Monthly Archives: April 2016

visiting textile museum

Standard

blog 3

Waktu mengunjungi museum tekstil kemarin kami antara lain melihat bagaimana wol domba dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain beragam rupa. Menarik dan mendidik! Di rumah aku mendapat ide untuk meniru proses menenun dalam skala besar, menggunakan potongan kertas dan karton (alias menganyam), seperti yang dulu waktu kecil juga sering aku buat. Sky tertarik, tapi masih harus dibantu untuk menyelip-nyelipkan kertasnya.

***

blog 1

Bij het textiel museum hebben we o.a. gezien hoe je van wol draadjes kunt spinnen en daarna verschillende soorten stof kunt weven. Leuk en leerzaam! En thuis kreeg ik een idee om het weven na te doen met strookjes papier en karton, zoals ik ook vaak maakte toen ik klein was. Vond Sky heel interessant, maar ze heeft wel nog wat hulp nodig met het priegelige werk.

blog 4

blog 5

blog 2

blog 6

blog 7

Advertisements

museum and some attitudes

Standard

blog 5

Menarik ya, waktu Sky beberapa hari lalu bilang: “Bagus nih karya seninya, bisa digantung di museum”, kami tahu persis asal muasalnya dari mana. Minggu lalu kami mengunjungi sebuah museum (karena sepanjang minggu dicanangkan sebagai ‘minggu promo museum’ di Belanda). Mengisi quiz, melihat-lihat karya seni yang dipajang atau digantung di sana. Kegiatan seperti ini, walaupun terlihat sederhana, ternyata memang berkesan dan memperkaya pengalamannya. Biarpun begitu, waktu malam ini kami menawarkan untuk besok mengunjungi museum yang lain, jawabannya: “Enggak ah, museum itu lebih untuk kalian kan. Tapi yah, kalau kalian pergi nanti aku sendirian. Nggak bisa juga ya…”

Sekarang dia sudah hampir 4 minggu masuk sekolah, dan kami mengamati bahwa karakternya semakin kritis. Secara kemauan. “Aku mau menyelesaikan ini sekarang, bukan nanti!”. Secara bahasa. Dia sering mengoreksi kalimat kami, misalnya bahwa kami tidak boleh menggunakan kata pengecil lagi. Agak susah menjelaskannya, tapi Bahasa Belanda mengenal kata pengecil, yaitu dengan menambahkan ‘-je’ di belakang sebuah kata benda. Tapi ini tidak boleh digunakan semena-mena. Kata Sky: “Mama, bukan ‘sokjes’ (kaus kaki kecil), tapi ‘sokken’ (kaus kaki)”. Dan secara sikap. Katanya: “Biarkan aku mencoba sendiri dulu. Kalau tidak berhasil nanti aku panggil mama.” Luar biasa ya.

Dia sekarang sudah jauh lebih mengenal sekolahnya, kami melihat bahwa dia tidak lagi capek sepulang sekolah. Jadi sudah bisa pelan-pelan mulai membawa temannya bermain di rumah atau sebaliknya, pergi bermain ke rumah temannya (sejak hari pertama di sekolah dia sudah mendapatkan banyak permintaan untuk bermain bersama, tapi kami tahan dulu sampai dia tidak kecapekan lagi). Dua minggu mendatang sekolah libur, namanya ‘libur bulan Mei’. Kesempatan bagus untuk beristirahat, tapi juga untuk beraktivitas bersama. 🙂

Dan beberapa ucapan lucunya akhir-akhir ini:

  • Waktu aku bertanya, kalau kami punya anjing atau kucing bakal diberi nama apa? Setelah berpikir sejenak dia menjawab: “Elstar, seperti nama apel favoritku!”
  • Aku melihatnya sedang bermain sebagai dokter, dan bertanya apakah dia dokter-manusia atau dokter-hewan. Jawabnya: “Dokter-mainan mama, masak nggak kelihatan sih?”
  • Di layar iPad muncul seri kartun tentang seekor tikus tanah dan papa berseru antusias: “Ini seri waktu papa kecil juga sudah ada lho, sering papa tonton!” Yang mana Sky dengan sebal menanggapi: “Ya papa, aku tahu, sudah sering kamu bilang kok, pfffff!” 😀

