Monthly Archives: April 2013

hooray to the new king!

Standard

20130430 -k

Mama berumur 1 tahun (kurang sedikit sih…) waktu Beatrix dimahkotai menjadi ratu Belanda. Hari ini, 33 tahun kemudian, putri kecil mama juga berumur 1 tahun saat Belanda mengalami pergantian tahta dari ratu Beatrix ke raja baru: raja Willem-Alexander!

***

Mama was 1 jaar oud (nou ja, bijna 1 jaar dan) toen Beatrix als koningin gekroond werd. En vandaag, 33 jaar later, is mama’s dochtertje ook 1 jaar oud als Nederland een nieuwe koning krijgt: koning Willem-Alexander!

13 months old! ♥

Standard

headphone on -kk

Wah, kok benda ini bisa mengeluarkan musik ya!!  (tentunya sayup-sayup saja ya…)

Sky hari ini genap berusia 13 bulan. Semakin pintar ‘ngomong’ biarpun kami nggak mengerti apa yang diomongkan, hehe. Walaupun begitu semakin sering keluar bunyi yang mirip kata-kata betulan. Kata terakhirnya yang diucapkan dengan jelas adalah ‘daar’ (artinya = di sana), kalau dia menunjuk suatu benda yang ada di kejauhan. Sayangnya tetap bukan tukang tidur. Tidur malamnya kadang-kadang bagus, bisa nonstop dari malam sampai pagi, tapi kadang terbangun lagi beberapa kali dalam semalam. Nafsu makannya jelas terasa berkurang. Katanya memang normal di usia segini, karena dia sudah pintar berjalan jadi juga kebutuhan energinya berkurang. Untungnya makannya masih gampang, doyan segala. Bermain sendirian juga dia tidak suka. Paling lama bisa bermain sendiri beberapa menit, tidak lebih lama dari itu. Tapi bermain bersama mama atau papa…wah seru banget! Jadi sepanjang hari kami sibuk dengannya, tidak tersisa waktu sedikitpun untuk hal-hal lain. Ah, tapi anak ini memang lucu dan pintar banget sih ya (tetap saja senang lho kalau ada yang memuji begitu, kadang bahkan orang asing di jalan atau di toko juga bilang begitu, hehe…kalau kami ortunya tentunya sudah lama percaya ya, haha!) 😉

***

Er komt muziek uit dit ding!!  (wel heel zachtjes hoor…)

Sky is vandaag 13 maanden oud. Brabbelt al hele zinnen zonder dat we haar kunnen verstaan. Nou ja, er komen steeds meer klanken die op woorden lijken, de laatste was ‘daar’ als zij een voorwerp iets verderop aanwijst. Nog steeds een moeilijke slaper, dat wel. ‘s Avonds zo’n beetje om en om, de ene dag slaapt ze door en de dag daarna wordt ze op een avond 2 keer wakker. Haar eetlust is duidelijk iets minder geworden. Het schijnt normaal te zijn, omdat ze al goed kan lopen en dus minder energie verbruikt. Maar nog steeds lust ze alles, gelukkig. Alleen spelen vindt ze niet zo leuk. Hooguit een paar minuten kan ze het doen, niet langer. Maar met ons spelen..nou dat is altijd dolle pret! We hebben dus onze handen helemaal vol aan haar. Maar het is zo’n leuke en pientere meid hè… Het blijft toch super leuk als iemand dat tegen ons zegt, soms ook van een vreemd iemand op straat of in de winkel. Zelfs geloven we dat natuurlijk al lang! 😉

our saturday

Standard

saturday collage -kk

Hari Sabtu kami: pergi ke sebuah gedung pertemuan dekat rumah karena ada pameran dan ajang jual-beli mobil bekas. Bukan karena kami mau ganti mobil, tapi karena ini acara gratis di mana kami bisa “melepaskan” Sky dan membiarkannya berjalan-jalan dan melihat-lihat. Setiap hari kami mencoba menyalurkan energinya dengan mencari tempat-tempat seperti ini. Sayangnya tidak terlalu banyak tempat yang ramah anak, tempat atau fasilitas publik di mana Sky bisa berjalan-jalan dengan aman sesuka hatinya. Perpustakaan, taman bermain dan mall sebelah rumah…itu saja tempat di mana kami hari-hari ini sering membawa Sky. Tadi juga kami mampir ke taman sebentar. Tidak lama, karena cuaca dingin. Tapi biarpun sebentar Sky tetap senang bermain dengan air mancur dan meluncur dipangku papa dari perosotan. Sepulangnya ke rumah kami punya kejutan buat dia: meja bermain dengan balok-balok besar warna-warni. Semacam Lego, tapi agak beda. Dia suka, walaupun lebih tertarik memasukkan dan ‘mencicipi’ balok-baloknya di mulut, tapi sudah mulai mencoba menumpuk-numpuk dan membangun sesuatu. Dan papa juga suka kok bermain dengan mainan sejenis ini, hehe…

