok. Dan ternyata memang berhasil. Sky masih saja sering terbangun di antara jam minum susu, dan berteriak-teriak sebentar, tapi setelah beberapa menit biasanya dia tertidur lagi, nggak sampai menangis. Tentu saja aku tetap ikut terbangun, tapi kalau dia sudah terdiam ya aku bisa cepat tidur lagi, beda dengan kalau setiap saat musti menyusui. Sudah beberapa malam ini begitu terus, lumayan deh. Sekarang di samping tempat tidur kami selalu siap penghangat botol, sebotol air, botol berisi susu formula, pengaduk, dan pompa ASI. Begitu Sky sekitar 4 jam sesudah botol terakhirnya (ini perjanjian kita, kalau masih kurang dari 4 jam kami akan menunggu dulu) terbangun, langsung penghangat botol aku nyalakan dan aku mulai memompa ASI. Beberapa menit kemudian Joop bisa membuat susu dengan air hangat dan memberikannya pada Sky (yah, aku harus menggoyang Joop keras-keras dulu supaya bangun, hehe). Berharap saja deh ya semoga Sky bisa makin lelap dan lama tidur malamnya (kalau siang nggak masalah tuh) dan semoga dalam waktu dekat jadwal minum susu malamnya bisa semakin berkurang.

***

We hebben nu ongeveer 1 week zitten puzzelen met de nachtvoedingen van Sky. Ze wordt binnenkort 8 maanden, maar qua nachtvoeding zitten we op ongeveer hetzelfde schema als toen zij net geboren was: elke 3 uur drinken. Vermoeiend, en dus proberen we de intervallen te rekken. Ook omdat Joop nu nog volop kan helpen, zowel ‘s nachts met voeden als ‘s ochtends om Sky uit bed te halen en mij extra slaapuurtjes te geven (thuiswerken heeft zijn voordelen). Eerst willen we zeker weten of Sky genoeg melk krijgt. Volgens het CJG moet het voor haar vol te houden zijn om 180 ml melk om 11 uur te krijgen en dan pas weer een fles ‘s morgens (of één keer tussendoor om de borstvoeding te blijven stimuleren). Nou met borstvoeding alleen is het natuurlijk lastig om te bepalen hoeveel melk zij binnen krijgt. Dus wat wij nu aan het proberen zijn is om de laatste fles (rond 10-11 uur ‘s avonds als zij er om vraagt) afgekolfde melk plus rijstebloem van in totaal 180 ml te geven. Daarna als zij weer wakker wordt, meestal rond 2-3 uur, geven we haar nu voor het eerst kunstvoeding (opvolgmelk). Joop geeft dan de fles en ik ga kolven om de fles voor de volgende nacht te vullen (twee keer kolven dus, 10 uur ‘s avonds en rond 3 uur ‘s nachts). De hoeveelheid melk moet nu echt genoeg zijn. Als Sky dan nog wakker wordt kan het dus geen dorst meer zijn. Dan komen we tot de volgende maatregel, omdat zij inderdaad tussendoor nog wakker wordt (zo rond 1 uur en 5 uur ‘s nachts). We wachten nu eerst af totdat ze écht huilt voordat we even bij haar gaan kijken. En dit laatste heeft eigenlijk een positief effect. Ze wordt nog steeds vaak wakker en schreeuwt of slaakt dan een paar kreetjes, maar na een paar minuten valt ze gewoon verder in slaap. Oké, ik word er wel wakker van, maar zodra ze stil is val ik ook weer snel in slaap. Dat is de laatste paar nachten altijd zo gegaan. De flessenwarmer, een fles water, een fles met poedermelk, een roerstaaf en het kolfapparaat staan nu paraat naast ons bed. Zodra Sky ongeveer 4 uur na de laatste fles wakker wordt (dat is ons afgesproken interval wanneer wij denken dat zij weer dorst kan hebben, eerder niet) gaat de stekker van de flessenwarmer in de stopcontact, begin ik met kolven en na een paar minuten kan Joop de melk maken en aan Sky geven (nou ja, zodra ik hem heel hard por om wakker te worden dan, hihi). Laten we hopen dat Sky steeds beter en langer kan slapen (‘s middags is het geen probleem) en dat op een gegeven moment de nachtvoedingen minder gaan worden.

