Monthly Archives: November 2016

tears of emotion

Standard

blog-3

Sebagian besar anak kecil bisa tiba-tiba menangis, tanpa alasan dan tanpa sebab. Sky juga begitu, tapi lebih seringnya karena dia anak yang perasa. Air matanya bisa jatuh kalau terlalu banyak perasaannya yang menumpuk, kalau dia sedih atau terharu, kalau sesuatu tidak berjalan sesuai yang dia rencanakan atau inginkan, kalau emosinya naik turun, kalau dia kecewa atau marah…dan kalau dia capek semuanya dia rasakan dobel.

Dia menangis saat menempel stiker bagus di buku kenangan temannya. Menangis saat menulis namanya tapi huruf K-nya lebih terlihat seperti H. Menangis saat mendengar lagu yang menang Festival Menyanyi Anak Eropa. Menangis saat tidak sengaja menuang terlalu banyak vla untuk pencuci mulut sesudah makan malam. Menangis saat bercerita bahwa di sekolah tadi saat olahraga ada anak yang terlalu banyak mengatur-atur teman-temannya.

Tapi puncaknya terjadi kemarin malam. Sudah waktunya bersiap pergi tidur dan kami beranjak ke kamar tidurnya. Dia mau menutup gorden kamar tapi berdiri dulu di depan jendela memandang ke langit malam di luar sana. Seharian hujan dan langit gelap gulita. Lalu terjadilah yang sekarang sudah sangat aku kenali…saat dia menatapku dengan mata berkaca-kaca dan sedetik kemudian pecah dalam tangis. Karena…seperti kata-katanya sendiri di sela-sela air mata: “Karena bulannya nggak kelihatan…”

blog-3b

***

De meeste peuters en kleuters kunnen zomaar in huilen uitbarsten zonder reden. Bij Sky is het niet anders, maar in de meeste gevallen is het omdat zij een gevoelsmens is. Tranen bij verdriet of ontroering, bij dingen die niet gaan zoals ze het wil, bij tumultueuze emoties, teleurstelling, woede…en nog eens dubbel als ze moe is. Ze huilde toen ze een mooie sticker plakte op haar vriendin’s vriendenboekje. Ze huilde toen ze haar naam schreef en de K meer eruitzag als een H. Ze huilde toen ze het winnende lied van de Junior Song Festival hoorde. Ze huilde toen ze iets teveel vla in haar toetjes kom heeft geschonken. Ze huilde toen ze vertelde dat een kindje bij de gym op school bazig was.

Maar het hoogtepunt kwam gisterenavond. Het was bedtijd en we gingen naar boven. Ze wilde de gordijnen in haar slaapkamer dichttrekken maar bleef eerst naar buiten staren. Het heeft de hele dag geregend en nog steeds was de lucht pikzwart. En toen gebeurde het…het bekende moment dat zij met betraande ogen naar mij keek en in huilen uitbarstte. Omdat…zoals ze zelf zei tussen haar snikken door: “Omdat de maan niet te zien is…”

blog-3a

boring school

Standard

blog-1

Sky ngobrol dengan papa (tapi ngobrolnya nyaris searah, hehe), saat diantar pergi tidur:
“Cerita dong pap, gimana waktu papa dan mama menikah dulu? Dan waktu papa masih sekolah, gimana ceritanya? Di sekolah orang besar (= universitas) itu waktu papa ketemu mama kan? Apa kalian waktu itu bermain bersama di halaman sekolah? Enggak? Wah, boring (= membosankan) lho. Makan buah bersama? Makan siang? Lalu bermain keluar? Enggak??? Ahhh boring ah! Nggak ada bak pasir pula di sekolah? Boring! Kalian boleh mengukur gang sekolah nggak? Tidak boleh? Aku boleh lho. Sekolahku memang menyenangkan banget ya.” 😀

NB: Yang namanya mengukur gang itu adalah anak, biasanya berdua, diberi alat pengukur. Bisa penggaris kayu, rol meteran, atau alat lain. Lalu disuruh mengukur gang di antara kelas-kelas. Fokusnya bukan pada hasil, tapi pada prosesnya.