***

Onze zaterdag: eerst naar Ahoy omdat er een auto occasion show aan de gang is. Niet omdat wij een nieuwe auto zoeken, maar omdat het zo’n (gratis) evenement is waar wij Sky kunnen “loslaten”. Elke dag weer proberen we haar energie goed te besteden door zulke plekken op te zoeken. Het blijft jammer dat er niet zo heel veel kindvriendelijke, openbare plekken zijn waar Sky ongestoord en veilig haar gang kan gaan. De bieb, de speelparken, het winkelcentrum…daar blijven we maar voorlopig rouleren. Vandaag zijn we ook even naar het park geweest. Een beetje fris en we bleven dus niet zo lang, maar Sky heeft toch lekker de fontein bewonderd en met papa gegleden. Thuisgekomen hebben we voor haar een verrassing: een speeltafel met grote blokken (lego-achtig, maar iets anders). Ze vindt het leuk, eigenlijk meer om al de blokken in haar mond te proeven, maar ze heeft toch iets geprobeerd te bouwen. En papa vindt het ook leuk om mee te spelen!

first ponytail

Standard

first ponytail -kk

Hasil karya papa nih: kuncir rambut Sky yang pertama! Hehe…Poni-nya sudah panjang lagi, sudah sampai ke mata lagi, jadi kami harus memilih antara memotongnya atau sementara menjepit atau menguncirnya. Hmm, belum tahu mau memilih yang mana…

***

Papa’s creatie: Sky’s eerste haar-staartje! Hihi…haar pony is alweer lang, het komt al voor haar ogen. Dus we moeten nu kiezen tussen het weer knippen of voorlopig met clipjes e.d. het opzij te zetten…hmm, we weten het nog niet…

going outside!

Standard

blog

Cuaca cerah dan hangat, jadi kami seharian berada di luar rumah. Ke taman, bermain dengan air (mancur) dan pasir, memetik bunga, meluncur dari perosotan…tentu saja disemir dulu dengan sunblock dan dilengkapi dengan kacamata hitam (yang tidak tahan lama di atas hidungnya). Kalau pergi ke tempat baru, Sky selalu harus mulai pelan-pelan dulu, tidak bisa langsung aktif beraktivitas. Selalu menempel mama dulu dan melihat-lihat sekitarnya sampai dia merasa yakin untuk melangkahkan kakinya sendiri dan mulai mencoba-coba hal baru.

***

Lekker weer, lekker veel buiten! Naar het park, met water (fontein) en zand gespeeld, bloemetjes geplukt, van de glijbaan gegleden…natuurlijk eerst de zonnebrandcreme insmeren en de zonnebril op (hij blijft niet zo lang zitten…). Sky moet altijd eerst even wennen wanneer wij op een nieuwe plek komen. Dan blijft ze eerst bij mama ‘plakken’ om de omgeving rustig te bekijken en te verkennen. Pas na een tijdje wil ze zelf een beetje gaan lopen en de boel zelf proberen.

