Monthly Archives: February 2014

23 months old today! ♥

Standard

blog

Kedua matanya…
Api di sana, lebih dalam dari samudera.
Dunia kecilnya, petualangan tanpa jeda.
Hidup dan cinta kami, seluruh dan segenap asa.

***

Her eyes…yes, her eyes…
Fire and volcano, deeper than the ocean.
Her world, safe and small, adventures with no end.
Our life and love, our whole heaven.

***

Haar ogen…ja, haar ogen…
Vuur en vulkaan, dieper dan de oceaan.
Haar wereld, veilig klein, avonturen zonder eind.
Onze liefde en geluk, ons hele bestaan.

“difficulties” with water

Standard

blog

Sky naik kapal, waktu beberapa hari yang lalu kebetulan mampir ke perpustakaan lain di pinggiran kota.

Ngomong-ngomong tentang kapal, atau sebetulnya tentang air…Sky punya dua ‘masalah’ yang berhubungan dengan air.

Yang pertama: minum air (atau minum apapun). Yang kedua: air yang membasahi wajahya (alias: keramas/cuci rambut).

‘Masalah’ yang pertama sepertinya sudah bisa kami atasi cukup baik. Dengan segala macam cara, usaha dan upaya, kami mencoba membuatnya minum lebih banyak. Dengan beraneka ragam juice (yang selalu kami campur dengan air. Sebisa mungkin mengurangi yang manis-manis, atau menundanya), bermacam-macam gelas yang lucu-lucu, pakai sedotan, banyak makan buah (yang sebagian besar terdiri dari air), selalu menyediakan botol minum yang bisa diambilnya sendiri saat bermain, memberinya minum sedikit-sedikit terus sepanjang hari, dan di saat makan sering melakukan “toast” (bersulang dengan mengetukkan gelas satu sama lain, lalu minum). Kami kira totalnya cukup. Ada juga hari-hari ‘baik’ di mana dia tanpa disuruh bisa meminum habis seisi gelas juice (atau susu, misalnya sambil sarapan atau sebelum tidur). Singkatnya: soal susah minum sudah teratasi.

Sekarang masalah mencuci rambut. Setetes air (bukan shampo atau busa ya) masuk ke matanya dia pasti langsung ngambek dan minta keluar kalau sedang mandi di bak mandinya. Sebegitu tidak sukanya dia dengan wajah yang basah. Lagi-lagi kami mengusahakan segala cara dan upaya untuk mencuci rambutnya, berganti-ganti dengan cara lembut dan yang agak keras. Menaruh handuk di depan matanya, mencuci rambutnya sambil dia tiduran, mencuci di bawah shower, membeli shampo bergambar tokoh Sesamstraat yang sedang mencuci rambut sambil bernyanyi-nyanyi, memegangi cermin supaya dia bisa melihat rambutnya waktu dicuci, meminjam buku-buku tentang mencuci rambut, melihat kami waktu keramas, memberitahunya bahwa nanti rambutnya bakal gatal-gatal dan mulai ketombean (atau minimal kulit kepalanya mulai terlihat putih-putih…yang ini serius betulan!)….akhir-akhir ini kami mencoba dengan cara sambil bermain air membiasakannya dengan wajah dan rambut yang basah. Sudah ada perkembangan, tapi basah saja sebetulnya masih jauh dari keramas yang sesungguhnya ya. Kadang-kadang kami harus memaksanya dan betul-betul mencuci rambutnya, kalau kami lihat bahwa kondisi kulit kepala sudah sampai tahap yang “tidak sehat”, hehe… Susah sekali, dan kemajuannya sampai sekarang minimal. Mungkin ada yang bisa berbagi pengalaman atau tip?

***

Sky in een bootje, gezien bij een wijk-bieb toen we deze week toevallig in de buurt waren.

Over boot gesproken, of eigenlijk over water…Sky heeft twee moeilijkheden wat water betreft.

De eerste is: water drinken (niet alleen water maar gewoon drinken over het algemeen). De tweede is: water over haar gezicht laten lopen (oftewel: haar wassen).

