Monthly Archives: April 2012

first drink outside

Standard

Hari ini¬†Queen’s Day (hari Ratu), cuaca cerah dan sudah mulai hangat, plus kita tidur nyenyak kemarin malam, jadi hari yang sempurna untuk jalan2 di luar! Untuk pertama kalinya tas ‘Winnie the Pooh’ diisi penuh2 dengan segala macam kebutuhan bayi (popok, set baju bersih, lap2 basah dan kering, selimut, cream, sunblock) karena kita pikir kita akan berada di luar rumah selama lebih dari 2,5 jam (ini waktu rata2 antara dua periode menyusui). Dari rumah aku sudah memompa sedikit ASI dan kita bawa di botol susu. Aku juga sudah siap untuk menyusui di luar, tapi ternyata susu di botol saja cukup karena Sky tidur terus di keretanya selama kita berjalan-jalan. Joop tuh yang banyak menuai senyum dan anggukan manis dari ibu2 dan oma2 yang lewat waktu dia memberi Sky susu dari botol, hehe… ūüėČ

***

Koninginnedag +¬†mooi weer +¬†papa en mama hebben¬†goed geslapen = lekker naar buiten gaan! Voor het eerst de ‘Winnie the Pooh’ tas volgepropt met alle benodigheden want¬†de verwachting was dat we langer dan¬†2,5 uur (de gemiddelde¬†tijd tussen¬†twee voedingen) buiten zullen zijn. Eerst wat melk afgekolft en meegenomen (ik ben¬†ook voorbereid om gewoon borstvoeding te geven, maar het flesje alleen was toch genoeg want¬†Sky sliep tijdens de hele wandeling). Joop kreeg wel heel wat vertederende blikken van vrouwen en oma’s toen hij de fles gaf, hi hi…¬†ūüėČ

first shower

Standard

Seru lho, semua yang dialami untuk pertama kali…kali ini bareng papa mandi di bawah shower. Bukan cuma buat Sky pengalaman pertama ini seru, tapi juga buat kita (masih rada2 ngeri karena badan kecilnya licin kalau kena air…ekstra hati2 deh!). Sky ternyata suka di bawah shower, cuma akhir mandinya yang dia kurang suka, karena kita bawa dari kamar mandi yang hangat ke ruang tamu yang tentunya kalah hangat…masih harus dikeringkan…pakai baju bersih…langsung nangis2 deh, hehe. Mungkin sekarang kita akan berganti2 memandikan di bawah shower dan di bak mandi. Ember untuk berendam (yang warna putih, ada fotonya¬†di Flickr) sudah nggak muat lagi, ini cuma kita pakai beberapa kali di minggu2 awal. Karena ember ini kita warisi dari teman, sekarang sudah kita transfer lagi ke calon bayi berikutnya yang sebentar lagi akan lahir, yaitu tetangga sebelah rumah.

***

Lekker spannend, al de eerste keren…deze keer samen met papa voor het eerst onder de douche! Niet alleen voor Sky was het spannend, maar ook voor ons (dat kleine glibberige lichaampje, extra voorzichtigheid is geboden!). Sky vond het best leuk, alleen het einde (van warme douche naar een minder warme aankleedkussen…afdrogen…kleren aantrekken) vond ze iets minder leuk. Misschien gaan we¬†haar nu om de beurt onder de douche en in het bad doen.¬†De tummy tub past haar trouwens al niet meer, we hebben het alleen een paar keer in de eerste weken gebruikt. Het heeft nu al een nieuwe bestemming gekregen (voor de volgende blije baby die binnenkort geboren zal worden…).

left or right

Standard

Kalau teliti melihat foto2 Sky sampai saat ini, pasti terlihat bahwa dia jauh lebih sering menengok ke kanan. Jadi kita yang harus sering2 memutar kepalanya ke kiri, supaya bentuk kepalanya tidak gepeng sebelah. Nggak gampang, sering baru beberapa menit diputar sudah balik ke kanan lagi. Sekarang lehernya sudah lebih kuat sehingga kalau dia mau sebenarnya dia bisa memutar kepalanya sendiri, jadi kita sering sengaja memanggil atau memancing reaksi dari sisi kirinya supaya dia mau menengok ke kiri. Akhir2 ini dia juga sudah bisa memutar seluruh badannya sehingga seolah-olah dia berbaring di sisi badan, tentunya ke arah kanan juga!

