Tag Archives: girl

watch over me as I sleep…

Standard

20160929-day-273-k

Sky, sebelum pergi tidur malam ini:
“Alice sayang (bonekanya), kamu berdiri di sini ya malam ini, jagain aku saat aku tidur ya?”
***
Sky, voordat ze naar bed ging vanavond:
“Lieve Alice (haar pop), wil je daar blijven en over mij waken als ik slaap?”

Advertisements

hip hip hurray to our 4 yo! :)

Standard

blog 0

blog 0bHari ini resmi sudah, gadis kecil kami berulang tahun yang ke-4!!! 🙂

Kira-kira 3 bulan lalu kami ngobrol tentang ulang tahunnya. Dia boleh memilih, antara merayakan ultahnya dengan mengadakan pesta ultah, atau pergi berlibur singkat bersama papa mama. Dia langsung memilih pilihan kedua, dan minta untuk pergi berlibur ke pantai. Untung ultahnya tahun ini jatuh di hari Paskah kedua (libur nasional) dan minggu sebelum hari ultahnya juga sekolah libur (tidak di semua sekolah, tapi kebetulan sekolahnya ada libur Paskah seminggu). Jadi weekend kemarin kami menghabiskan 3 hari yang menyenangkan di dekat pantai. Foto-fotonya akan hadir di pos berikutnya.

Hari ini kami merayakan ultahnya bertiga saja. Dia boleh memilih kue tart dan meniup keempat lilinnya (sekali tiup lho!), bermain dengan hadiah mainan barunya (set Playmobil-nya dia suka sekali), menonton pertunjukan teater anak, makan enak (yang menunya tentu pilihannya sendiri: kentang french fries, sosis, udang, dan wortel). Hari ulang tahun yang sangat berkesan. Dan mulai besok kami resmi mempunyai seorang anak sekolah di rumah. 🙂

blog 1a

***

Vandaag is de grote dag, onze kleine meid is nu officieel een kleuter: 4 jaar!!! 🙂

Ongeveer 3 maanden geleden hebben we met haar gepraat over haar verjaardag. Ze mocht van ons kiezen; of we haar verjaardag vieren met een verjaardagsfeest, of dat wij samen ergens naar toe op vakantie gaan. Ze koos direct voor de tweede, en wel naar het strand. Gelukkig valt haar verjaardag dit jaar op tweede paasdag, en de week voor haar verjaardag is paasvakantie (niet op alle scholen, maar toevallig wel op haar school). Dus we hebben heerlijk 3 dagen bij het strand verbleven (de foto’s komen op de volgende post).

Vandaag hebben we haar grote dag met z’n 3-en gevierd. Taart gekozen en uitgeblazen (in één keer!), met haar speelgoed cadeautjes gespeeld (de Playmobil is een schot in de roos!), naar een kindervoorstelling bij de theater, lekker gegeten (haar gekozen menu: frietjes, worstjes, garnalen en worteltjes). Een hele mooie (verjaar)dag vandaag. En vanaf morgen officieel een schoolgaand kind in huis. 🙂

blog1b

blog 0c

blog 0a

blog 00

she wants to wear nail polish

Standard

blog

Semua temannya di sekolah (bahkan yang laki-laki) memakainya, dan sahabat karibnya hampir tiap hari berganti warna: cat kuku. Sky tahu persis apa pendapat kami tentang benda itu, dan bisa mengulanginya sendiri: “Kalau aku sudah lebih besar, aku boleh memakai cat kuku juga.” Sampai saat ini kami membiarkan pengertian “lebih besar” bergantung di awang-awang. Kadang Sky bilang: “Mungkin kalau aku sudah umur 4 tahun.” (dan kali lain angkanya berganti jadi 6, dan kadang jadi 17, hehe).