***

Sky tegen papa, een bijna eenzijdig gesprek voordat ze naar bed ging:
“Vertel eens pap, hoe was het toen jullie getrouwd waren? En toen je op school zat, hoe was dat? Je hebt mama op de grote school ontmoet, toch? Gingen jullie toen samen buiten spelen? Nee? Saai hoor! En samen fruit eten? En boterham eten? Daarna buiten spelen? Neeeee?? Wat saai! En ook geen zandbak? Saai!! Mochten jullie ook de gang meten? Nee? Nou, ik wel hoor. Ik heb een hele leuke school hè!” 😀

blog-1a

autumn holiday in Bavaria, Germany

Standard

blog-1

Hari ini sekolah dimulai lagi, setelah 2 minggu libur musim gugur. Minggu lalu kami berlibur di Jerman, di regio Bayern/Bavaria. Seminggu penuh selama liburan matahari musim gugur bersinar cerah, menyenangkan sekali! Liburan kali ini betul-betul berkesan. Dari mulai rumah sewa kami di desa yang mayoritas penduduknya adalah peternak dan petani (Sky suka sekali mengunjungi hewan-hewan di peternakan), dan berjalan-jalan ke kota-kota cantik di sekitarnya. Kami sempat mengunjungi kota Ochsenfurt, Rothenburg ob der Tauber, Würzburg dan Ansbach (yang ini cuma ke mall-nya saja). Dan tentunya kunjungan istimewa ke Playmobil Funpark di Zirndorf. Yang ini sih memang sudah diniati dan dirancang dari awal, dan bukan cuma Sky yang suka banget, mama papanya juga, hehe…Tapi memang senang banget deh kalau anak sudah bisa menikmati berlibur bersama keluarga seperti ini. 🙂

blog-1cDi bawah ini kolase foto-foto liburan kami. Tapi sebelumnya ada cerita lucu sekaligus istimewa. Di hari kedua kami pergi ke supermarket lokal untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Itulah untungnya kalau menyewa rumah, jadi dapurnya juga lengkap dan kami bisa memasak sendiri sesukanya. Selain irit dan sehat, juga karena memang nggak ada yang namanya warung dan kaki lima, hehe, apalagi kalau tinggalnya di desa. Tapi memang beda banget sih menyewa rumah komplit dibandingkan tinggal di kamar hotel. Dalam waktu dekat kami kayaknya nggak bakal menginap di hotel deh. Entah kalau Sky sudah besar nanti.

Cukup nyasarnya, kembali ke cerita asal. Jadi kami sedang berbelanja di supermarket dan aku sedang menyusun menu untuk hari-hari berikutnya. Sampai di rak makanan beku (antara lain ada kentang goreng oven) aku ragu-ragu dan berdiskusi dengan suami dan Sky: “Di rumah sewa memang ada oven di dapur, tapi aku nggak yakin apa ada kertas minyak untuk menaruh kentangnya di oven.” Tiba-tiba Sky menjawab: “Ada kok ma, aku sudah lihat.”

Heh?!? Dia sudah melihat kertas minyak di dapur? Dia memang menemaniku saat aku sehari sebelumnya mengecek isi laci-laci dan lemari dapur, seperti biasanya kalau kami baru sampai di tempat baru. Untuk mengetahui apa saja yang bisa kami pinjam dan gunakan. Tapi betulkah dia melihat ada kertas minyak? Aku sih nggak ingat dan rasanya nggak melihat juga. Dia bersikeras, bahkan sesudah aku menerangkan bahwa bakal repot kalau kentang sudah dibeli tapi ternyata nggak ada kertas minyak di rumah.

Ya sudah, jadilah kami membeli kentang goreng oven-nya dan bermobil pulang ke rumah. Segera sesudah sampai Sky berlari ke dapur rumah sewa. Ditariknya salah satu laci dapur dan tak lama kemudian, dengan senyum lebar penuh kemenangan di wajahnya, diserahkannya gulungan kertas minyak itu kepadaku. 😀