***

blog 3

Het is toch leuk, toen Sky van de week zei: “Het is een mooie kunstwerk, het kan zo in een museum hangen!” en dat we weten hoe het komt. Het is museum week, dus we hebben vorige week een museum bezocht. Een familie-speurtocht gedaan en wat kunstwerk bekeken. Zoiets blijft toch bij en heeft ongemerkt haar ervaring verrijkt. Hoewel, toen we vanavond offerden om morgen bij een ander museum te gaan kijken, zei ze: “Nee, het is meer voor jullie. Maar ja, als jullie gaan dan ben ik alleen, dat kan ook niet hè…”

Nu zij bijna 4 weken op school zit, merken we dat zij kritischer wordt. Qua dingen doen. “Ik wil deze nu afmaken, niet straks!”. Qua taal. Het verkleinwoordje ‘-je’ mogen we niet meer gebruiken. “Nee mama, het zijn geen sokjes, maar sok-ken!”. Qua houding. “Laat mij het eerst proberen. Als het niet lukt, dan roep ik je wel.” Geweldig gewoon.

Ze kent alles van school nu al veel beter en we merken dat ze na school helemaal niet moe is. Fijn, dan kunnen we voorzichtig beginnen met afspreken (sinds dag 1 op school vliegen de afspraak-verzoeken ons al om de oren!). De komende 2 weken is het meivakantie. Heel fijn om even uit te rusten, maar ook om veel leuke dingen samen te doen! 🙂

En nog een paar leuke uitspraken van haar de laatste weken:

  • Ik vroeg aan haar, als wij een hond of poes zouden hebben, welke naam zou ze het dier willen geven? Ze dacht even na en zei: “Elstar! Als mijn favoriete appel!”
  • Ik zag haar doktertje spelen en vroeg of zij nou een mensen-dokter of een dieren-dokter is. Haar antwoord: “Ik ben een speelgoed-dokter, dat zie je toch!”
  • Toen de kinderserie ‘het molletje’ verschijnt op het iPad scherm riep papa enthousiast: “Dit heb ik toen ik klein was ook altijd gekeken.” Waarna Sky geërgerd reageerde: “Ja papa, dat weet ik, dat heb je al zo vaak verteld, pfffff!” 😀

blog 4

blog 6

blog 7

blog 8

first serious dental treatment

Standard

blog1

Ini mungkin salah satu mimpi buruk seorang ayah atau ibu: melihat bagaimana anaknya ‘menderita’ di kursi dokter gigi. 😦

Kami bangga sekali pada gadis kecil kami. Tabah dan berani, membuka mulutnya selebar mungkin dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak menangis. Kami melihatnya memeluk boneka beruangnya erat-erat, pada suatu poin mengerut dan menggeliat…dan hampir menyingkirkan tangan dokter giginya. Tapi dia berhasil bertahan sampai akhir. Bangga sekali!

Dimulai sebulan setengah yang lalu, saat dokter gigi pada kontrol rutin kami menemukan lubang di geraham belakang kanannya. Menurutnya tidak parah, dan dengan semacam “fluor-paste” rasa pisang dioles dan didempul sedikit. Empat hari lalu Sky mulai merasakan sesuatu. Awalnya kami tidak yakin itu apa. Karena cukup sering sisa makanan seperti kulit apel atau berry, atau serat ayam, menyelip di antara giginya. Tapi kami tidak menemukan apa-apa. Dalam empat hari dia makin sering merasa sesuatu, biasanya sesudah makan atau di malam hari. Dan makin sering terasa sakit. Satu kali, sebelum tidur, kami sampai harus memberinya parasetamol anak. Pertanda yang jelas untuk secepatnya mengunjungi dokter gigi.

Pengobatannya sendiri cuma berlangsung beberapa menit. Dokter gigi kami bagus sekali. Dia menangani Sky dengan sangat manis tapi tegas. Dari awal kami sudah memberitahu Sky apa yang kira-kira bakal dilakukan oleh dokter gigi. Untung dari buku dan cerita dia juga sudah tahu kira-kiranya. Tapi tetap saja ya…kalau sudah duduk di kursi besar itu…

Saat ini ceritanya belum sepenuhnya happy ending. Dia masih merasakan sesuatu di gigi gerahamnya (tentu saja bisa terjadi, setelah dibor dan diisi begitu), dan kami terpaksa memberinya sebutir parasetamol lagi malam ini. Kami sungguh berharap semoga besok, sesudah tidur nyenyak, dia bakal sembuh sepenuhnya. Dan semoga seterusnya tidak akan mengalami seperti ini lagi…amin!!!

