Monthly Archives: July 2016

chickenpox

Standard

blog 1a

Yang tadinya kami kira digigit nyamuk, ternyata beneran cacar air. Hampir semua teman Sky sudah pernah kena, di sekolah juga saat ini sedang wabah, jadi memang tinggal menunggu hari H-nya saja.聽Karena cepat atau lambat pasti semua kena juga, jadi memang lebih cepat kena lebih baik. Di sini para orang tua justru senang kalau anaknya kena cacar air, atau penyakit umum anak-anak lainnya. Buat kami juga timing-nya bagus nih, karena 2 minggu lagi libur panjang musim panas bakal dimulai.

Setelah 2 hari, saat ini Sky punya sekitar 10 benjolan di tubuhnya (yang mana yang dua pertama sudah kelihatan kering, dan yang 3 terakhir masih kecil sekali). Kami mengira besok atau lusa bakal muncul lebih banyak, tapi kalau bertambahnya seperti sekarang ini, pelan-pelan begitu, rasanya jumlahnya tidak akan mencapai ratusan. Tapi entah juga ya…

Hari ini dia tetap ingin masuk sekolah. Saat聽waktunya makan siang aku menjemputnya dari sekolah, tapi sesudah makan dia tetap minta balik ke sekolah,聽jadi penuh sampai jam 3. Di foto terlihat gambar dan prakarya yang dibuatnya hari ini di sekolah. Sepulangnya di rumah, dalam setengah jam dia sudah pulas terlelap di pangkuanku. Tentunya capek sekali. Dan demam. Sama seperti kemarin, menjelang sore suhu badannya naik sedikit. Dan pergi tidur sejam lebih cepat. Yang agak menyebalkan, biarpun jumlah benjolannya tidak banyak, tapi setiap muncul benjolan baru dia kesakitan, dan sesudahnya gatal. Memang tidak enak melihat anak sakit begini, tapi setiap kali kami disadarkan betapa manisnya anak ini, bahkan saat sedang sakit sekalipun. 馃檪 Semoga cepat sembuh ya nak, dan semoga benjolan selanjutnya tidak terlalu sakit atau gatal.

***

blog 1Wat we eerst dachten wat muggenbulten waren, blijken toch echt waterpokken te zijn. Bijna al Sky’s vriendjes hebben het al gehad, en op school heerst het ook, dus het zit er aan te komen. Volgens velen moeten we er maar blij mee zijn dat Sky het nu ook (eindelijk) krijgt, want hoe sneller hoe beter, en omdat iedereen het toch een keertje vroeg of laat gaat krijgen. Voor ons is de timing ook perfect, gezien de lange vakantie die over 2 weken begint.

Na 2 dagen, op dit moment heeft Sky zo’n 10 bultjes (waarbij de eerste twee al ‘klaar’ zijn en de laatste 3 nog mini-bultjes zijn).聽We verwachten nog meer, maar zoals het nu er uit ziet, zal ze geen honderden bultjes krijgen. Maar je weet maar nooit…

Vandaag wilde ze graag naar school. Voor lunch heb ik haar van school gehaald, maar ze wilde toch graag terug, tot 3 uur. Op de foto haar werkjes van vandaag op school. Een volle dag dus, en een half uur na thuiskomst聽viel ze in slaap op mijn schoot. Gisteren en vandaag heeft ze ‘s avonds een verhoging, en gaat vroeg naar bed.聽De bultjes die ze al heeft聽zijn aan het begin pijnlijk, en geven jeuk. Het is nooit leuk om te zien dat je kind ziek is, maar oh wat is ze toch een lief kind. 馃檪 We hopen dat ze snel beter wordt, en dat het mee gaat vallen met de bultjes, de pijn en de jeuk.

blog 1b

treasures in the pocket

Standard

blog 3

Hari ini -akhirnya!- cuaca menghangat juga, jadi terasa musim panasnya. Hari yang sempurna untuk mencuci jaket-jaket. Termasuk jaket hijau favoritnya Sky. Supaya besok sudah kering dan bisa dipakai lagi. Karena ramalannya besok bakal mendingin lagi sekitar 7 derajat.