Het eerste “probleem” hebben we al vrij goed kunnen oplossen. Nou ja, oplossen…we wringen door allerlei bochten en hoeken, met allerlei trucjes en tips om haar extra te laten drinken. Verschillende soorten sapjes (altijd aangelengd met water. Zoveel mogelijk zoetigheid minderen en uitstellen), leuke en grappige glazen-variaties, met rietje, extra fruit (zit er veel water in), altijd een flesje water dat ze tijdens het spelen zelf kan pakken, de hele dag door kleine slokjes geven, en tijdens het eten vaak proosten met onze glazen. Al met al denken we dat ze genoeg binnen krijgt. En er zijn ook dagen dat zij vanuit het niets een glas vol water-sap leeg drinkt (of melk, voor het slapen gaan of bij het ontbijt bijvoorbeeld). Dus het drinken is onder controle.

Nu het haar wassen nog. Een druppel water (niet eens shampoo of schuim!) in haar oog tijdens het badje en wilde ze gelijk het badje uit. Zó niet leuk vond ze het nat worden van haar gezicht. Wéér wringen we door allerlei bochten om haar haar schoon te krijgen, met wisselende zachte en harde aanpak. Washandje voor de ogen, liggend wassen, onder de douche, Pino (van Sesamstraat) shampoo kopen met afbeelding van zingende Pino met haar vol schuim, spiegel vasthouden tijdens haar wassen, boeken over wassen voorlezen, kijken als wij ons haar wassen, haar verteld dat haar haar straks gaat jeuken en overal witte plekken begint te vertonen (dit is echt gebeurd!)….de laatste tijd proberen we vooral met veel spelen-spetteren-plonzen haar gezicht en haar haar nat te krijgen. Het gaat al best goed, maar het is natuurlijk pas de eerste stap vóór het echte wassen. Af en toe hebben we het streng moeten aanpakken en hebben we haar haar echt gewassen, als we zien dat het niet zo “fris” meer is. Makkelijk is het niet, en de vooruitgang is minimaal. Hebben jullie misschien nog meer tips?

her little hand in mine

Standard

blog

Sky memang bukan anak yang suka dipeluk-peluk (atau memeluk) terlalu lama. Tapi dia suka berpegangan dan memegangi tangan. Sebelum tidur kami harus selalu memegangi tangannya sebentar sambil mengucapkan “selamat tidur” dan “kami sayang sama Sky”. Juga kalau duduk di pispot dan merasa akan terjadi sesuatu yang menegangkan, hehe, dia juga minta dipegangi tangannya. Latihan duduk di pispotnya makin lama makin bagus lho. Sekarang kami sedang melatih langkah berikutnya: memakai celana panjang (tapi masih tanpa celana dalam). Hasilnya: sudah dua kali celananya basah, hehe… Setelahnya tentu langkah penting untuk melatihnya keluar rumah…ah tapi setahap demi setahap deh, biar lambat asal…kering. Hehehe… 😀

Pagi tadi di supermarket kami melihat banyak kelinci paskah (dari coklat). Sky terlihat tertarik pada bentuk-bentuknya yang lucu-lucu. Jadi aku bilang: “Lihat Sky, banyak kelinci!”. Yang mana jawabannya: “Bukan….coklat!” Hehehe, pasti turunan papanya nih, lebih memperhatikan bahan bakunya daripada bentuk. 😀

Dan beberapa video yang harusnya dipos 3 minggu yang lalu, hehe, baru sempat sekarang:

Pemain drum hippie kecil kami, hehe….hiburan saat kami sedang mencuci piring sesudah makan. 😀
Bermain di luar. Membersihkan jendela (= raam schoonmaken) menggunakan garpu plastik. Membawa tas ransel (= rugzakje mee)…semuanya bisa! Perhatikan bunga-bunga yang sudah mulai tumbuh, berasal dari umbi bunga yang kami tanam bulan Oktober kemarin. Saat ini, 3 minggu kemudian, sudah semakin banyak bunga yang muncul di atas tanah. Senang sekali melihatnya!
– Untuk penggemar Sky: video yang durasinya agak lama, suatu siang saat dia sedang asyik bermain dan ngoceh di rumah. 🙂

