Monthly Archives: September 2011

weight milestone

Standard

Nah! Pertama kalinya berat badanku sedikit melebihi berat badan sebelum hamil, hari bersejarah nih! Sebenarnya lucu juga karena kita semua tahu bahwa mulai sekarang sampai setengah tahun ke depan bakal nambah terusss… 😀

*** 

Ha! Voor het eerst een gewicht boven mijn gewicht vóór de zwangerschap, een mijlpaal! Best raar eigenlijk om te weten dat vanaf nu tot de komende half jaar gaat het alleen maar stijgen 😀

lemon size

Standard

Menurut ‘jurnal kehamilan 40 minggu’ ukuran Little sekarang kira-kira sebesar jeruk nipis, sudah bisa ngemut jempol dan mengisi waktunya dengan berenang di air ketuban dan bergerak-gerak untuk melatih otot2 kecilnya. Dia juga sudah mulai mengicipi rasa air ketuban, jadi aku makin termotivasi untuk makan sehat dan bervariasi, supaya rasa air ketubannya juga jadi macam-macam, hehe…Untung makanku gampang, dan sampai sekarang tetap suka makan semuanya, termasuk gurih dan pedas (tapi nggak pedas2 banget), jadi Little pasti akan mengicipi semuanya juga (dan moga2 nantinya makannya jadi gampang!).

***

 Volgens mijn 40-weken zwangerschapsjournaal moet Little nu ongeveer zo groot als een citroen zijn, kan al duimen en vult zijn tijd met zwemmen in het vruchtwater en spartelen om zijn spieren te trainen. Hij slikt ook al geregeld vruchtwater in, wat mij nog meer aanmoedigt om zo gevarieerd mogelijk te eten (zodat Little ook van alles gaat proeven!). En ik eet gewoon alles hoor, kruidige en pittige dingen vind ik nog steeds erg lekker dus ik denk dat Little dat ook snel aan gaat wennen (altijd handig voor later!).

the diapers world

Standard

Baru hamil beberapa bulan tapi aku sudah terjun bebas di dunia perpopokan, haha lho kok bisa! Awalnya dari menangkap percakapan teman2 (ibu2 baru di Facebook) di mana macam-macam popok dibandingkan dan pengalaman saling ditukar. Wah aku baru tahu bahwa ada begitu banyak macam popok, nah sekarang sudah aku pelajari tuh: banyak2 cari info di internet, email teman buat tanya2, lihat2 film di Youtube…berguna banget! Aku benar2 bersyukur hidup di dunia digital seperti ini.

Tapi kamu mungkin bertanya: kenapa sudah mulai dari sekarang, awal banget? Ini karena aku tertarik sama yang namanya “clodi” (cloth diaper = popok kain). Tentunya bukan popok kain seperti yang kita kenal dari zaman nenek moyang, sekarang ini yang namanya clodi sudah modern, banyak macam dan motifnya dan akhir-akhir makin menjadi trend terutama buat orang tua yang rada2 alternatif dan sadar lingkungan. Tiga alasan utama memilih clodi adalah efek positifnya untuk lingkungan, berkurangnya kemungkinan diaper-rash (lecet karena popok) dan harganya yang dalam jangka panjang relatif lebih murah.

Nah di Belanda ini clodi sama sekali belum menjadi trend, setidak-tidaknya sedikit sekali website yang bisa aku temukan tentang clodi. Dan kalaupun ada harganya mahal banget! Selain itu mungkin karena clodi memang kurang praktis dibandingkan popok sekali pakai, plus kita harus selalu siap untuk mengganti clodi yang basah secepat mungkin (permukaan pampers jelas lebih cepat kering). Karena itu aku memutuskan untuk minta tolong ortu-ku, apakah mereka mau mengirim kira-kira 12 clodi plus kebutuhan2 lainnya dari Indonesia (beda harganya luar biasa!), dan mereka bersedia! Horeee! 😀  Karena itulah aku sudah mulai mencari2 dari sekarang, karena paket laut butuh waktu 3-4 bulan sebelum sampai ke sini (jelas tidak lewat udara karena tujuannya kan untuk menekan ongkos). Kemungkinan besar kita akan memakai kedua macam popok bergantian, clodi untuk di rumah dan pampers di saat harus praktis dan cepat. Semoga Little oke2 saja dengan keduanya!