***

Ik geloof dat dit één van de nachtmerries van ouders is: toekijken hoe je kind een pijnlijke behandeling bij de tandarts ondergaat. 😦

We zijn super trots op onze kleine meid. Hoe dapper en flink ze was, haar mond zo wijd mogelijk open en haar best deed om niet te huilen. We zagen haar flink in haar beer knijpen, op een gegeven moment ineen krimpen en zelfs de hand van de tandarts proberen weg te duwen…maar ze heeft het volbracht. Trots!

Het begon anderhalf maand geleden toen de tandarts bij onze controle een klein gaatje ontdekte bij haar achterste rechtse kies. Niet ernstig volgens hem, en met een “banaan-fluor-pasta” snel, maar tijdelijk, behandeld. Vier dagen geleden begon Sky er last van te krijgen. Eerst wisten we niet precies wat het was. Want iets tussen haar tandjes krijgen (appel of bessen schilletje, stukje kip…) gebeurt best vaak. Maar we zagen niets. En in de vier dagen kwam het gevoel af en aan. Vooral na het eten, en ‘s avonds. Een keer voor het slapen gaan was het zo erg dat wij haar een paracetamol moesten geven. Toen was het duidelijk dat wij snel naar de tandarts moesten.

De behandeling zelf duurde maar een paar minuten, en we hebben een geweldige tandarts die alles superlief maar kordaat afhandelde. Van tevoren hebben we Sky ook goed ingelicht. Van boeken en verhalen kent ze hoe het ongeveer gaat. Maar toch…maar toch…

Op dit moment is het nog niet helemaal over. Ze voelt de plek nog (kan best natuurlijk, na zo’n behandeling) en we hebben haar weer een paracetamol moeten geven. We hopen dat het morgen wél over is, en dat zij er geen last meer, in wat voor vorm dan ook, van zal hebben!

blog2

 

disney junior and gnome forest

Standard

blog 6

blog 7

blog 8

blog 9

blog 10

Dua aktivitas yang sangat berbeda weekend kemarin.

Hari Sabtu kami bermobil melewati batas negara (hehe, maklum kota kami sudah dekat dengan batas ke Belgia). Sekitar tiga perempat jam, menuju ke mall Wijnegem. Ini kunjungan pertama kami, dan suatu saat pasti bakal kami ulangi lagi. Kebetulan hari itu hari terakhir tema Disney Junior di mall, dengan workshop tari, dan sudut-sudut bertema Disney di mana anak-anak bisa bermain dan berkarya. Ada tema Lion King dan Princess Sofia (favorit Sky!). Dan anak-anak bisa mencari poster tokoh-tokoh Disney di seluruh mall. Setelah lengkap formulirnya kami kumpulkan dan Sky mendapat diploma. Dia suka banget. Nggak terasa kami menghabiskan 5 jam di mall, rekor! Ya, Sky memang sekarang sudah besar, jauh lebih gampang dibawa kemana-mana dan melakukan berbagai aktivitas. Menyenangkan sekali!

Sepanjang weekend cuaca musim semi enak sekali. Hari Minggu pagi papa dan Sky pergi berenang. Setelah makan siang kami menuju ke hutan khusus tempat bermain anak di Chaam. Juga untuk pertama kalinya, dan juga layak dicatat karena memang asyik sekali. Ada jalur khusus kurcaci yang ditandai dengan 20 patung kurcaci bertopi merah, mengitari hutan sepanjang sekitar 1,5 km. Cocok banget buat Sky. Di antaranya kami menemukan gubug kayu (yang pernah dibuat anak lain, dan kami tambahi ranting-ranting kayunya), jembatan dari kayu yang tumbang, dan segala macam fenomena alami lain untuk sebuah petualangan outdoor yang seru. 🙂

***

Twee heel verschillende activiteiten gedaan dit weekend.