Diskusi lain tentang kiri atau kanan adalah apakah Sky kidal (seperti Joop) atau¬†bertangan kanan¬†(seperti aku). Sampai saat ini kita menduga bahwa Sky tidak kidal. Sudah beberapa kali kita melihat bahwa dia menggapai atau memegang sesuatu dengan tangan kanannya. Tapi memang bakal kita tunggu saja, katanya baru pada usia tiga tahun seorang anak akan ‘memutuskan’ apakah dia kidal atau tidak.

***

Bij voorkeur kijkt¬†Sky altijd naar rechts. Als je goed oplet zie je deze tendens¬†bij alle foto’s die tot nu toe van haar genomen zijn. Wij moeten dus ons best doen om haar hoofdje vaak naar links te draaien, vooral tijdens haar slaap. Soms lukt het aardig, maar vaak draait ze weer naar rechts. Het is wel zo omdat haar nek nu sterker is dat zij haar hoofd zelf kan draaien, als zij dat wil. Zij kan ook al haar hele lichaam draaien zodat het bijna lijkt dat zij op haar zij ligt, uiteraard bijna altijd haar rechterzij…

Andere discussie over links of rechts is of Sky linkshandig (net als Joop) of rechtshandig is (net als ik). Joop en ik hebben allebei het vermoeden dat zij rechtshandig is. We hebben gezien dat zij vaker haar rechterhand gebruikt, bijvoorbeeld om iets te grijpen. Maar we zullen de verdere ontwikkeling afwachten want het is pas op¬†het derde levensjaar dat¬†kinderen¬†gaan ‘beslissen’ of zij¬†links- of rechtshandig zijn.

the thumb is healed, hooray!

Standard

Janji ke dokter besok pagi baru saja aku batalkan, karena jempolnya Sky sudah sembuh! Warna merahnya sudah kembali ke normal dan kulit kering yang tadinya menutupi vlek di jempol sudah hilang. Manjur juga salep antibiotika ini, lega rasanya karena si jempol tidak perlu dibuka dan tidak perlu minum obat antibiotika yang keras. Salepnya masih harus disemirkan sampai hari Minggu supaya betul2 sembuh total.

***

De afspraak voor morgen bij de huisarts heb ik geannuleerd want de ontstoken duim van Sky is bijna genezen! De kleur is weer normaal en het korstje is nergens te vinden. De antibiotica-zalf heeft zijn werk gedaan, ben er erg blij mee (zou echt zielig vinden als die mini duim geprikt moet worden of een zware antibiotica kuur door het mini lichaampje moet)! We moeten de zalf nog wel tot zondag smeren zodat de ontsteking echt bestreden is.

stork bite

Standard

Sky punya “gigitan bangau” di belakang lehernya, di bawah batas rambut. Dinamakan begitu karena bayi seolah-olah digigit¬†oleh burung bangau yang membawanya saat dilahirkan.¬†Tampilannya berupa bercak-bercak merah yang sebetulnya adalah pembuluh2 darah kecil yang melebar di bawah kulit. Sama sekali tidak berbahaya dan biasanya hilang sendiri kalau sudah dewasa (sebenarnya tidak hilang, tapi kulit kita yang menebal sehingga bercak2nya semakin tidak kelihatan). Kira2 sepertiga bayi yang dilahirkan, dan¬†terutama bayi Kaukasian (berkulit putih alias bule, hehe) yang punya bercak merah¬†ini. Bayi Asia atau yang berkulit gelap biasanya punya yang namanya “Mongolian spot”, yang warnanya kebiru-biruan atau keabu-abuan. Dan memang aku punya lho, bercak besar berwarna biru abu-abu di paha atasku. Lucu ya, seolah-olah Sky resmi diantar oleh burung bangau Eropa jadi warna bercaknya merah, hehe…