playing at the library and some video’s

Standard

bieb Feyenoord -kk

Pagi ini Sky asyik bermain di perpustakaan (dan siangnya ke taman). Bukan perpustakaan kota seperti kali-kali sebelumnya, tapi perpustakaan cabang saja di dekat rumah. Itupun sudah seru banget karena ada bagian khusus anak-anak, dengan banyak buku dan mainan-mainan yang menarik. Oh senangnya Sky di sana! Dia mulai dengan mengamati dan ‘membaca’ buku-buku, lalu dia mau duduk bermain dengan komputer karena melihat seorang anak laki-laki yang juga melakukannya. Duduk di naga-goyang, heboh bermain masak-masakan di dapur mini, naik turun tangga perpustakaan dengan penuh semangat (tentunya dibantu dan di bawah pengawasan penuh mama!), dan sesudahnya membuang semua mainan dan buku-buku ke tempat sampah, hehehe…ini karena akhir-akhir di rumah, kami melatihnya untuk membuang sampah di tempatnya, tapi ternyata dia belum bisa membedakan mana sampah dan mana yang bukan. Pokoknya semua dibuang ke tempat sampah, haha… Popok kotornya sekarang selalu dia buang sendiri, bisa dilihat di video ini. Dia mau sebanyak mungkin mengerjakan hal-hal sendiri, marah-marah kalau tidak berhasil dan marah juga kalau terlalu banyak kami bantu. Di sini bisa dilihat bahwa dia mau membantu mama menyedot debu, salah satu kegiatan favoritnya. Begitu kami selesai menyedot debu (dan mengatakan ini kepadanya) dia langsung berlari ke stopkontak dan memandang kami penuh harap, karena dia mau menarik keluar kabelnya sendiri! Mainan telefon ini baru-baru saja menarik perhatiannya. Sekitar sebulan lalu kami sudah mengenalkannya, tapi waktu itu dia tidak tahu bagaimana cara memainkannya. Tiba-tiba saja dia sekarang mengerti, jadilah telefon-nya ditarik mundur keliling kamar, hehe… Dan video yang terakhir berasal dari waktu dia belum tidur di tenda. Jadi masih ada kasur di bawah sofa, tempat kesukaannya untuk membuang energi, hehe, karena dari situ dia bisa memanjat sofa sendiri (dan jatuh juga dari sofa, tapi aman kok jatuhnya, tenang saja) dan melempar-lempar semua barang yang ada di dekatnya… Oya, siang tadi sepulangnya dari perpustakaan dia tidur siang 2 jam lho, hampir tidak pernah terjadi tuh tidur selama itu. Sebegitu capek dan puasnya dia… 😉

***

Vanmorgen heeft Sky lekker bij de bibliotheek gespeeld (en ‘s middags naar het park). Niet de centrale bibliotheek zoals de vorige keren, maar gewoon eentje vlakbij ons huis. Het heeft een speciale kinderafdeling met veel leuke boeken en speelgoed, en o wat heeft Sky er plezier in! Eerst ging ze alle boeken bekijken, daarna wilde ze achter de computer zitten omdat zij een ander jongetje dat ook zag doen. Op de draken-schommel gezeten, heel lang met het keukentje gespeeld, de trap met veel enthousiasme een paar keer beklommen en alle speelgoed in de prullenbak gegooid, haha…Thuis hebben we haar de laatste tijd vaak getraind om alle afval in de prullenbak te gooien, maar onderscheid maken tussen rommel en geen rommel weet Sky dus nog niet zo goed. Haar vuile luier gooit ze nu altijd zelf weg, zie deze video. Ze wil zoveel mogelijk zelf doen, wordt boos als iets niet lukt en wordt ook boos als we haar teveel willen helpen. Hier helpt ze mama met stofzuigen, een van haar favoriete activiteiten. Zodra wij klaar met stofzuigen zijn (en dat ook tegen haar zeggen) rent ze direct naar het stopcontact toe en keek ze ons hoopvol aan omdat ze de snoer wil uittrekken, hihi… Een trek-telefoon speelgoed heeft haar aandacht recentelijk getrokken. Zo’n maandje geleden hebben we het ook al aan haar laten zien, maar toen wist ze niet wat ze ermee moest doen. Maar nu ineens begrijpt ze het en trekt ze de telefoon door de hele kamer. En de laatste video komt uit de tijd voordat zij in de tent slaapt, dus er ligt nog een matras onder de bank, wat voor haar een perfecte plek is om haar energie te besteden: de bank beklimmen (en van de bank vallen, maar wel veilig hoor, wees niet bang) en allerlei spulletjes in de lucht gooien… Oja, en teruggekomen van de bieb vanmiddag heeft Sky 2 uur over haar middagdutje gedaan, wat bijna nooit voorkomt! Zo moe en tevreden was ze… 😉

children fair at the park

Standard

collage -kk

Hari Minggu kemarin ada pesta anak-anak multi-budaya di taman dekat rumah. Sky sampai bengong saking senangnya melihat betapa banyaknya anak-anak lain berkeliaran di sana, dia melambai-lambai dan tertawa-tawa terus ke semua orang, hehe…melihat mainan-mainan yang ada (banyak tempat meloncat-loncat seperti kasur yang berisi udara), mendengarkan musik yang dimainkan band dan marching band, segala keramaian…pokoknya dia hepi banget deh. Kami juga, karena banyak makanan dan cemilan enak dari bermacam-macam budaya, hehe…

***

Zondag was er een multicultureel kinderfeest bij het Zuiderpark, vlakbij ons huis. Sky keek haar ogen uit met zoveel andere kindjes (ze bleef maar flirten met iedereen!), al de speeltoestelen (veel kleurijke opgeblazen springkussens), bandjes, muziek en al de drukte. Leuk voor haar, en lekker voor ons (veel lekkere hapjes uit verschillende culturen!).