blog-1a

***
Vandaag begint de school weer na 2 weken herfstvakantie. De laatste week zijn wij in Duitsland geweest, in de regio Beieren. De hele week scheen de herfstzon en wat hebben we genoten! Van ons vakantiehuis in een boerderij-dorp (Sky vond de dieren allemaal prachtig), en van de uitstapjes naar de omringende mooie steden. We hebben Ochsenfurt, Rothenburg ob der Tauber, Würzburg en Ansbach (alleen het winkelcentrum) bezocht. En misschien wel het hoogte punt van de vakantie is een dagje naar het Playmobil Funpark in Zirndorf. Niet alleen voor Sky, maar ook voor papa en mama! Wat is het toch heerlijk als je kind evenveel geniet van een vakantie als jezelf. 🙂

blog-1bHieronder volgen de foto collage’s van de vakantie. Maar eerst iets grappigs, wat tegelijk heel bijzonder is. Op de tweede dag gingen we naar de lokale supermarkt om boodschappen te doen. Een groot voordeel om een vakantiehuis te huren, is dat je een compleet uitgeruste keuken ter beschikking hebt. En dus op je gemak kunt koken. We denken zelf dat we in de nabije toekomst niet meer in een hotel gaan verblijven. Maar goed, terug naar het verhaal. We waren in de supermarkt en ik was bezig onze dinermenu voor de komende dagen uit te stippelen. Bij de diepvries rösti’s zei ik hardop dat wij weliswaar een oven in het huis hebben, maar ik wist niet zeker of wij daar ook bakpapier hadden. Ineens zei Sky: “Ja hoor mama, die is er wel. Ik heb het gezien.”

Huh?!? Heeft ze bakpapier in de keuken gezien? Ze stond natuurlijk erbij toen ik alle lades en kasten de dag daarvoor opende, zoals gewoonlijk als ik bij een nieuwe plek aankom, om te kijken wat er allemaal zijn. Maar zou het waar zijn dat ze bakpapier tussen al die lades gezien heeft? Ik wist het in ieder geval niet meer. Maar ze hield vol, ook nadat ik haar uitlegde dat we een beetje probleem zullen hebben als het niet zo is. Want dan kunnen we de rösti aardappelen niet in de oven bereiden.

Dus hebben we de rösti’s gekocht en reden we naar huis. Eenmaal aangekomen, rende ze naar de keuken van het huis. Resoluut trok ze een la open en zwaaide kort daarna met een rol bakpapier, een grote overwinningsgrijns op haar gezicht. 😀

blog-3

blog-4

blog-5

blog-6

blog-7

blog-8

blog-9

blog-10

blog-11

blog-12

blog-13

blog-14

blog-15

water, gasoline and astronaut

Standard

blog-2b

Sky: “Kenapa air nggak pernah miring?”
(Kami menjelaskannya dengan kata-kata sederhana, tentang sifat-sifat istimewa air).
Aku: “…dan air juga selalu mengalir turun. Selalu dari atas ke bawah, mencari tempat yang lebih rendah. Lihat saja air hujan.”
Sky: “Kecuali astronaut…”

Awalnya kami kurang mengerti maksudnya. Tapi setelah dia menjelaskan lebih lanjut, kami sadar bahwa pemikirannya unik dan sangat menarik:
Astronaut kan berada di dalam raket dan meluncur dari bawah ke atas. Dan di dalam tank raket itu ada bensin (sejenis air kan). Yang berarti bensinnya juga bergerak dari bawah ke atas! Lebih menariknya lagi, justru bensin itu yang mendorong raket dan seluruh isinya bergerak dari bawah ke atas.
Nah lho, pintar anak ini! 😀

***
Sky: “Waarom staat water nooit scheef?”
(We legden haar uit met eenvoudige woorden, over allerlei bijzonderheden van water).
Ik: “…en water zoekt ook altijd een lagere plek. Het gaat altijd van boven naar beneden. Denk maar aan regen.”
Sky: “Behalve bij astronautjes…”

Eerst snapten we niet wat ze precies bedoelde. Maar naarmate ze meer uitlegde, begrepen we dat ze iets geniaals heeft bedacht:
Astronautjes zitten in de raket en het gaat dus van beneden naar boven. En ze hebben benzine (ook een soort water!) in de tank, en die gaat dus óók van beneden naar boven! Sterker nog, de benzine zorgt dat de raket met alles erop en eraan naar boven gaat.
Nou, breng daar maar iets tegen! 😀

blog-2a