Aku hampir lupa untuk mengecek, tapi untung saat meraba kantong jaketnya aku merasakan ada sesuatu di dalamnya. Nah, kata “sesuatu” itu kita ganti saja dengan “koleksi lengkap” ya, hehe…segala benda-benda aneh meluncur keluar waktu kantongnya aku kosongkan. Semua dia temukan di halaman sekolah, jawabnya waktu聽kutanya. Bahwa dia memang seorang pengumpul atau kolektor, itu sudah jelas dari kapan-kapan hari. Tapi kali ini…hmm…istimewa juga ya. Coba deh, bisa nggak kamu mengidentifikasi benda-benda seperti yang terlihat di foto di atas? 馃槈

Sejujurnya, memang aku punya andil dalam membentuk watak pengumpul-nya ini. Aku selalu mengajarinya untuk mengamati lingkungan sekitar kami dengan seksama, untuk menemukan benda-benda dan momen unik, dan untuk menikmati semua hal kecil yang cantik itu. Tapiii…biasanya aku juga mengajarinya untuk tidak perlu membawa pulang semuanya (bahwa orang lain juga jadi bisa menikmati). Biasanya kalau kami berada di luar rumah dan dia menemukan segala sesuatu yang menarik, dia boleh membawa pulang 1 di antaranya. Misalnya batu kecil unik, kulit kacang pohon, setangkai bunga, bulu burung… Sekarang aku sadar bahwa ada satu hal lagi yang harus aku ajari. Yaitu bahwa dia hanya boleh membawa pulang benda-benda kecil dari alam, dan bukan dari manusia (sekeping plastik, tali, bungkusan, bahkan plester bekas…)

***

Vandaag is het -eindelijk!- lekker warm, een echte zomerdag.聽Een goede dag om de jassen te wassen. Sky’s favoriete groene jas ook, dan is het morgen weer droog en kan ze het weer aan. Als het echt 7 graden minder dan vandaag is, zoals verwacht.

Ik was bijna vergeten om te checken, maar voelde net op tijd dat er iets in de jaszak zat. Nou…dat “iets” kunnen we gerust met “een hele verzameling” vervangen. Allerlei bizarre voorwerpen rolden eruit. Alles heeft ze op het schoolplein gevonden, zei ze achteraf. Dat zij een verzamelaar is, is inmiddels wel duidelijk. Maar dit is wel erg…euh…bijzonder. Kun je al die dingen, zoals op de foto te zien zijn, identificeren? 馃槈

Ik moet wel eerlijk toegeven, dat ik een bijdrage heb geleverd in haar verzamel-gedrag. Altijd heb ik haar geleerd om goed in onze omgeving te kijken, om de mooie en bijzondere dingen en momenten te bespeuren, en om te kunnen genieten van al dat kleine moois. Maarrr…ik zeg wel meestal bij dat zij niet alles hoeft mee te nemen (andere mensen willen er ook van genieten!). Meestal mag zij van mij 1 ding meenemen als wij buiten zijn, zij het een mooi steentje, een notendop, een bloemetje, een veertje… Nu besef ik dat het ook misschien handig is om haar te leren dat ze alleen kleine聽spulletjes uit de natuur mag meenemen, en niet die van de mensen (stukje plastic, touw, verpakking, en zelfs een gebruikte pleister…)

blog 4

 

I love you soooo….

Standard

blog 1

Terinspirasi oleh cerita seekor kelinci kecil dan ayahnya yang setiap hari saling bertanya:聽‘coba tebak seberapa besar rasa sayangku padamu?’, sudah beberapa waktu ini sebelum tidur kami dan Sky juga saling mengajukan pertanyaan yang sama.