***

Sky heeft een ooievaarsbeet achter op haar nek, net onder de haargrens. Het zijn rode vlekjes die onstaan omdat een paar bloedvaatjes onder de huid wat uitgezet zijn. Volkomen onschuldig, en ze verdwijnen meestal in de loop der tijden (eigenlijk blijven ze bestaan, maar omdat¬†onze huid dikker wordt naarmate we ouder worden kun je de vlekjes steeds minder goed zien).¬†Ongeveer een derde van alle baby’s hebben dit verschijnsel en het is voornamelijk te vinden bij Caucasian (blanke) kindjes, want Aziatische of¬†donker gekleurde baby’s hebben vaker een zogenaamd ‘Mongolian spot’, wat blauwig of grijzig is qua kleur…en die heb ik inderdaad, een grote grijze vlek op mijn bovenbeen! Grappig h√®, Sky is dus door een Europese¬†ooievaar gebracht, haha…

antibiotic ointment for her thumb

Standard

Siang tadi mampir ke CJG lagi untuk menimbang Sky: 3855 gr sekarang, naik 105 gr dari minggu lalu. Padahal sesampainya di CJG popoknya ternyata¬†penuh (komplit deh isinya…). Kita pernah iseng2 menimbang popok penuh begini dan ternyata beratnya bisa sampai 120 gr! Di samping menimbang aku juga¬†menanyakan tentang plek di jempolnya. Ibu CJG bilang bahwa ini jelas2 infeksi dan bahwa aku harus pergi ke dokter. Terutama karena plek-nya sudah beberapa minggu tidak hilang bahkan malah jadi agak merah, padahal sudah direndam air soda dan diberi salep betadine. Jadi sepulangnya dari CJG aku menelepon dokter, untungnya kita boleh langsung datang. Ibu dokter setuju bahwa si jempol memang infeksi, tapi dia takut untuk membuka (mengoperasi) jempol kecil ini. Awalnya dia mau memberi obat antibiotika untuk diminum, tapi aku pikir kok extrem banget ya cuma plek kecil begini masa harus langsung minum antibiotika. Jadi akhirnya dia setuju untuk mencoba salep antibiotika dulu. Disemir tiga kali sehari dan tentu harus dipasangi plester atau sarung tangan supaya Sky nggak mengisap jempolnya. Sebetulnya ibu dokter pesimis kalau salep bisa membantu karena pleknya tertutup, tapi kita akan coba sampai hari Jumat dan kalau tidak membaik ya terpaksa harus dibuka atau minum obat antibiotika. Fingers crossed!

Oya ada cerita sedikit waktu mampir ke CJG. Antrian di belakangku adalah sepasang suami istri dengan bayi laki-lakinya. Si ibu bertanya berapa¬†umur Sky dan aku melihat bahwa dia agak kaget waktu aku bilang 4 minggu. Baru sesaat kemudian aku sadar kenapa reaksinya begitu, yaitu¬†waktu dia menaruh bayinya di timbangan. Umurnya 7 minggu tapi bayi ini kecil banget dibandingkan Sky, beratnya hanya 3400 gr (dan aku menduga bahwa dia memang lahir prematur).¬†Ayah si bayi¬†berkata kepada ibu dari CJG bahwa bayinya menangis terus-terusan dan susah sekali didiamkan. Aku jadi berpikir bahwa Sky ternyata tergolong anteng (biarpun kadang bisa nangis jerit2 juga tuh…). Sepanjang kunjungan ke CJG, di dokter dan di apotik Sky hampir tidak menangis sama sekali, jadi rada bangga juga nih, hehe. Tapi intinya memang kita harus betul2 bersyukur bahwa kita punya bayi yang sehat seperti Sky!

***

Vanmiddag weer even langs het CJG om Sky te wegen: 3855 gr weegt ze nu, weer 105 gr meer dan vorige week, en d√°t terwijl zij een volle plas-en-poep luier geproduceerd heeft toen wij bij het CJG aankwamen (weet je dat zo’n volle luier ongeveer 120 gr weegt? Dat hebben we ooit uit nieuwsgierigheid gewogen!). Naast het wegen heb ik ook haar duim laten zien en mevrouw van het CJG zei dat ik naar de huisarts moet gaan want het is werkelijk ontstoken en ook omdat het na een paar weken niet beter wordt ondanks de betadine-zalf en het soda badje. Van de assistente van de huisarts mochten we direct komen, wel zo fijn. De huisarts was helemaal mee eens dat de duim ontstoken is, maar ze durfde het niet open te prikken (dit zei ze zelf). Eerst wilde ze antibiotica pilletjes voorschrijven, maar dat lijkt mij een iets te extreme oplossing voor zo’n klein plekje. Dus we gaan eerst antibiotica zalf proberen. Drie keer per dag insmeren en uiteraard wanten op de handjes om te voorkomen dat zij gaat sabbelen. Omdat het plekje dicht is was de huisarts eigenlijk vrij pessimistisch dat de zalf zijn werking kan doen, maar we gaan vrijdag weer bekijken hoe het staat. Als er geen verbetering optreedt wordt het dan toch √≥f openprikken √≥f antibiotica om in te nemen. Fingers crossed!