***

blogSky is niet echt een knuffelig kind, maar handjes vasthouden (en/of friemelen) vindt ze wel fijn. Voor het slapen gaan moeten we dan ook altijd haar handje even vasthouden, terwijl wij haar welterusten en “we houden van jou” zeggen. Ook als ze op haar potje zit en ze voelt dat er iets spannends gaat gebeuren, moet (vooral) mama haar handje vasthouden, hihi… Het gaat trouwens thuis super goed met het op potje zitten. We zijn nu de volgende stap aan het oefenen: mét broek ipv met de billen bloot (nog steeds zonder onderbroek). Resultaat: al twee keer een natte broek gehad, hihi… En daarna natuurlijk de grote oefening met naar buiten gaan…maar dat zien we wel verder. Stap voor stap. 😉

Vanmorgen bij de supermarkt hebben we veel (chocolade) paashaasjes gezien, die de aandacht van Sky trokken. Ik zei tegen haar: “Kijk Sky, allemaal konijntjes!”. Waarop ze antwoordde: “Nee…chocola!” Hahaha, zeker papa’s genen, op materiaal gericht in plaats van de vorm. 😀

En dan nog een paar filmpjes, die eigenlijk al 3 weken geleden geplaatst moesten zijn, hehe…:

Onze hippie trommelaar, hihihi….entertainment tijdens het borden afwassen. 😀
Buiten spelen. Het raam schoonmaken met een plastic vork. Rugzakje mee…alles kan! Let op de groeiende bloemetjes vanuit de bloembollen die wij in oktober geplant hebben. Op dit moment komen er al veel meer bloemen boven de grond. Erg leuk om te zien!
– Voor de liefhebbers, een iets langere video van een spelende en pratende Sky, op een gewone middag. 🙂

yayyy, Efteling passports! :)

Standard

blog

Horeee, kami sekarang punya abonemen untuk Efteling!!! Perlu dijelaskan sedikit nih: Efteling itu sejenis Disneyland tapi a la Belanda. Kemarin lusa kami mengunjungi bagian yang namanya “hutan dongeng”, isinya dongeng2 terkenal yang divisualisasikan. Jadi dalam waktu 2,5 jam kami cuma “berhasil” menjelajahi sekitar seperenam (1/6) isi tamannya! Memang disesuaikan dengan kaki-kaki kecil Sky ya, tapi taman hiburan Efteling memang luas sekali. Dan isinya mengakomodasi selera segala usia, dari yang kecil sampai yang besar.

Nah, dengan abonemen ini kami boleh mengunjungi tamannya sesering yang kami mau selama setahun mendatang. Kalau kamu, seperti kami, punya anak kecil dan cuma tinggal sekitar 12 menit naik mobil dari Efteling, maka abonemen ini tidak bisa dihindari, hehe… Ini juga tipnya kami dapat dari seorang Ibu lain, yang bilang: Memang harga abonemennya lumayan, tapi bahkan dengan mengunjungi taman sekali dalam 2 bulan saja sudah lebih untung pakai abonemen daripada beli karcis lepas. Dan semua anak kecil pasti suka banget di sana (oya, dan sampai usia persis sebelum 4 tahun masih gratis. Sesudahnya kita lihat-lihat nanti saja, hehe…) Jadi kemarin lusa Sky mengalami sebuah hari bersejarah: pertama kalinya pergi ke Efteling! 😀

Awalnya dia agak takut. Tentu saja juga penasaran, tapi begitu sebuah boneka bergerak atau berbunyi dia langsung panik dan mau kabur. Memang harus diakui bahwa beberapa bonekanya berwajah lumayan seram, kalau dilihat dari mata anak seusia dia. Tapi setelah beberapa waktu Sky mulai terbiasa. Sementara itu kami berpindah-pindah dari satu dongeng ke dongeng lainnya, dan kami semakin lama semakin bisa mendekat dengan atraksi-atraksinya. Biarpun begitu, tetap saja Sky tidak suka melihat pertunjukan atau boneka-boneka yang bergerak-gerak di tempat gelap. Kalau takut dia bakal segera bilang: “yang lain!” atau “berikutnya!”. Padahal ada sebuah pertunjukan yang terkenal sekali, namanya “bunga lotus menari”, tapi sayangnya show-nya sepenuhnya di tempat gelap. Jadi waktu bunganya mulai menari memang Sky agak tertarik, tapi selebihnya dia ketakutan dan minta keluar. Ya, Sky memang jelas belum terbiasa. Buatnya sebetulnya sudah cukup menarik untuk melihat sepatu yang bisa menari sendiri (ada cerita dongengnya kan), untuk mendengar lagu yang keluar dari setiap jamur merah totol-totol putih yang tersebar di sepanjang jalan, atau mengamati anak-anak lain yang sepertinya semua histeris dan kesenangan berlari-lari di taman. Dugaan kami, bahwa kartu abonemen kami rasanya akan banyak dipakai di tahun mendatang… 😉