Jawaban yang standar, seperti: sebanyak pasir di pantai, atau sebanyak bunga-bunga di taman, atau sebanyak bintang di langit, sudah menjadi terlalu biasa. Akhir-akhir ini kami (terutama Sky) makin kreatif saja mengarang jawabannya:

  • Aku sayangggg sekali padamu, seperti bulan yang bersinar. Karena dia bersinar tiap hari kan.
  • Aku sayangggg sekali padamu, sebanyak sejuta dan seratus juta dan enam belas dan seratus. Banyak kan itu?
  • Aku sayangggg sekali padamu, sampai zamannya dinosaurus. Tapi dino-nya sudah lama punah聽sih.
  • Aku sayangggg sekali padamu, sampai Belanda dipotong jadi kecil-kecil. Nah berarti kita semua sudah mati. Tapi akan terus tumbuh manusia-manusia baru, dan begitulah seterusnya, berulang dan berulang…
  • Aku sayangggg sekali padamu, seperti sebuah rumah yang dibagi-bagi sampai kecil sekali. Lebih kecil dan tipis dari selembar rambut.
  • Aku: Dan mama juga聽sayangggg sekali padamu, dari sini sampai ke pantai dan kembali lagi.
    Sky: Hmm…itu nggak terlalu jauh lho聽mama! Kita bikin jadi sampai Australia aja yuk?

NB: Semua foto adalah foto hari ini. Tadi kami mengunjungi sebuah food festival. Kombinasi cuaca cerah hangat, makanan dan minuman enak, suasana santai diiringi musik dari band di panggung…asyik banget! 馃檪

***

blog 1b

Ge茂nspireerd door het bekende verhaal van Grote haas en Hazeltje (‘raad eens hoeveel ik van je hou’), is het bij ons al een tijdje elke avond voor het slapen gaan dezelfde standaard vraag (en een zeer grote variaties aan antwoorden): “Hoeveel houd je van mij? Ik houd z贸veel van jou als… ”

De ‘bekende’ antwoorden hebben de revue al gepasseerd (zoveel als het zand op het strand, of als alle bloemen in de wei, of als sterren in de hemel). De laatste tijd zijn wij (vooral Sky) steeds creatiever聽met de antwoorden:

  • Ik houd z贸oo veel van jou, als de maan die schijnt. Want die schijnt elke dag.
  • Ik houd z贸oo veel van jou, zoveel miljoen en honderd miljoen en zestien. Dat is veel h猫?
  • Ik houd z贸oo veel van jou, tot de tijd van de dino’s. Maar die leven al lang niet meer.
  • Ik houd z贸oo veel van jou, tot Nederland in stukken wordt gehaakt. Nou dan zijn wij allemaal al dood. Maar er groeien weer nieuwe mensen, en zo gaat het maar door en door…
  • Ik houd z贸oo veel van jou, als een huis in heel veel kleine stukjes, nog kleiner dan een haartje.
  • Ik: En ik聽houd ook z贸oo veel van jou, van hier en naar het strand en dan weer terug.
    Sky: Hmm…dat is niet zo ver hoor mama! Zullen we daar Australi毛 van maken?

PS: Alle foto’s zijn van vandaag. We zijn naar een food festival geweest. De combinatie van heerlijk weer, lekker eten en drinken, gezellige plek met leuke bandjes op de achtergrond betekent gewoon… genieten! 馃檪

blog 1a

for a better combination

Standard

blog 1Hampir waktunya tidur buat Sky. Dia sudah selesai mandi, sudah disemir body lotion…tinggal pakai piyama. Memilih dan mengenakan sendiri baju piyama lengan panjang Hello Kitty. Lalu minta celana panjang piyama, karena: “kemarin kakiku lumayan kedinginan lho” (memang kemarin dia tidur cuma memakai baju dan celana dalam). Okelah. Dia memilih celana warna pink muda; “warnanya pas deh dengan baju Hello Kitty-nya”.

Lalu dia menuju keranjang kaus kaki. Wah, apa nggak kepanasan nanti memakai kaus kaki di bawah selimut? Memang musim panas ini sampai sekarang masih rada adem dan hujan melulu, tapi rasanya tidak terlalu dingin sampai harus memakai kaus kaki saat pergi tidur. Sky menepis kekhawatiran kami: “Enggaklah. Ini karena kombinasinya jadi bagus kan. Lihat nih, kaus kaki pink tua ini, cocok kan dengan piyamanya?” 馃榾

***

Het was bijna bedtijd voor Sky. Ze heeft net gedoucht, was met cr猫me ingesmeerd, en ging haar pyjama aantrekken. Een zelf gekozen Hello Kitty trui met lange mouwen. Daarna vroeg ze om een lange pyjamabroek. Want: “Gisteren hadden mijn benen het best koud” (toen heeft ze in haar聽trui en onderbroek geslapen). Prima. Ze koos voor een bijpassende roze broek; “de kleur past goed bij de Hello Kitty trui”.

