Tag Archives: vader dochter

swallow wisdom

Standard

blog 5

Joop: “Lihat itu, ada sepasang burung walet terbang tinggi di langit…kelihatan nggak?”
Sky: “O yaaa, kelihatan!”
Joop: “Tahu nggak Sky, zaman dulu para petani yang bijaksana bilang; kalau burung walet terbang tinggi, berarti cuaca bakal bagus. Karena berarti serangga makanan mereka juga terbang tinggi. Tapi kita kan nggak bisa melihat serangga, jadi yang kita lihat burung waletnya.”
Sky: “Jadi besok cuaca bakal cerah?”
Joop: “Ya rasanya begitu.”

*Kucing tetangga ikut mendengarkan…* 😀

***
Joop: “Kijk daar, een paar zwaluwen vliegen hoog in de lucht…zie je ze?”
Sky: “O jaaa, ik zie ze!”
Joop: “Weet je Sky, er is een boerenwijsheid over zwaluwen. Als ze hoog vliegen, dan is er mooi weer op komst. Dat komt omdat de insecten die ze eten dan ook hoog vliegen, maar ja die kunnen we niet zien en die zwaluwen wel.”
Sky: “Dus we krijgen morgen mooi weer?”
Joop: “Ja dat denk ik wel.”

*De kat van de buren luisterde ook mee…* 😀

blog 5a

blog 5b

children are honest – our first encounter

Standard

blog1Pagi tadi kami mengikuti acara bulanan ‘membaca bersama’ di perpustakaan. Ibu dari perpus membawa sebuah boneka beruang, Buli namanya. Buli hanya mengenakan kaos singlet dan celana dalam, keduanya berwarna putih totol-totol biru. Sesudahnya seperti seorang tukang sulap dia mengeluarkan satu-persatu pakaian Buli lainnya dari setiap kantong raksasa yang menempel di celana badutnya. Sky pagi tadi sangat bersemangat berpartisipasi. Duduk paling depan di tengah, dia menjawab semua pertanyaan si Ibu dengan penuh antusiasme (kadang bahkan terlalu antusias…ini akan aku bahas di pos yang lain).

Ibu: “Buli di sini mengenakan pakaian apa?”
Sky: “Baju! Dan celana dalam!”
Ibu: “Ya, bajunya namanya kaos singlet. Dan memang betul, celana dalam.”
Sky: “Dengan totol-totol biru!”
Ibu (untungnya dia sabar banget): “Betul sekali. Tapi cocokkah pakai baju begini di musim sekarang ini?”
Sky: “Yaaaa…..”
Ibu: “Apa tidak ada yang kurang?”
Sky: “Tidakkkk…..”
Ibu: “Betul tidak ada? Apa Buli beruang tidak kedinginan? Cuma memakai kaos singlet dan celana dalam begini?”
Sky: “Enggak…ehh…ya ya…(agak terbata-bata, memang selalu begitu kalau dia terlalu antusias atau justru kalau dia kurang percaya diri)…ya…tapi…tapi…papa juga selalu begitu kok!”

Seisi ruangan meledak dalam tawa. Aku duduk di belakang Sky, jadi juga di tengah ruangan, dan merasakan muka pelan-pelan menjadi hangat…hehe… Yah, anak-anak memang jujur katanya. Tapi kalau sudah betul kejadian begini ya lumayan juga malunya. 😀

Sky agak kaget dengan reaksi orang-orang. Kenapa semua tertawa ya? Begitu mungkin pikirannya.
Lalu dia menambahkan: “Harusnya memakai piyama!”

Nah, ini akan aku jelaskan sedikit, supaya adil buat papa, hehe… Enggak lho, papa Joop tidak berkeliaran sepanjang hari di rumah dengan hanya memakai celana dalam. Hanya saja dia tidur malam tanpa memakai piyama (alasannya karena nggak enak untuk bergerak saat tidur). Jadi betapapun dinginnya udara, dia tetap saja menyelinap masuk ke bawah selimut dengan hanya memakai, yak betul, celana dalam saja. Dan di pagi hari hampir selalu menjadi tugasnya untuk menghampiri Sky kalau dia memanggil kami (karena blog2mama gampang uring-uringan kalau paginya tidak dimulai dengan baik atau harus bangun terlalu pagi, sementara papa baik-baik saja. Maka itu pembagian tugas kami jadi begini). Sky tidak datang ke kamar kami, hanya memanggil saja (kami senang banget dia begitu!). Kalau masih kepagian, biasanya papa membawa selimutnya dan berbaring bersama Sky di kasur lipat yang juga kami taruh di kamar Sky, mencoba memperpanjang tidur sedikit lagi. Begitulah, jadi Sky memang melihat papa hampir setiap pagi dalam modus baju tidurnya, sebelum dia bangun, berpakaian, dan turun ke bawah bersama Sky.