***

Hoeraaa, we hebben een Efteling abonnement!!! Een jaar lang mogen we zoveel we willen het park bezoeken. Als jij, zoals wij, een kindje hebt en alleen op 12 minuten rijafstand van het park woont, is zo’n abonnement vrij onvermijdelijk, hihi…We hebben het ook als tip van een andere moeder gekregen, want, zoals ze zei: De abonnement is vrij prijzig, maar je hebt het al uit als je het park eens in de twee maanden bezoekt. En de kleintjes kijken hun ogen uit daar (oja, en t/m 3 jaar is het nog gratis ook. Daarna zien we wel verder, haha…) Dus eergisteren heeft Sky weer een mijlpaal bereikt: de eerste keer bij de Efteling! 😀

Aan het begin was ze een beetje bang. Natuurlijk ook nieuwsgierig, maar zodra een pop gaat snurken of bewegen raakte zij in paniek en wilde ze weg. Toegegeven, sommige poppen zien ook inderdaad best eng uit, als je ze door de ogen van een kind bekijkt. Maar na een tijdje begon Sky te wennen. Intussen hopten we van het ene sprookje naar het andere en onze afstand met de attractie werden steeds kleiner. Nog steeds vindt Sky een voorstelling of bewegende poppen in het donker eng, en zei ze steevast: “andere!” of “volgende!”. Jammer van de klassieke attractie “dansende waterlelies”, de show was volledig in het donker. Hoewel toen de feeën begonnen te dansen en te draaien Sky ze best interessant vond, maar het duurde niet lang voordat ze weer uit de donkere ruimte wilde. Ja, Sky moet duidelijk nog even wennen. Voor haar is het al interessant genoeg om de dansende schoentjes te zien, dat er muziekje uit elke paddenstoel komt en dat er zoveel andere kinderen zijn die allemaal hysterisch lijken te zijn. Onze abonnement pasjes zullen het komende jaar overuren draaien, denken we… 😉

potty training rapid progress and a bit ill

Standard

blog

Pagi tadi Sky dan papa bermain di taman bermain di hutan dekat Universitas Tilburg. Sesudahnya dia tidur siang cukup lama (hampir 1,5 jam. Papa juga tuh, keduanya kecapekan sesudah bermain bersama, hehe). Lalu belanja ke supermarket bersama papa dan mama. Sesampainya di rumah dia tiba-tiba berbaring-baring saja di kasur (di ruang keluarga). Waktu kami bertanya ada apa, dia menjawab bahwa dia capek. Hmm, tidak biasanya dia begitu, jadi kami meraba dahi dan lehernya. Betul saja, agak hangat. Jam-jam berikutnya dia nemplok ke papa dan mama terus (terutama mama), maunya dipeluk, dipangku sambil membaca buku, menyanyi atau menonton TV. Untungnya makan dan minumnya tetap bagus, dan malam ini bisa tidur cukup cepat setelah kami antar ke kamar tidur. Terakhir kalinya dia agak demam begini cuma berlangsung beberapa jam saja, sesudahnya ceria dan aktif lagi. Moga-moga kali ini juga begitu ya, semoga besok pagi setelah tidur yang enak dia sudah sehat dan segar kembali.

Dan sekarang kemajuannya dalam latihan kencing di pispot bagus sekali! Seminggu terakhir ini dia sudah makin mandiri dan bisa kencing sendiri. Senang sekali melihatnya! Awalnya adalah bahwa dia menolak dipakaikan popok. Jadi di rumah hampir sepanjang waktu dia tidak memakai popok atau celana (telanjang bagian bawah, hehe). Tapi karena itu dia jadi sadar kapan dia mau kencing. Bisa duduk sendiri di pispot tanpa harus kami ingatkan. Sampai saat ini belum pernah ‘kecelakaan’ lho (ketok kayu dulu), dan hemat popok karena dia sekarang cuma pakai popok kalau tidur dan kalau pergi keluar rumah. Jadi kami berharap banget supaya cuaca cepat jadi lebih hangat (biarpun sekarang juga tidak terlalu dingin sih), supaya buatnya lebih nyaman untuk tidak memakai celana di dalam rumah. Biarpun sudah pintar kencing sendiri, kalau pup masih belum terlalu jago. Sepertinya dia menyimpan pup dan begitu dipakaikan popok langsung dikeluarkan, hehe… Kadang-kadang berhasil juga pup di pispot sih, tapi biasanya masih susah. PR berikutnya nih! 😉

