Monthly Archives: September 2012

playing day at the park

Standard

Hari ini ada acara untuk anak2 di taman di dekat rumah. Temanya abad pertengahan. Jadi selain ada kastil, pangeran dan putri2, ksatria, banyak permainan dan makanan a la tempo doeloe, banyak juga binatang2 yang didatangkan untuk meramaikan acara. Seru, apalagi buat Sky!

***

Vandaag was er een speeldag bij het park vlakbij ons huis. Het thema is middeleeuws, dus naast een kasteel, middeleeuwse tentjes met ouderwetse spelen en eten, veel ridders en veel prinsessen, waren er ook veel dieren aanwezig. Leuk voor ons maar ook voor Sky!

little biting monster

Standard

Gigi awal Sky di gusi bawah sudah terlihat sedikit, baru permukaan atasnya sih, belum benar-benar maksimal. Entah satu atau dua, tapi yang jelas terlihat putih2, kalau diraba terasa keras dan tajam. Sementara itu Sky masih hobby menggigit semua benda yang ada di dekat mulutnya, kadang dengan posisi aneh-aneh seperti di foto dan di video ini. Makannya masih tetap gampang. Rasa-rasa bubur baru yang aku kenalkan semuanya dilahap dengan senang. Kalau sedang disuapi mulutnya mencari-cari sendok sendiri, melahap dan menelan semua makanan, dan sehari kemudian biasanya buktinya bisa ditemukan di isi popoknya, hehe…Yang kurang menyenangkan masih tetap pola tidurnya, terutama tidur malam. Tetap saja tiap pagi aku terbangun mengantuk dan capek karena musti bangun beberapa kali dalam semalam (biasanya 2 kali). Memberi ekstra susu sekitar jam 11 malam tidak ada efeknya, tetap saja dia terbangun beberapa jam kemudian. Malah akhir-akhir ini dia sering tidak mau tidur siang (kalau ditaruh di ranjang malah main-main), hasilnya kalau malam dia kecapekan dan mengantuk, minta tidur lebih awal tapi beberapa saat kemudian terbangun lagi! Seperti kemarin, akibatnya kita terpaksa menungguinya lagi di samping ranjang (kan kita sudah berjanji untuk mencoba metode ini, jadi cuma menemani dan mendengarkan dia menangis tapi nggak menggendongnya lagi). Sampai akhirnya dia agak menyerah, agak tenang…baru kita menghiburnya dan membiarkannya menghisap jari, lalu meninggalkannya supaya dia bisa tidur sendiri.

***

Sinds een paar dagen kunnen we de eerste de tandjes (of is het maar één?) onder zien, iets wits en scherps, al doorgekomen maar nog niet volledig. Het zal nog verder groeien, vermoeden we. Sky bijt nog steeds op alles wat in de buurt van haar mondje komt, een lastige positie is geen obstakel voor haar, eerder een uitdaging, zoals op de foto en hier te zien is. Het eten van papjes met nieuwe smaken gaat erg soepel. Ze hapt vol enthusiasme naar de lepel toe, slikt alles door en één dag later kun je het bewijs terugvinden bij de inhoud van haar luier, haha…Met het slapen ‘s avonds is het nieuws minder goed. Nog steeds word ik elke ochtend vermoeid wakker van de vele nachtvoedingen (meestal 2 keer). Extra late voeding heeft nog geen verschil geleverd. Ze slaat nu ook vaker het middagdutje over, met het resultaat dat ze ‘s avonds wel eerder naar bed wil maar een korte tijd later wéér wakker is. Zoals gisteren, toen moesten we weer eens naast haar bed staan totdat ze het huilen en krijsen opgaf (en dan konden we haar makkelijk troosten en haar verlaten zodat ze zelf in slaap kon vallen).

from pram to buggy

Standard

Leher Sky sudah kuat, kepalanya sudah stabil dan dia penasaran sekali dengan lingkungan sekitarnya, jadi kita pikir sudah waktunya untuk mengubah kereta dorong (buggy)-nya dari posisi berbaring (foto kiri) ke posisi duduk (foto kanan). Akhir-akhir memang kita sudah sering menaruhnya telungkup di buggy supaya dia bisa melihat-lihat sekitar, tapi duduk di kereta empuk, hangat yang terlihat seperti buggy ‘betulan’ begini pastinya lebih seru…sudah mirip big baby kan, hehe… 😀

***

Gezien de kracht van haar nek, de stabiliteit van haar hoofdje en de enorme nieuwsgierigheid op alles om haar heen, vonden we dat de tijd nu rijp is om de reiswieg (foto links) om te bouwen naar een zit-buggy (foto rechts). In de reiswieg hebben we haar ook al vaak op haar buik gelegd om lekker rond te kunnen kijken, maar zitten op een zachte, ‘echte’ wagen is toch wel erggg leuk hoor…een grote baby voel je je dan! 😀