Make-up (termasuk satu yang sebetulnya paling beracun: cat kuku) hanya dipakai oleh orang dewasa. Ini sudah sering kami jelaskan pada Sky sampai mendetail. Dasar anaknya memang manis dan penuh pengertian, dia menerima penjelasan kami tanpa sekalipun protes. Dan kami memang merasa bangga tiap kali mendengar dia menjelaskan pada temannya mengapa dia belum memakai cat kuku. Tapi kami juga tahu bahwa kami mungkin tidak bisa menunda terlalu lama lagi. Bukan karena kami tunduk pada ‘tekanan sosial’ dari lingkungan sekitar. Mungkin ada pengaruhnya sedikit sih, hehe, tapi terutama bahwa ini bakal menjadi pengalaman seru buat Sky. Semacam permainan, dan dengan begitu memang sudah boleh dia “mainkan”. Nah, jadi sekarang cari jalan tengahnya saja deh. Sebisa mungkin mencari cat kuku tanpa aceton. Hasil pencarian semua menuju pada cat kuku water-based, alias berbahan dasar air (jadi kalau dicuci langsung luntur). Memang hasil catnya bukan yang paling bagus, tapi yang jelas cukup aman untuk kuku-kuku kecil itu.

Sky tahu tentang jenis cat kuku khusus anak ini. Yang dia tidak tahu adalah bahwa kami sudah berencana untuk memberinya satu set cat kuku anak sebagai kejutan (belum tahu kapan sih mau memberi kadonya). Kemarin malam sebelum tidur, waktu dia duduk di pispotnya, dia bercerita lagi tentang warna-warni cat kuku yang dikenakan sahabatnya hari itu. “Mungkin aku boleh mendapat cat kuku untuk hadiah ulang tahun, mama?”, tanyanya penuh harap. Aku menjawab bahwa bisa juga untuk hadiah Natal, atau mungkin dia bisa meminta pada Sinterklaas kalau dia betul-betul ingin? (Jangan bingung ya, Sinterklaas di Belanda tidak sama dengan Santa Claus. Terpisah, jadi tidak ada kaitannya dengan hari Natal. Puncak perayaannya tanggal 5 Desember). Tapi kalau mau meminta pada Sinterklaas ya harus menulis surat atau menggambar botol cat kuku. Dua-duanya dia belum bisa, jawabnya. Tapi dia punya ide bagus:

blog2“Mama, bisa minta tolong menulis surat buat Sinterklaas? Harus ditulis seperti ini ya:
Sinterklaas, 
Ini untuk anak perempuanku. 
Dia pintar sekali makannya. Dan tidurnya juga bagus. Dan sekarang dia sedang kencing dan pup.
Dia ingin sekali mendapat cat kuku. Tapi harus yang khusus buat anak-anak ya. Karena umurku masih 3.
Nah terima kasih.
Dan di bawahnya harus kamu tulis namaku, dan namamu juga. Ya mama?” 🙂

***

Al haar vrienden op school (zelfs de jongens) hebben het, en haar beste vriendin heeft bijna elke dag een ander kleurtje: nagellak. Sky weet precies wat onze standpunt is, en zegt telkens: “Als ik iets groter ben, dan mag ik ook nagellak dragen.” We laten dat “groter zijn” tot nu toe vaag blijven. Soms zegt Sky: “Misschien als ik 4 jaar ben.” (en dan wordt het soms 6, en soms 17 jaar).

Make-up (inclusief de meest giftige vorm: de nagellak) is voor volwassenen. Dat hebben we Sky lang en breed uitgelegd, en zo lief en begripvol als ze is, accepteert ze onze uitleg zonder ooit een keer te morren. En ja, we zijn best trots als ze haar vrienden vertelt waarom ze geen nagellak draagt. Maar we weten dat het niet te lang uitgesteld kan worden. Niet omdat wij onder de ‘sociale druk’ bezwijken. Of nou ja, misschien een beetje…hihi…maar vooral dat het een dikke pret voor haar moet zijn. Een spelletje dat dan wél bij haar leeftijd hoort. Nu maar een middenweg zoeken, zoveel mogelijk de aceton af te weren. Dan komen we bij de waterbasis nagellak. Niet de mooiste, maar redelijk veilig voor die kleine nageltjes.