Daarna ging ze richting de sokken-bak om een paar sokjes uit te kiezen. Nou, wordt het niet te warm onder de deken? Het is tot nu toe inderdaad een frisse zomer geweest met ontelbaar aantal druppels water uit de lucht, maar zo koud is het ook niet om sokken in bed te dragen. Sky wuifde onze vraag weg met: “Nee hoor. Het staat gewoon mooi. Kijk, deze donkerroze sokken, passen mooi toch bij de rest?” 馃榾

caring and curious

Standard

blog 1a

Dua kata yang menggambarkan karakter Sky: penuh perhatian dan penuh rasa ingin tahu.

Papa baru-baru ini bertugas ke luar negeri untuk mengunjungi klien. Pada hari keberangkatan, Sky bertanya: “Papa, sudah mengepak koper belum?” Sesudah dijawab ‘ya’, dia bertanya lagi: “Bawa baju berapa, 2 atau 3?”
Dan waktu papa malamnya menelepon, Sky bertanya: “Mama dan aku lagi makan nih pa. Nanti malam papa makan apa di sana?”

Dia selalu senang kalau dijelaskan tentang sesuatu, semakin sabar dan berkonsentrasi untuk mendengarkan, dan pertanyaannya juga semakin rumit (tapi sekaligus makin asyik). Malam ini waktu aku mengantarnya pergi tidur, dia bertanya macam-macam:

“Bagaimana sih dulu itu ma, waktu orang belum punya ranjang dan tempat tidur? Mereka tidur di mana tuh?”
“Dan bagaimana caranya mereka tahu waktu, waktu聽belum ada jam? Dan nggak ada telefon juga?”
“Dan…o sebentar…nggak jadi, yang ini aku sudah tahu sendiri. Tadinya aku mau bertanya bagaimana waktu belum ada wc. Tapi aku tahu, mereka buang airnya ya di luar saja, ya kan?!” 馃榾

O ya, sore tadi Sky les berenang untuk pertama kalinya lho! Di Belanda yang namanya belajar berenang itu urusan serius. Maklum, negaranya di bawah air sih, hehe… Semua anak usia 4 atau 5 tahun mulai les berenang, dan lamanya bisa sampai 2 tahun sampai lulus dan mendapat diploma. Jadilah mulai sekarang setiap Jumat sore sepulang sekolah kami akan mengantarnya ke kolam renang (kecuali kalau libur panjang sekolah). Les pertama tadi berjalan lancar, dia masih terlihat berhati-hati, tapi juga tampak menikmati. 馃檪

***

blog 1b

Het zijn twee woorden die Sky’s karakter goed beschrijven: zorgzaam en nieuwsgierig.

Papa was een paar dagen weg voor een klantbezoek in het buitenland. Op de dag van vertrek, vroeg Sky: “Papa, heb je je koffer al ingepakt?” Na een ‘ja’ antwoord vroeg ze verder: “Hoeveel kleren heb je meegenomen, 2 of 3?”
En toen papa ons ‘s avonds belde zei聽Sky door de telefoon: “We zijn aan het eten papa. Wat ga je zo eten als avondeten?”

Ze vindt het altijd leuk om iets uitgelegd te krijgen, heeft het geduld en concentratie er voor. Haar vragen worden ook steeds ingewikkelder (en leuker!).
Vanavond toen ik haar naar bed bracht, vroeg ze:
“Hoe was het toen mama, toen mensen nog geen bed hadden? Waar sliepen ze dan?”
“En hoe konden ze de tijd weten, toen er nog geen klokken waren? En ook geen telefoon?”
“En…o wacht, nee, dit weet ik zelf al. Ik wilde vragen hoe het toen was toen er nog geen wc’s waren. Maar ik weet het, ze doen ‘het’ gewoon buiten, toch?!” 馃榾

Oja, iets heel anders, vandaag heeft Sky haar eerste zwemles gehad! Ze deed het super, en vond het ook heel leuk! 馃檪

blog 1