***

Sky heeft vanmorgen, samen met papa, lekker buiten in de speeltuin bij het wandelbos (zo heet het bos rondom de universiteit van Tilburg) gespeeld. Daarna een lang middagdutje gedaan (bijna 1,5 uur. Papa trouwens ook, beiden waren blijkbaar erg moe van dat spelen!). In de middag samen met papa en mama boodschappen gedaan. Thuisgekomen wilde ze ineens veel op de matras (in de woonkamer) liggen. Toen we er naar vroegen antwoordde ze dat ze moe is. Het is voor haar doen niet gewoon, dus haar voorhoofd en nek gevoeld, en ja hoor…ze is een beetje warm. De uren daarna wilde ze dat mama of papa altijd bij haar bleef (vooral mama), samen knuffelen, op schoot zitten boekje lezen, zingen, of tv kijken. Gelukkig eet en drink ze nog steeds goed, en viel ze vrij snel in slaap toen we haar naar bed brachten. Als dit hetzelfde afloopt zoals de ervaring van de vorige keer toen ze ook een beetje koorts had en na een paar uur alweer springerig en actief was, dan hopen we dat ze morgen na een lekker slaapje alweer fit en gezond is.

En het gaat nu super goed met haar zindelijkheidstraining! In een week tijd hebben we zo’n grote vooruitgang geboekt, wat super is om te zien. Het begon dat ze weigerde de luier aan te trekken. Dus liep ze thuis de meeste van de tijd met haar billen bloot. Maar daardoor beseft ze nu heel goed wanneer ze moet plassen! Dan gaat ze gewoon op het potje zitten, zonder dat we haar te hoeven herinneren. Tot nu toe nog geen ongelukken gehad (even afkloppen), en veel luiers bespaard omdat ze dan alleen tijdens het slapen en naar buiten gaan nog wel een luier aan heeft. We hopen dan echt voor haar dat het weer snel wat warmer wordt (hoewel het nu ook niet erg koud is), want dan is het nóg comfortabeler om thuis rond te lopen zonder broek of luier. En hoewel het nu erg goed gaat met het plassen, geldt het voor het poepen nog niet helemaal. Het lijkt alsof zij haar poep ‘spaart’ om het vervolgens wanneer ze een luier aan heeft direct te uiten, hihi…Af en toe lukt het haar om de grote boodschap in het potje te doen, maar meestal is het niet zo. Het volgende huiswerk dus! 😉

some updates

Standard

blog3

Foto atas: Aku mengamati Sky sibuk memindah-mindahkan kursi dan tumpuan kaki. Sesudahnya dia melepas kaus kakinya, duduk di sofa empuknya, menaruh kakinya ke tumpuan kaki…dan bilang: “Lekker zitten!” (= duduk enak). Lalu dia mengambil sebuah buku dan membacanya sambil duduk relaxed seperti terlihat di foto  😀

Foto tengah: Ini semacam acara prakarya dan menggambar bersama, suatu siang, seminggu sekali di supermarket besar tempat kami tiap hari berbelanja (jadi menggambarnya di tengah-tengah daging dan ayam, hehe…). Asyik lho, selain menggambar Sky juga mendapat segelas jus apel dan boleh makan pisang yang ditaruh di meja. Sesudahnya Sky terlihat “lebih pintar” menggambar (yah, biarpun memang bisa dipertanyakan apa artinya lebih pintar menggambar…). Sebelumnya kalau menggambar dia selalu menarik garis-garis atau titik-titik kecil-kecil, seolah-olah kurang percaya diri untuk menggambar yang lebih besar. Di awal acara prakarya ini gaya gambarnya juga masih seperti itu. Tapi dia sering berhenti dan melihat ke anak-anak lain yang lebih tua, mengintip gambaran mereka. Dan perlahan tapi pasti garis-garis gambarnya menjadi semakin panjang dan besar. Titik-titiknya menjadi lingkaran, spiral dan garis-garis paralel panjang dalam berbagai macam warna. Bagus! 🙂