Sky weet van die kinder-nagellak variant, maar ze weet natuurlijk niet dat we van plan zijn om haar met zo’n setje nagellak te verrassen (we weten alleen nog niet precies wanneer). Gisterenavond voor het slapen gaan, toen ze op haar potje zat, begon ze weer een beetje. Dat haar vriendin vandaag allerlei kleuren op haar handjes en teennagels draagt. “Misschien kan ik nagellak krijgen voor mijn verjaardag, mama?”, vroeg ze. Ik zei dat het ook met Kerst kan gebeuren, of misschien aan Sinterklaas vragen, als ze het heel graag wil? Maar dan moet ze een brief schrijven of een tekening van nagellak maken. Beide kan ze nog niet, was haar antwoord. Ze had wel een goed idee:

“Maar mama, wil je dan een brief schrijven voor Sinterklaas? Dan moet je zo schrijven:
Sinterklaas, 
Dit is voor mijn dochter. 
Ze kan heel goed eten. En slapen. En nu zit ze te plassen en te poepen.
Ze wil heel graag nagellak hebben. Moet wel kinder-nagellak zijn hoor. Want ik ben nog maar 3.
Nou dankjewel.
En daaronder moet je mijn naam opschrijven, en je naam ook. Ja mama?” 🙂

blog1

dress up and play

Standard

blog5

blog3Aku tidak mengenal seorang pun anak kecil yang tidak suka bermain atau berpesta kostum. Cepat atau lambat, suka banget atau suka sedikit… Sky juga bukan perkecualian. Sekarang kami sudah mengumpulkan cukup banyak kostum dan aksesorisnya sehingga bisa mengisi sebuah “peti kostum” (satu fenomena yang sering terlihat di sini, kalau punya anak kecil di rumah biasanya punya peti atau koper atau dus yang penuh berisi kostum-kostum lucu atau aneh). Isi petinya (jelas) gaun-gaun putri dan peri, topi, bunga, celemek, selop dan sepatu… Hampir setiap hari Sky mengenakan outfit atau kombinasi yang berbeda. Tapi semuanya hanya untuk dipakai di dalam rumah, itu perjanjian kami (kecuali nanti kalau ada acara carnaval lagi tentunya, di mana seluruh kota keluar rumah berpakaian aneh-aneh). Kadang berkostum ria begitu membantunya untuk memainkan peran tertentu. Kalau dia mengenakan kostum si Tudung Merah, dia bakal mengambil sebuah keranjang, mengisinya dengan buah-buahan, dan seolah-olah berjalan menembus “hutan” menuju ke rumah “oma”. Peran sebagai putri atau peri tidak sering dia mainkan, tapi sekali kami pernah melihatnya betul-betul menjelma menjadi Putri Salju. Dikumpulkannya 7 bonekanya untuk memainkan peran 7 kurcaci (foto atas). Fase yang sangat menyenangkan untuk diikuti! 🙂

***

blog6

Ik ken geen enkele peuter die niet van verkleden houdt. In meer of mindere mate, vroeg of laat…Sky is daar geen uitzondering op. We hebben nu genoeg verkleedspulletjes verzameld om er een verkleedkist mee te vullen, en dat hebben we ook maar gedaan. Met (uiteraard) prinsessen- en feeënjurkjes, hoedjes, bloemetjes, schortjes, sloffen…Bijna elke dag draagt ze nu een andere outfit of een combinatie ervan. Alleen voor binnen, dat hebben we wel afgesproken (tenzij straks weer carnaval is, natuurlijk). Soms helpt het dragen van een bepaalde outfit voor een alsof-spel. Als zij een Roodkapje outfit draagt dan pakt ze ook gelijk een mandje, vult het met fruit en neemt het door “het bos” naar “oma” toe. Ze speelt zelden dat zij een prinsesje of een fee is, maar één keer was ze echt een Sneeuwwitje en moest ze 7 van haar knuffels verzamelen om de 7 dwergen op te lijken (bovenste foto). Een erg leuke fase dit! 🙂

blog7

our girl, in all her beautiful facets

Standard

blog3Gadis kecil kami yang sudah besar, di segala aspeknya:

Dia penuh perhatian.
– Aku membuatkan roti dan menaruhnya di piringnya dan piring Joop di meja makan. Tanyanya: “Mama punya roti buat mama sendiri nggak?”
– Kami berjalan di supermarket melewati rak berisi gelas es kopi. Katanya: “Mama nggak mau beli kopi itu? Mama suka kan?”