8th fysio visit

Standard

Kunjungan ke-8 ke Sonya si fysioterapis. Sebetulnya kami berharap semoga ini jadi kunjungan yang terakhir, karena perkembangan Sky akhir-akhir pesat dan kami yakin bahwa kepalanya akan baik-baik saja. Tapi sayangnya hari ini Sky “gagal” dalam salah satu tes, yaitu tes kekuatan otot leher samping. Jadi kalau dia dibaringkan di sisi kiri atau kanannya dan kita menekan bahunya, dia harus bisa mengangkat dan menahan kepalanya. Memang terlihat bedanya antara sisi kiri dan kanan, jadi ototnya belum seimbang (plus setiap kali kalau berkunjung ke Sonya pasti Sky jadi rewel dan nggak mau mengikuti latihan2 Sonya, padahal kalau di rumah bisa-bisa aja tuh). Tapi kunjungan berikutnya dijadwalkan 4 minggu lagi, agak lama, jadi cukup waktu untuk berlatih. Memang sudah beberapa waktu kami tidak melatih Sky lagi banyak2, karena kami pikir leher dan kepalanya sudah oke. Ternyata beberapa latihan tetap harus dilakukan supaya hasilnya maksimal. Sonya bilang dia tidak akan, atau tidak bisa berhenti sebelum semua otot Sky seimbang, karena pada masa-masa perkembangan tertentu bisa ‘miring’ lagi ototnya. Oya, dan foto ini bukti kenapa kadang-kadang dua tangan tidak cukup untuk mengurus Sky…misalnya kalau kacamata kami ditarik dan dipegang erat-erat (susah melepasnya!), hehe…

***

Het achtste bezoek aan Sonja, onze fysiotherapeut. We hadden gehoopt dat dit de laatste keer zou zijn, omdat wij al veel verbeteringen gezien hebben en ons gevoel zegt dat het goed zal komen met Sky haar hoofdje. Maar helaas “faalde” Sky vandaag op één testje, dat is de kracht van haar nek als zij op haar zij ligt en vanuit die positie haar hoofdje moet optillen. Die kracht is nog niet in balans, één kant is duidelijk sterker dan de andere (plus ze vertikte gewoon om bij Sonja al haar kunsten te laten zien, wat zij thuis wél kan). Wel hoeven we over 4 weken pas terug te komen, genoeg tijd dus om te oefenen. Eerlijk gezegd oefenen we de laatste weken inderdaad niet zo vaak meer, maar sommige ‘onderdelen’ moeten blijkbaar steeds herhaald worden om tot het beste resultaat te komen. Sonja zei dat ze niet kunnen of willen stoppen voordat alle spieren in balans zijn, want het kan zijn bij een groeispurt dat het weer de verkeerde kant op gaat. Oja, en op deze foto zie je waarom we soms meer dan twee handen nodig hebben om alles in orde te brengen…zoals als je bril hardhandig wordt gepakt (het is erg lastig om het weer terug te krijgen!), haha…

food food food!

Standard

Sudah dua hari ini sibuk membuat bermacam-macam bubur buat Sky: berbagai kombinasi antara nasi dan kentang, kaldu dan daging ayam dan sapi, dengan brokoli atau wortel atau buncis. Langsung bikin banyak sekalian, karena ternyata betul-betul makan waktu bikin bubur begini! Disendokin ke cetakan es batu, sesudah dingin dimasukkan freezer, dan kalau sudah beku dilepas dari cetakan dan dimasukkan ke plastik freezer bertulisan tanggal dan menunya. Atau langsung aku masukkan ke tempat-tempat plastik kecil untuk disimpan di freezer. Baru saja Sky mencicipi salah satu bubur ini untuk pertama kalinya, dan untung dia suka banget! 🙂

***

Al twee middagen in de keuken gestaan om allerlei papjes voor Sky te maken: verschillende combinaties rijst of aardappel, rund- of kippenvlees (in zelfgetrokken bouillon), met broccoli of wortel of sperziebonen. Gelijk grote porties maar maken, want wat kost het tijd allemaal! Daarna in ijsblokjes-tray gelepeld, af laten koelen, in de diepvries gedaan en zodra ze bevroren zijn maken we ze los en bewaren we ze in diepvrieszakjes met naam en datum erop. Of doen we ze direct in kleine bewaarbakjes. Sky heeft vandaag voor het eerst één zo’n papje gegeten, en ze vond het erg lekker! 🙂