Oja, nog even dit. Bij het CJG stond ik vandaag naast een vermoeid ogende koppel met hun babytje. De vrouw vroeg hoe oud Sky was, en ik zag de verbazing en ongeloof in haar ogen toen ik 4 weken antwoordde. Later besefte ik pas waarom, toen ze haar zoontje op de weegschaal legde.¬†Haar baby was 7 weken oud maar hij was erg klein vergeleken met Sky, hij¬†woog maar 3400 gr (ik heb een sterke vermoeden dat hij veel te vroeg geboren was). De vader vertelde ook aan de mevrouw van CJG dat de baby heel veel huilde en dat niets hem tevreden kon stellen. Dit alles terwijl Sky tijdens haar hele bezoek aan het CJG (en ook bij de huisarts en bij de apotheek) heel rustig bleef. Stiekem ben ik toch heel trots op onze meid (hoewel huilen kan zij echt wel hoor, vooral ‘s avonds!).¬†Dat zij een gezond en goed groeiend kind is is echt iets om voortdurend dankbaar voor te zijn!

2 colic-free days

Standard

Nama “Infacol” sebetulnya sudah kita dengar dari ibu yang membantu seminggu pertama sesudah persalinan. Ini semacam obat tetes untuk mengatasi kolik bayi (kram usus dan perut yang biasa dialami bayi selama minggu2 pertama, maklum kan ususnya baru kali ini harus bekerja keras…). Waktu itu si ibu bilang bahwa ini obat homeopatis. Nah kita rada2 anti homeopatis, jadi nama obatnya masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Beberapa hari lalu kita memutuskan untuk toh mencoba mencari¬†Infacol ini di toko obat. Ternyata kita temukan di rak obat biasa, bukan obat homeopatis. Memang berarti ada zat kimia-nya sih (=’simeticon’), tapi justru kita lebih percaya ini daripada prinsip mencairkan zat sampai tidak terhingga yang dianut oleh obat homeopatis. Sekarang kita sudah memberikan Infacol selama 2 hari, setiap sebelum minum ASI diteteskan sedikit dulu di mulut (sengaja kita berikan sedikit saja, tidak mengikuti takaran yang dianjurkan). Dan hasilnya terlihat sekali! Dua hari ini terasa sangat tenang. Sky tampak bisa tidur lebih nyenyak. Kalaupun sedang bangun dia bisa dengan tenang berbaring di ranjangnya dan melihat-lihat sekitar. Bukannya mau promosi ya, lagipula Infacol ini bukan satu-satunya obat anti kolik yang ada di pasaran, tapi intinya tetap saja…lega sekali rasanya kalau Sky terlihat lebih tenang dan senang begini! ūüôā

***

De naam “Infacol” hebben we eigenlijk¬†al op dag 3 na bevalling van de kraamhulp gehoord. Het is een middel om de darmkrampjes en buikkrampen te verhelpen. Maar volgens de kraamhulp was het een homeopathisch middel en wij zijn een beetje terughoudend met alles wat homeopathisch is. Een paar dagen geleden besloten we toch om even dit middel bij de drogist te bekijken. Het blijkt dat Infacol niet homeopathisch is, het staat gewoon bij de chemische geneesmiddelen en het heeft ‘simeticon’ als hoofdbestanddeel (wat¬†ons¬†meer vertrouwen geeft dan extreme verdunning van stoffen zoals bij homeopathie het geval is). We zijn nu 2 dagen verder met het toedienen van een beetje Infacol (zo eigenwijs als wij zijn willen we dit middel ook niet te veel gebruiken, in ieder geval niet zo veel als er wordt geadviseerd) voor elke voeding. Ik moet zeggen dat deze twee dagen heerlijk rustig verlopen zijn. Het lijkt bijna of Sky een ander kind is geworden, geen oneindig en pijnlijk klinkend¬†gehuil meer. Ze kan tussen de voedingen door slapen of rustig om zich heen rond kijken. Ik wil geen reclame van een bepaald product maken en ik weet dat er meerdere opties/middels voor baby darmkrampjes zijn (sommigen zijn minder chemisch of werken volgens probiotisch principe,¬†vergelijkbaar met¬†Yakult bij volwassenen), maar dit goede resultaat van krampjes-vrij dagen¬†koester ik! ūüôā