Dia suka menolong.
– Seharian dia bermain di halaman belakang dan di penghujung hari kami mau merapikan semuanya. Tapi dia berkata tegas: “Aku sudah mengembalikan semuanya ke gudang kok: sepeda kayuh, otopet, dan kapur tulis.”
Di malam hari sebelum tidur juga dia selalu merapikan semua mainannya dulu, semua kembali ke tempatnya masing-masing. Dan sesudah makan dia hampir selalu otomatis membawa piring kotornya ke tempat cuci di dapur.
– Kalau temannya main di rumah kami dan mau membuang ingus atau mau “duduk” di pispot, Sky selalu membantu mengambilkan tissue. Kalau “duduk”nya terlalu lama dia bakal ikut duduk menunggu di depan pispot dan dengan perhatian bertanya: “Gimana, sudah mau keluar?” Hehehe…

Dia penasaran dan suka belajar (dan mengingat semua yang kami jelaskan kepadanya). Contoh-contoh di bawah ini agak susah dijelaskan, karena berhubungan erat dengan bahasa Belanda:
– “Mama, kenapa sih dinamakan ‘dataran’? Mungkin karena tanahnya betul-betul datar ya?”
– “Mama, apa sih ‘lovebird‘ (sejoli yang saling mencinta) itu?” Waktu aku selesai menjelaskan dia tertawa: “Oh begitu! Tadinya aku kira itu cuma buat burung saja!”
– “Mama, apa artinya ‘bersyukur’? Penjelasanku agak ruwet, tapi dia berhasil merangkumnya dengan manis: “Ya aku memang begitu kok. Kan aku selalu ceria, dan senang dengan apa yang aku punya.”

Yang ini juga sangat terkait dengan bahasa Belanda. Sampai saat ini dia mengucapkan beberapa kata selalu terbalik. Tiap kali kami mencoba membetulkan pengucapannya dan dia bisa mengulangnya dengan benar, tapi kali berikutnya terbalik lagi. Kedengarannya sih lucu:
– Dia bilang ‘savt’ yang harusnya ‘vast’, ‘noewi’ yang harusnya ‘nieuw’, dan ‘loewi’ yang harusnya ‘jullie’.
– Dia bilang ‘rekstok’ padahal maksudnya ‘kapstok’ (yang terakhir ini gantungan baju/jaket, sedangkan rekstok itu palang untuk senam), dan yang namanya ‘bakfiets’ selalu dibalik jadi ‘fietsbak’.

Tapi selain beberapa kata yang terbalik ini dia memang pintar sekali ngomong, dan nonstop pula. Cara bicaranya jelas dan tepat, kosakatanya luar biasa. Pembicaraan kami sehari-hari level-nya sering tidak kalah dengan tingkat orang dewasa, sehingga kadang-kadang di tengah pembicaraan kami berpandang-pandangan sambil berpikir yang sama: “Ini betul kita sedang ngobrol dengan anak umur 3 tahun?!?”

Beberapa cuplikan pembicaraan kami misalnya:
– “Mama, aku meloncatkan tanganku seperti ini… (dia menunjukkan bagaimana dia memegang pegangan tangga dari satu posisi ke posisi lainnya), tahu nggak kenapa? Karena bagian yang dari logam itu dingin, aku nggak suka. Yang dari kayu ini lebih enak dipegang.”
– “Warna bunga-bunganya bagus lho, kombinasi yang bagus…pilihan yang tepat mam!”
– “Ada anak-anak yang nggak doyan ini ya, tapi aku untungnya doyan. Dan ini bagus juga untuk perutku kan.”
– “Kalau menikah…apa harus dengan anak laki-laki, mam? Atau aku bisa juga menikah dengan E (sobat karibnya)?”
– “Begini lho yang baik, kalau mama menulis semua hal yang dibutuhkan, supaya nggak lupa. Habis itu ditaruh di dompet.”

Tapi di antara pembicaraan serius itu sering juga dia mengatakan sesuatu yang mengingatkan kami bahwa dia memang masih anak-anak. Yang ide dan buah pikirannya terasa segar dan polos:
– “Aku masih punya tempat buat pencuci mulut lho! Di sini masih ada tempat, dan di sini (dia menunjuk ke beberapa tempat di perutnya), dan di sini juga, di bawah pantatku!”