Nah, masih dalam rangka relasi ayah-anak perempuan, ada satu lagi video nih (lihat di bagian paling bawah): Sky sedang sibuk “mengerjakan” kepala papa. Video ini dibuat sebelum dia betul-betul melihat apa yang terjadi di salon, waktu ikut mama potong rambut. Jadi semua yang terjadi di video ini adalah fantasinya sendiri.

***

blog3Vanmorgen was het maandelijkse voorleesuurtje bij de bibliotheek. Mevrouw van de bieb heeft een knuffelbeer bij zich, Buli heet ze. Buli heeft alleen maar een hemdje zonder mouw en een onderbroek aan, allebei wit met blauwe stippen. Daarna haalde ze als een goochelaar één voor één andere mini kledingstukjes van de beer tevoorschijn vanuit iedere grote zak van haar clown-achtige broek. Sky was in haar opperbest qua participeren. Ze zat vooraan, helemaal in het midden, en antwoordde al de vragen van mevrouw vol enthousiasme (soms té enthousiast…hierover meer in andere post).

Mevrouw: “Wat heeft Buli hier aan?”
Sky: “Een trui! En onderbroek!”
Mevrouw: “Ik denk dat dit meer een hemdje is. En inderdaad een onderbroek.”
Sky: “Met blauwe stippen!”
Mevrouw (ze is gelukkig super geduldig): “Het klopt ja. Maar hoort het zo in deze tijd, deze kleren?”
Sky: “Jaaaa…..”
Mevrouw: “Missen we niet iets dan?”
Sky: “Neeee…..”
Mevrouw: “Echt niet? Heeft Buli beer het niet koud dan? In een hemdje en onderbroek lopen?”
Sky: “Nee nee…ja ja…(beetje stotteren, doet ze altijd als ze erg enthousiast of juist onzeker is)…ja…maar…maar…dat doet papa ook altijd!”

De hele zaal barstte uit in gigantisch lachen. Ik zat achter Sky, dus ook in het midden van de groep en voelde langzaam het bloed naar mijn gezicht stromen… Tja, kinderen zijn eerlijk zeggen ze. Nou leuk hoor… 😀

Sky verbaasde zich van de reacties. Waarom lacht iedereen nou? Zo zie je haar denken.
En ze vervolgde verder: “Moet eigenlijk een pyjama aan!”

Hier komt dus mijn toelichting (wel zo eerlijk tegen papa hè): Nee, papa Joop loopt niet de hele dag in zijn onderbroek aan in huis. Hij slaapt alleen zonder pyjama (kan hij niet tegen). Dus hoe koud het ook is, kruipt hij gewoon onder de deken met, inderdaad, alleen zijn onderbroek aan. En ‘s morgens is het bijna altijd zijn taak om naar Sky toe te gaan zodra ze ons roept (mama wordt altijd super chagrijnig als haar ochtend niet goed of te vroeg begint, papa niet. Zodoende de taakverdeling). Sky komt niet naar onze kamer toe, alleen roepen, en daar zijn we hartstikke blij mee!. Als het nog erg vroeg is neemt papa dan zijn deken mee en gaat gezellig samen met Sky op de slaapbank in Sky’s kamer liggen. Ze ziet papa dus vrijwel elke ochtend in zijn slaaptenue, voordat hij zich gaat aankleden en samen met Sky naar beneden gaan.

Over vader-dochter relatie gesproken, hier nog een video van het stel: Sky is bezig met papa’s hoofd (met van alles). Het is gemaakt voordat Sky de echte gebeuren bij een kapper heeft gezien. Dus alles heeft ze zelf verzonnen.