Foto bawah: Selalu menyenangkan di perpustakaan. Sekarang kami makin sering pergi ke sana karena Sky sedang hobby banget membuat puzzel. Kami sudah meminjam sekitar 5 jenis puzzel (dan sering menukar-nukarnya juga), tapi kadang tetap tidak cukup juga. Setelah semua dibuat dia tetap minta yang baru, dan ada syaratnya, seperti yang dia bilang hari ini: “Andere! Niet zo makkelijk!” (= Yang lain! Jangan terlalu gampang!) Hahaha…padahal kalau diberi puzzel yang agak besar dan dia merasa kesusahan, bakal memanggil mama dan bilang: “Mama helpen. Beetje moeilijk.” (= Mama tolong. Agak susah) 😀

Ngomong-ngomong tentang ucapan-ucapannya yang lucu, ini ada beberapa contoh dari beberapa hari belakangan ini:

– Siang ini dia susah tidur lagi (padahal tadi pagi berenang sama papa, sedang menjajaki apakah kami akan berlangganan rutin acara berenang untuk anak-anak. Seharusnya dia capek ya habis berenang). Setelah ritual seperti biasanya sebelum tidur siang, membaca buku agak lama, mengucapkan selamat tidur pada semua boneka, dan sesudah turun dipanggil naik ke atas sekali lagi, aku melihat bahwa dia tetap belum terlalu mengantuk. Jadi aku memberinya sebuah buku kecil untuk dibaca di ranjang. Setelah beberapa saat kami mendengar bunyi “Bum!” dari kamarnya, jadi papa naik ke atas untuk menengok. Sky memandang papa dengan wajah bersalah. Bukunya tergeletak di lantai di sudut ruangan dan Sky bilang: “Boek uit” (= Bukunya habis (dibaca)) 😀

– Jam 5 sore, biasanya jam dia mulai minta menonton TV. Tapi kali ini dia masih sibuk dengan mainan-mainannya. Aku bertanya apakah dia mau menonton TV (salah ya, harusnya memang tidak usah bertanya. Tapi kadang aku sudah capek banget dan berharap bisa beristirahat beberapa menit kalau dia menonton TV): “Sky, mau menonton TV?”. Dia memandangku dan menjawab dalam bahasa campuran: “Nee, Sky sibuk”. (nee = tidak). Hihihi…

– Di children farm (foto paling bawah), setelah bermain dan melihat-lihat binatang beberapa saat aku berkata padanya: “Sky, sebentar lagi pulang ya?”. Dia menengok dan dengan muka tidak senang menjawab: “Echt niet!” (= jelas tidak!). Ini sekarang sering dia gunakan. Jadi kalau misalnya ditanya: “Ayo Sky, pakai celana dulu” –> jawabannya sama “Jelas tidak!”. Hhhhh……..

Dan ini sebuah video di mana dia sedang bermain di AH (ini supermarket besar langganan kami, sama seperti foto prakarya di atas. Memang tempatnya menyenangkan sekali). Mainannya menarik, semacam permainan untuk “recycle“, di mana kita harus memisahkan batere, kertas dan gelas, dan membuangnya di tempat sampah yang sesuai. Sky sudah jago main ini. Dan di rumah, aku bisa memintanya untuk membuang barang, tinggal bilang “plastik”, “kertas”, atau “sampah biasa”, dia akan memasukkannya ke tempat sampah yang sesuai. Canggih kan? Hehehe….;)

***

blog2

Foto’s boven: Ik zag Sky bezig heen en weer de stoeltjes en krukjes te verplaatsen. Daarna trok ze haar sokjes uit, ging op haar zachte bankje zitten, deed haar voetjes op het krukje…en zei: “Lekker zitten!” En pakte ze een boekje en ging verder lezen in een o-zo-relaxed houding… 😀