***

Nog maar een paar maanden zwanger maar ik zit nu al helemaal in de luier wereld…haha hoe kan dat! Het komt door af en toe de gesprekken van mijn vriendinnen (via Facebook) op te vangen waar verschillende luiers werden vergeleken en ervaringen werden uitgewisseld. Ik dacht toen nooit te zullen weten wat de verschillen allemaal waren, nou dat heb ik inmiddels geleerd: flink wat internet sites doorgestruind, vriendinnen via e-mail benaderd, Youtube filmpjes bekeken…heel handig allemaal, o wat ben ik blij dat ik in het digitale tijdperk leef!

Maar nu zul je waarschijnlijk afvragen: waarom zo vroeg al? Omdat ik al een tijdje geïnterresseerd ben in de “clodi” (cloth diaper = katoenen luier). Niet zoals wat we van onze grootmoederstijd kennen natuurlijk, maar in de modernere variant. Tegenwoordig zijn er vele soorten te koop en het is hartstikke ‘hip’ onder de alternatieve en milieu-bewuste ouders. De drie meest genoemde redenen om clodi te kiezen zijn de kleinere belasting voor het milieu, de verminderde kans voor luieruitslag en de lagere kosten in langere tijd.

Maar ik merk dat deze hip in Nederland nog helemaal niet hip is, in ieder geval kan ik heel weinig websites vinden over clodi. Mijn vermoeden is omdat clodi minder praktisch is vergeleken met de weggooi-luier en je moet ook altijd alert zijn om een natte clodi snel te verwisselen. En…het is hartstikke duur! Daarom heb ik besloten om mijn ouders heel lief te vragen of ze een pakketje met 12 clodi’s en alle bijbehorende spulletjes te willen sturen vanuit Indonesië (het prijsverschil is echt enorm!), en dat willen ze! Hoeraaa! 😀  Vandaar begin ik heel vroeg met mijn zoektocht, want een pakketje heeft wel 3-4 maanden nodig om de oceaan over te steken (niet via luchtvracht want de doel is natuurlijk om de kosten te verlagen). Uiteindelijk zullen we waarschijnlijk allebei de soorten luiers gebruiken, clodi voor thuis en pampers voor als het praktisch moet zijn, maar we gaan in ieder geval beide proberen en maar hopen dat onze Little alles goed vindt!

sleep pattern

Standard

Aku nggak pernah bermasalah dengan tidur, kapanpun dan dimanapun aku bisa tidur nyenyak. Sampai sekarang tentunya, hamil begini ternyata banyak banget yang berubah, termasuk soal tidur. Di samping musti ke WC minimal lima kali semalam, sudah beberapa waktu aku punya ritme tidur yang aneh. Setiap jam tiga atau empat subuh pasti terbangun, awalnya tentu untuk buang air kecil, tapi setelahnya pasti nggak bisa tidur lagi. Jadilah selama satu setengah atau dua jam berbaring mendengarkan Joop mendengkur (becanda lho! Dia hampir nggak ngorok kok…). Kalau weker bunyi jam setengah tujuh jelas aku malas buangettt untuk bangun, lha baru saja bisa tidur lagi! Apakah ini semacam persiapan untuk nantinya bisa mengikuti ritme tidur si kecil, entahlah, yang jelas terasa banget bedanya.

***  

Slapen is nooit een probleem voor mij geweest, ik kon overal en altijd goed slapen. ‘Kon’, omdat nu ik zwanger ben alles anders is, inclusief de slaap. Naast de minstens-vijf-keer-per-nacht-plassen gedoe, heb ik nu al een tijdje een rare ritme ontwikkeld. Ik word om een uur of drie of vier altijd wakker, eerst om te plassen maar daarna kan ik de slaap niet meer vatten. Dus blijf ik anderhalf of twee uur lang liggen luisteren naar Joop zijn gesnurk (geintje! Hij snurkt bijna niet…). Met als gevolg dat als de wekker om half zeven gaat wil ik meestal nog lang niet opstaan, ik slaap immers net weer! Geen idee of dit een soort voorbereiding is om de ritme van de kleine straks te kunnen volgen, maar ik vind het wel opvallend.

orientation change?