Zaterdag zijn wij bij winkelcentrum Wijnegem in België geweest, zo’n drie kwartier rijden van onze stad. Ons eerste bezoek, en het is zeker voor een herhaling waard. Het was toevallig de laatste dag dat zij het Disney Junior thema hadden, met dansworkshops van de Disney host, knutselhoekjes en spelletjes van Prinses Sofia (Sky’s favoriet!) en van Simba de Leeuwenkoning. En een speurtocht om de Disney figuren door het hele complex te spotten. Aan het eind kreeg Sky een diploma. Ze vond het super leuk allemaal. Onopgemerkt zijn wij zo’n 5 uur daar gebleven! Ja, we merken dat Sky nu echt groter is en makkelijker meedoet in alles. Heel prettig!

Het hele weekend hebben we heerlijk lenteweer. Zondag gingen Sky en papa eerst zwemmen. En na de lunch zijn wij richting het speelbos in Chaam gereden. Ook voor de eerste keer, en ook een adres om te onthouden. Er is een kabouterpad met 20 kabouterpaaltjes over een 1,5 km route. Precies goed voor Sky. Daartussen vonden we een paar hutten, bruggen van omgevallen bomen, en andere perfecte ingrediënten voor een buiten avontuur. 🙂

blog 3

blog 2

blog 4

blog 1

blog 5

her second school week

Standard

blog 1

Minggu kedua Sky di sekolah baru, kami mengamati bahwa dia sudah lebih terbiasa dan merasa nyaman. Gambar dan kreasinya lebih ceria (lihat foto), dan itu pertanda bagus. Di hari-hari awal dia terkadang menangis di kelas. Sering tanpa alasan jelas atau terpicu oleh kejadian kecil (seperti saat ritsleting tasnya susah ditutup). Tapi sebetulnya kami menduga karena dia masih harus membiasakan diri dengan situasi yang serba baru. Diakuinya sendiri: “Itu karena aku merasa tegang dengan semuanya.”

Sekarang dia mulai mengenal segala sesuatu: nama-nama teman semejanya, ritual di kelas termasuk percakapan dalam lingkaran untuk memulai hari, bagaimana dia harus mengisi botol minumnya lagi untuk makan siang, bermain di luar, berolahraga baik di ruang OR kecil maupun besar, makan buah bersama (dan bahwa di kelas selalu ada keranjang berisi buah bagi yang masih mau menambah), rambutnya dikontrol untuk pencegahan kutu rambut, dan siang tadi dia mengalami latihan kebakaran (“waktu terdengar sirene, kami semua harus secepatnya keluar gedung, tapi harus tetap rapi dalam barisan. Tidak sempat memakai jaket, tapi ada kelas lain yang pakai.”)

blog 2Dengan mengenal semua ini dia terlihat lebih percaya diri. Dan tidak terlalu capek kalau pulang sekolah (tapi tetap kelaparan seperti beruang, hehe). Ceritanya mengalir deras, untung dia senang menceritakan semuanya, dan kami juga senang sekali mendengarkannya. Rasanya dia akan kerasan dan baik-baik saja di sekolah barunya ini. 🙂

***

Nu Sky in haar tweede week op de basisschool zit, merken we dat zij meer op haar gemak is. Haar tekeningen worden vrolijker (zie foto), en dat is een goed teken. De eerste dagen moest ze af en toe huilen, vaak zonder reden of door een kleine gebeurtenis (zoals toen de rits van haar tas niet goed meewerkte). Maar het was vooral dat ze nog heel erg moest wennen aan alle nieuwe dingen om haar heen. Ze beaamde het ook zelf: “Dat komt omdat ik het allemaal spannend vind.”

Nu begint ze alles goed te kennen: de namen van haar tafelgenootjes, de kringgesprek en andere rituelen in de klas, hoe ze haar drinkbeker nog een keer moet bijvullen voor de lunch, gymen zowel in de kleine als in de grote gymzaal, buiten spelen, samen fruit eten (en dat in de klas altijd een mand vol met fruit staan voor als ze nog meer wil), gecontroleerd worden voor luizen, en vanmiddag heeft ze een brandoefening meegemaakt (“we moesten allemaal zo snel mogelijk naar buiten, wel netjes in de rij. Nee geen jas aan, sommige klassen wel.”)