Foto’s midden: Een knutsel-en-teken middagje bij de grote AH waar wij altijd boodschappen doen. Gezellig! En Sky lijkt daarna direct “beter” te kunnen tekenen (nou ja, wat is beter eigenlijk…). Daarvoor trok ze altijd ienie mienie lijntjes en stippen, alsof ze onzeker is om groots te tekenen. Aan het begin van dit middagje had ze dat ook nog gedaan, kleine streepjes tekenen. Maar ze stopte vaak en keek naar andere (grote) kinderen die bezig waren met hun tekeningen. En langzaam maar zeker werden haar streepjes langer en groter. Het werden ook rondjes, spiraaltjes en parallelle strepen in verschillende kleuren. Mooi! 🙂

Foto’s onder: Altijd leuk in de bieb. Nu gaan we extra vaak omdat Sky op dit moment helemaal weg is van puzzelen. We hebben een stuk of 5 geleend (en vaak gerouleerd), maar soms is het nog steeds niet genoeg. Moet ze toch een nieuwe hebben, en dan het liefst, zoals ze zelf vandaag zei: “Andere! Niet zo makkelijk!” Hahaha…terwijl als ze bij een grote puzzel al een tijdje gepuzzeld heeft en het schiet nog niet op, komt ze bij mij terug en vraagt: “Mama helpen. Beetje moeilijk”. 😀

Over grappige uitspraken gesproken, hier nog een paar van de afgelopen dagen:

– Vanmiddag kon ze weer moeilijk in slaap vallen (terwijl ze vanmorgen met papa heeft gezwommen bij peuterzwemmen, het lijkt mij vermoeiend voor zo’n kleintje!). Na de gewone rituelen en iets langer boekjes voorlezen en met knuffels knuffelen, en na nog een keer naar boven “geroepen” te worden, zag ik dat zij nog geen slaap had. Dus gaf ik haar een klein boekje om zelf nog verder te lezen en ging ik naar beneden. Na een tijdje hoorden we “kaboom!”. Papa ging even kijken. Sky keek hem met een schuldig gezicht aan toen hij de kamer binnenkwam. Het boek lag ergens op de vloer en Sky zei: “Boek uit”. 😀

– 5 uur ‘s middags, meestal begint zij al te zeuren om tv te kijken. Maar deze keer is zij nog bezig met van alles en nog wat. Ik vroeg toch voor alle zekerheid (stom, moet ik eigenlijk niet doen natuurlijk. Maar soms ben ik zo moe en een paar minuten rust als zij tv zit te kijken is heel erg welkom!): “Sky, wil je tv kijken?” (in het Indonesisch natuurlijk). Ze keek me aan, en antwoordde in een mengelmoes taal: “Nee, Sky sibuk”. (sibuk = druk bezig). Hihihi…

– Bij de kinderboerderij (foto helemaal onderaan), zei ik tegen haar: “Sky, we gaan bijna naar huis, oke?”. Ze keek me verontwaardigd aan en zei: “Echt niet!”. Dit zegt ze nu trouwens best vaak. Dus zoiets: “Kom Sky, je broek aantrekken” –> “Echt niet!” Enzovoorts…

En een video van een nuttig spelletje bij de AH (wat zijn we toch grote fan van deze winkel hè! Hihi). Een soort “recycle” spel, waar je de batterijen, papier en glazen moet scheiden en in de juiste prullenbak gooien. Sky kan dit spel al feilloos spelen. En thuis kan ik haar gewoon vragen om “plastic”, “papier” of “gewoon” rommel in de juiste vuilnisbak te doen. Handig! 😉

blog1

blog4

dancing and hugging bears

Standard

blogKemarin Sky menonton film dokumenter tentang beruang, bersama dengan papa. Dia melihat dua ekor beruang sedang berkelahi, dan berkata dengan riang: “Beertjes dansen!” (= beruang berdansa). Setelahnya ada adegan beruang kawin, dan komentarnya (dengan suara lembut): “Knuffel, liefff…” (= berpelukan, manisss…)

Betapa dunia memang indah kalau dilihat dari sepasang mata anak yang masih polos… 🙂

***

Sky keek gisteren, samen met papa, een documentaire over beren. Ze zag twee vechtende beren en zei opgewonden: “Beertjes dansen!”. Daarna een scene over parende beren, en haar commentaar (met zacht stemmetje): “Knuffel, liefff…”

Wat is de wereld toch mooi door een paar onschuldige kinderoogjes… 🙂