tummy time

Standard

Setiap hari dibaringkan tengkurap sebentar, dengan begitu bayi akan¬†melatih otot2 lengan dan lehernya, dan akhirnya akan belajar membalikkan badan dan merangkak (ini aku copy dari¬†sebuah website tentang bayi lho). Katanya banyak bayi yang nggak suka ditengkurapkan, nah ini tidak berlaku buat Sky. Dari awal dia sudah hobby¬†tidur tengkurap di perut Joop, terutama¬†sesaat sebelum tidur malam. Dan tengkurap sendiri di lantai juga nggak masalah tuh, malah sepertinya dia tertantang untuk mengangkat kepalanya lama2, hehe, tentunya nggak terlalu lama ya, kira2 cuma beberapa menit dan diulang beberapa kali sehari…lihat video ini deh untuk latihan hari ini. Sky juga sekarang sering bereaksi terhadap suara dan gerakan kita. Kalau kita berjalan dari sebelah kiri ke kanan ranjangnya misalnya, dia bisa memutar kepalanya untuk mengikuti kita. Juga kalau kita panggil, sering tampak kalau matanya mencari2 asal suara. Lucu banget! ūüôā

***

Elke dag even op de buik, zo leren baby’s zich opdrukken, omrollen en uiteindelijk kruipen (dit heb ik van een baby website gekopi√ęerd). Het schijnt dat veel baby’s deze positie niet leuk vinden. Nou dat geldt niet voor Sky hoor. Zij vindt het altijd al leuk om¬†op de buik van papa te liggen, vooral ‘s avonds voor het slapen gaan. En alleen op haar buik liggen vindt ze ook uitdagend, het hoofd is immers o zo zwaar. Natuurlijk doen we dit ook niet te lang, iedere keer alleen een paar minuten en dan een paar keer per dag herhalen…¬†zie deze video¬†voor haar oefening van vandaag. Wat ook leuk om te vermelden is dat Sky steeds beter reageert op onze stem en bewegingen. Zij kan haar hele hoofd draaien als wij bijvoorbeeld van de linkerkant naar de rechterkant van haar bedje omlopen, of als wij haar roepen…erg leuk! ūüôā

mittens

Standard

Pakai sarung tangan deh hari ini. Bukan cuma supaya Sky tidak menggaruk mukanya sendiri, tapi kita melihat ada plek seperti bekas luka infeksi di jempolnya (seperti kulit kering yang menunggu lepas). Plek-nya sendiri sudah pernah aku tanyakan ke ibu CJG, waktu itu dia bilang kemungkinan akan lepas sendiri. Tapi pagi ini ternyata di sekitar plek-nya berwarna lebih merah, seperti infeksi. Jadi kita semir salep betadine sedikit, ditutup plester dan dipakein sarung tangan. Efek lain pakai sarung tangan Sky ngga bisa mengisap jari2nya sendiri, jadi dia harus menunggu kempong atau jari kelingking kita. Kempong yang di foto ini satu ukuran lebih besar dari yang kemarin, dan rasanya lebih pas di mulutnya. Kalau Sky kita gendong dia sudah bisa lebih lama dan lebih tenang mengisap kempongnya, tapi kalau ditaruh di ranjang atau kalau dia sudah telanjur ‘marah2’ ya langsung lepas deh itu kempong.

***

Met de handjes in de wanten vandaag. Niet alleen tegen het krassen van haar gezicht, maar we zagen dat er een klein plekje op haar duim was dat op een ontsteking lijkt. Een korstje met wat rood eromheen. Dat korstje had ik al bij het CJG gevraagd maar toen was het nog niet rood. Dus vandaag maar even een beetje betadine-zalf opgedaan, pleister erop en wanten aan. Het werkt ook dat zij dan niet op haar vingers kan sabbelen en moet dus op onze pink of op de fopspeen wachten. Oja de fopspeen op de foto is van een maatje groter, deze past sowieso beter in haar mondje en als wij Sky op onze armen leggen dan kan zij al langer rustig op de speen sabbelen (maar niet als zij alleen in bed ligt, of als zij erg onrustig is).