ikea day out

Standard

Lumayan susah juga mencari tempat bermain yang sesuai untuk bayi seusia Sky. Tempat di mana dia bisa melihat hal-hal yang menarik (buat dia), bisa bertemu orang dan anak-anak lain, dan terutama bisa bebas merangkak dan tidak terus-terusan harus duduk di kereta bayinya. Sebetulnya tidak perlu tempat yang khusus, karena buatnya banyak sekali hal yang menarik di sekitarnya. Jadi hari ini sesudah dia bangun dari tidur siangnya, kami mengajaknya pergi ke Ikea. Makan sedikit dan bersantai dulu di restoran, lalu kami “melepaskan” Sky di bagian barang anak-anak, menaruhnya di ranjang-ranjang showroom, memberinya boneka2 dan mainan2. Wah senang banget lho dia, di sana-sini bertemu anak-anak lain…mama-papa juga jadi ikut terbawa kontak dengan orang tua lain, memang gampang banget kalau sama-sama membawa anak kecil. Lucu memang betapa Sky selalu menarik perhatian orang. Di Ikea kan banyak banget anak-anak kecil, tapi tidak semuanya menjalin kontak satu dengan yang lain. Sky sih mirip magnet, selalu ada saja yang mengajak bicara atau mengedipkan mata kepadanya. Hari yang menyenangkan hari ini di Ikea, juga buat Sky…betapa hidup memang sederhana kalau kita masih bayi ya, hehe…

***

Het is vrij lastig om een geschikte speelplek voor een baby te vinden. Een plek waar zij leuke dingen (voor haar doen) kan zien, andere mensen en kinderen kan ontmoeten maar vooral ook vrij kan rondkruipen en niet de hele tijd in haar wagen of op een stoel moet zitten. Het hoeft eigenlijk niet ingewikkeld te zijn, want ze vindt algauw veel dingen interessant. Dus vandaag zijn we na haar middagdutje naar Ikea gegaan. Eerst even wat gegeten en ‘ge-lounged’ bij het restaurant, en daarna hebben we Sky “losgelaten” bij de kinderafdeling, haar op verschillende showroom-bedden gelegd met wat knuffels en speelgoed. Ze maakte hier en daar contact met andere kindjes en wij ook met andere ouders…het gaat zo soepel als je beide een kleintje op de arm hebt. Grappig om te zien hoeveel aandacht Sky altijd trekt. Ik bedoel, er zijn natuurlijk taalloze kinderen die bij Ikea rondlopen, maar lang niet iedereen maakt contact met elkaar… Een leuk dagje uit vandaag dus bij de Ikea. Alles vond Sky leuk, alles interessant…wat is de wereld toch lekker simpel als je nog klein bent 😉

(no) headbands

Standard

Yah, bando mama tentunya kebesaran buat Sky (foto 1), jadi mama mencoba mengutak-atik membuat bando sendiri. Untung tahapnya masih “mencoba” dan belum diselesaikan, karena begitu hasil percobaan dipasangkan di kepalanya (foto 2, 3, 4) langsung ditarik lepas (dan rusak) dan setelahnya menolak begitu mau dipasangkan lagi. Jelas dia nggak suka memakai benda yang terasa aneh di kepalanya…sayang ya, padahal lucu dan cantik banget kan didandani seperti ini, hehe…

***

Tja, de haarband van mama is natuurlijk te groot voor Sky (foto 1), dus probeert mama te knutselen en zelf haarbandjes te maken. Gelukkig ligt de nadruk nog op “proberen”, want zodra de drie concept-haarbandjes (foto 2, 3, 4) op haar hoofdje worden gezet, trekt ze direct de bandjes af (en kapot!) en weigert ze daarna stil te zitten om de bandjes weer te dragen. Nee, zo’n raar ding op haar hoofd vindt ze maar niks…jammer, want zeg nou zelf, het is toch een snoezig plaatje om haar met al die “decoratie” te zien, hihi…