Standard

Kemarin kita ke Schiedam, ada festival dengan perahu-perahu hias, bazaar, hiburan2 dll, pokoknya rame karena cuaca juga lagi bagus-bagusnya. Duduk di bangku taman di mana ada koor para pelaut yang sedang bernyanyi di sebelah kita, Joop bilang: “Lihat tuh, lucu ya…” Aku mengangguk, “Iya, bagus banget ya…” sedetik kemudian baru aku lihat arah pandangannya, hmm kayanya ada yang nggak bener nih, coba dicek: “Eh, apanya yang lucu tadi?” Dia menunjuk seorang bapak a la rasta (kayak Bob Marley gitu) yang baru saja lewat: “Itu, rambutnya keren…” Dan aku sepanjang waktu itu sibuk mengamati sebuah Mercedes silver terbuka super keren di depan kita!!

Malamnya tiba-tiba kita membahas kata ‘viva’…tahu nggak, ternyata yang dimaksud Joop adalah Viva majalah wanita (seperti Femina gitu) dan aku kepikirannya FIFA (organisasi sepak bola)!! Dan begitulah kemarin seharian isinya miskomunikasi melulu…lucu banget!! Sambil becanda kita bilang bahwa ini kayanya salah hormon deh, sampai orientasi kita jadi terbalik-balik. Omong2 tentang hormon, aku nggak terlalu banyak merasa naik turun tuh (Joop juga bilang begitu jadi aku nggak mengada-ada). Untungnya nggak pakai hormon yang bikin menangis-nangis, marah-marah, merasa nggak dimengerti dan emosi2 lain yang bikin jungkir-balik kayak rollercoaster (seperti kata majalah2 kehamilan…) 😀

***

Gisteren waren we in Schiedam, boten en mensen kijken bij het Branderfeest Festival. Zittend op een bankje waar een Shantykoor vlakbij aan het zingen was, zei Joop: “Kijk ‘ns, leuk hé…” Ik knikte: “Ja, het is echt mooi hé…” en toen keek ik pas waar zijn blik naartoe ging, er klopte iets niet, dus even checken: “Eh, wat is leuk?” Hij wees naar een rasta-man die ons net voorbij gelopen heeft: “Daar, zijn haar…” En ik de hele tijd maar kijken naar een silvergrijze open Mercedes cabrio!!

‘s avonds kwamen we opeens bij het woord ‘viva’…en wat bleek: Hij bedoelde dus Viva de (vrouwen) tijdschrift en ik dacht aan FIFA (de voetbalbond)!! En zo ging het gisteren de hele dag door….Lachen hoor! We zeggen dat het misschien de hormonen zijn die zowel bij mij als bij Joop alles gedraaid hebben. Over de hormonen gesproken, ik heb eigenlijk niet veel van gemerkt (dat bevestigt Joop ook, dus ik heb het niet verzonnen). Nee geen huilbuien, boosheid, onbegrepen gevoel, achtbaan-achtige emoties of wat dan ook…gelukkig maar! 😀

little dragon

Standard

Jadi ceritanya kami sedang menanti ‘little dragon’ alias naga kecil. Waktu diselamati teman-teman spesial tentang hal ini aku belum terlalu sadar apa artinya. Tentu saja aku tahu bahwa mulai bulan Januari atau Februari tahun depan adalah tahun naga menurut astrologi Cina. Jadi yah, kalau Little lahir sesuai perkiraan maka shio-nya memang shio naga, tapi seistimewa itukah sampai ada beberapa teman yang jadi ikutan ingin “membuat” bayi naga? Setelah cari-cari info dan baca-baca ternyata memang naga adalah shio yang menarik. Percaya sepenuhnya tentu tidak bijak (masa semua orang yang lahir di tahun naga pasti sukses, ngga mungkin kan), tapi seru juga untuk berfantasi seberapa jauh pengaruh shio naga nanti terlihat pada Little, hehehe…. 🙂