Dat alles kennende maakt haar zelfverzekerder. En minder moe als ze van school komt (wel hongerig als een beer, haha). De verhalen stromen elke dag binnen, ze vertelt ze graag (gelukkig maar!) en we luisteren ook met veel plezier. Volgens mij zit het allemaal wel goed. 🙂

lego performance

Standard

blog 1

Sky membuat adegan seperti terlihat di foto ini dari Lego Duplo-nya:
Cinderella dan pangeran akan mementaskan sebuah drama, lengkap dengan panggung dan dekor istananya. Para tamu sudah duduk rapi di atas kursinya masing-masing, dan MC membuka acara dengan pidato pembukaan:
“Ibu dan saudari, Bapak dan saudara…inilah dia: cerita asli Cinderella dan pangeran! Pertunjukan akan berlangsung lama, jadi di sela-selanya Anda boleh melakukan apa saja. Boleh ke wc, boleh makan atau minum, boleh jatuh tertidur…hanya satu hal yang tidak boleh: kentut!” 😀

***

Sky bouwde deze Lego Duplo opstelling (zie foto):
Assepoester en haar prins gaven een voorstelling, compleet met mooi podium, loopplanken, en zelfgemaakte kasteel-decor. De gasten zaten al netjes op hun stoelen en de ceremoniemeester sprak de openingswoorden:
“Meisjes en dames, jongens en heren…hier is het dan: het echte verhaal van Assepoester en de prins! De voorstelling duurt best lang, dus u mag intussen alles doen. Naar de wc, iets drinken of eten, u mag in slaap vallen…alleen één ding mag niet: scheetjes laten!” 😀

spring weekend

Standard

blog 9

blog 8

Senangnya, sudah musim semi! Halaman belakang rumah penuh bunga narsis kuning, matahari makin sering bersinar dan seiring dengan sinarnya yang menghangat, hati juga rasanya makin senang, hehe… (sementara itu hidung juga makin meler, karena alergi serbuk bunga yang tentu makin menjadi-jadi di musim semi…olala…)

Kemarin pertama kalinya kami bisa duduk-duduk lama di luar. Sky bisa bermain di bak pasirnya lagi dan duduk menggambar di halaman. Kami mengunjungi oma dan di tengah perjalanan mampir ke sebuah perkebunan (rumah kaca) bunga hortensia/hydrangea. Weekend ini diadakan tema “kunjungilah rumah kaca”, di mana di seluruh Belanda banyak rumah kaca yang membuka pintunya untuk dikunjungi. Baik itu perkebunan bunga, buah, maupun sayur. Seru dan edukatif sekali!

Dan hari ini cuaca juga luar biasa enak. Bisa bermain di luar lama dan sering. Sekitar jam 2 kami berdiri di tepi jalan yang menuju ke dunes terbesar di regio kami (namanya Loonse dan Drunense duinen, semacam hamparan pasir yang sangat luas). Banyak orang yang ikut menunggu di tepi jalan, karena hari ini domba-domba yang sudah 5 bulan diistirahatkan karena musim dingin, boleh berparade menuju ke dunes lagi. Lengkap dengan gembala dan anjing-anjing penjaga dombanya (yang berlarian mengelilingi kawanan domba supaya tidak ada yang kabur). Para domba ini memang sengaja dilepas di daerah dunes untuk menjaga kelestariannya. Mereka akan memakan rumput muda dan pohon-pohon yang tidak seharusnya tumbuh di dataran berpasir. Pintar juga ya cara menjaganya secara alami begitu.

***

blog 6

blog 5

blog 7

Heerlijk, lente! De narcissen groeien volop in onze achtertuin, de zon laat vaker zijn gezicht zien en bij elke warme zonnestraal word ik vrolijker (en snotteriger door hooikoorts…maar dat terzijde, hihi).

Gisteren konden we voor het eerst lang buiten zitten. Sky kon weer in de zandbak spelen en aan haar tafeltje zitten tekenen. We gingen naar oma toe en onderweg bezochten we een hortensia-kwekerij, omdat dit weekend een “kom in de kas” weekend is, waar veel kassen hun deuren openen voor nieuwsgierige bezoekers.

En vandaag gaat de pret gewoon door. Veel en lang buiten spelen, en in de middag gingen we langs de weg richting de Loonse en Drunense duinen staan, samen met veel andere mensen, om de schapen te zien langs marcheren. Ze gaan vandaag weer naar de duinen toe, na ongeveer 5 maanden winterstop. De schapen zijn nodig om de duinen te behoeden, ze grazen namelijk de jonge grassen en bomen weg. Het was een leuk gezicht om zoveel schapen op de weg te zien, samen met de herders en herdershonden.

blog 2

blog 1

blog 3

blog 4