Ini yang aku dapat dari internet:

Naga adalah salah satu simbol favorit: banyak orang berharap untuk mendapatkan seorang anak yang lahir di tahun naga. Naga punya kuasa dan keberuntungan di hidupnya. Mereka lahir dengan mahkota di kepalanya, tapi mereka juga orang-orang yang idealis. Sebetulnya sejak lahir mereka merasa sempurna, jadi kadang tidak terlalu fleksibel. Sering bermulut besar tapi toh pendapat mereka memang penting untuk didengar dan saran-saran mereka selalu bagus. Pengaruh naga sangat kuat. Tapi mereka bisa terlalu merasa bangga akan dirinya sendiri. Naga adalah orang yang berani, dinamis dan menyenangkan. Selalu percaya diri dan kadang seperti diktator. Perintah dari orang lain tidak bisa mereka terima. Terkadang naga bisa menjadi sangat sok. Tapi mereka punya banyak bakat, pandai, gigih dan dermawan. Sebetulnya dia bisa mengerjakan apa saja. Di setiap jalur karier yang ia pilih ia akan memperoleh sukses. Orang lain menyukainya dan dia tidak akan sering dikecewakan dalam cinta.

***

Dus we zijn in verwachting van een draakje. Haha, het is misschien voor de Westerse wereld moeilijk te begrijpen, maar 2012 is blijkbaar een speciaal jaar. Toen ik hierover gefeliciteerd werd door vrienden moest ik ook even hard nadenken, waarom eigenlijk? Sommige vrienden hebben zelf wat extra pogingen ondernemen om een (vaak het tweede) kindje te krijgen, het zal mij niet verbazen als het geboortecijfer in sommige delen van Azië volgend jaar gestegen is. Natuurlijk weet ik dat het jaar van de draak volgens de Chinese kalender vanaf eind januari volgend jaar gaat beginnen. Maar nogmaals het drong bij mij nog niet door waarom het zo bijzonder moest zijn. Totdat ik meer op internet ga zoeken en lezen…Kijk, het is niet wijs om alles te geloven en het is gewoon onmogelijk dat alle mensen die in het jaar van de draak geboren zijn succesvol zullen zijn, maar het blijft toch leuk om te fantaseren hoeveel van de voorspellingen te zien zal zijn straks op Little. 🙂

Dit is wat ik op internet vond:

De draak is een van de meest favoriete symbolen: elke ouder schijnt te hopen dat zijn of haar kind in het jaar van de draak geboren wordt. Draken hebben macht en geluk in het leven. Ze zijn geboren monarchen, maar ook idealisten. Eigenlijk denken ze al vanaf het moment dat ze geboren worden dat ze perfect zijn, en dus zijn ze ook niet erg flexibel. Ze hebben vaak een grote mond maar toch zijn hun meningen belangrijk genoeg om naar te luisteren en hun advies is altijd goed. Zijn invloed is in feite nogal sterk. De draak kan wel last hebben van te veel trots. Draken zijn moedig, dynamisch en heerlijke mensen. Heel zelfverzekerd en soms wat tiranniek. Orders van anderen verdragen ze absoluut niet. Soms zijn draken ongelooflijke snobistisch. Maar ze hebben talent, ze zijn intelligent, vasthoudend, en edelmoedig. Hij kan in feite alles doen. Elke carrière die hij kiest zal er eentje zijn waarin hij uitblinkt. Mensen houden van de draak, en hij wordt niet vaak teleurgesteld in de liefde.

this could be…

Standard

Menurut “mixer wajah” digital beginilah kira-kira rupa anak kita nantinya, naahhh cuteeee!!! 😀

***

Volgens de digitale “gezichtsblender” zou dit ongeveer het gezicht van ons kind moeten zijn, nou ik vind het veelbelovend hoor, heel schattig!! 😀