Terlihat di foto: Dia sedang sibuk di halaman belakang (dan dia memang bilang: “Aku lagi sibuk lho ya!”) dan akhirnya memanggil kami untuk datang melihat. Dengan bangga dia memperlihatkan hasil karya seninya: kami jadi punya halaman penuh tanda silang, haha, serasa menapak taman ala Escher di rumah sendiri. 😀

***

blog4Onze kleine grote meid, in al haar facetten:

Zij is zorgzaam.
– Ik heb broodjes neergelegd voor haar en Joop op de eettafel. Ze vroeg: “Mama, heb je ook broodjes voor jezelf?”
– We liepen in de supermarkt en ze zag bekers ijskoffie die ik af en toe koop, zei ze: “Wil je geen koffie, mama? Vind je lekker toch?”

Zij is behulpzaam.
– Aan het eind van de dag wanneer zij de hele dag in de achtertuin met van alles heeft gespeeld, wilden we gaan opruimen, waarna ze opgevat zei: “Ik heb alles al in de schuur gezet hoor: mijn loopfiets, de step, en de krijtjes.”
‘s Avonds ruimt ze ook al haar speelgoed op voordat ze naar bed gaat en na het eten brengt ze nu bijna automatisch haar bord naar de keuken.
– Wanneer haar vriendin bij ons speelt en een snotneus heeft of op het potje moet, helpt Sky haar altijd met doekjes pakken, en als het te lang duurt zit ze voor het potje te wachten: “En, komt het al?” Hihi…

Zij is nieuwsgierig en leergierig (en onthoudt alles wat we haar uitleggen):
– “Mama, waarom noemen ze het ‘platteland’? Denk je dat omdat het land helemaal plat is?”
– “Mama, wat is dat nou, ‘tortelduifjes’?” Toen ik klaar was met mijn uitleg moest ze een beetje lachen: “Oh zo! Ik dacht dat het alleen voor duiven is!”
– “Wat is dat eigenlijk; ‘dankbaar zijn’?” Mijn uitleg was denk ik redelijk abstract, maar ze vatte het goed samen op: “Ja dat ben ik ook hoor. Ik ben toch altijd vrolijk, en blij met wat ik heb!”

Zij heeft een paar woordjes steevast andersom gezegd. We proberen haar elke keer te verbeteren en ter plekke kan ze wel het goede woord herhalen, maar de volgende keer zegt ze het weer omgedraaid. Vinden we tot nu toe wel grappig:
– Ze zegt ‘savt’ in plaats van ‘vast’, ‘noewi’ in plaats van ‘nieuw’, en ‘loewi’ in plaats van ‘jullie’.
– Ze zegt ‘rekstok’ als zij ‘kapstok’ bedoelt, en een bakfiets is bij haar al heel lang ‘fietsbak’.

Maar voor de rest praat ze zó on-ge-loof-lijk goed, en veel. De gesprekken die wij elke dag voeren zijn op een onvoorstelbaar volwassenen-niveau dat wij soms in het midden van het gesprek elkaar aankijken en hetzelfde denken: “Is dit waar wij het met een 3-jarige allemaal over hebben?!?”

Flarden van die gesprekken zijn bijvoorbeeld:
– “Mama, ik spring met mijn handen zo… (ze demonstreerde hoe ze haar handje op de trapleuning van de ene plek naar de andere verplaatste), weet je waarom? Omdat ik die delen van metaal koud vind. Deze van hout vind ik lekkerder.”
– “De kleuren van de bloemen zijn mooi hoor, goede combinatie…goed gekozen mama!”
– “Er zijn kinderen die dit niet lusten hé, maar ik wel, gelukkig. En het is goed voor mijn buikie ook!”
– “Als je trouwt…moet je dat altijd met een jongen doen, mama? Of kan ik ook met E (haar beste vriendin) trouwen?”
– “Weet je wat goed is, dat je al de dingen die je nodig hebt opschrijf, zodat je het niet vergeet. En in je portemonnee doen.”

Maar tussen al die gesprekken op volwassenen-toon zegt ze ook vaak iets waarvan we worden herinnerd dat ze natuurlijk nog maar een peuter is, haar kinderlijkheid voelt dan heerlijk en verfrissend aan:
– “Ik heb nog plaats voor toetje hoor! Hier heb ik nog plek, en hier (ze wees op verschillende plekken op haar buik), en ook hier, onder mijn billen!”

Op de foto’s: Ze was al een tijdje bezig in de achtertuin (en dat zei ze ook: “Ik ben even bezig ja!”) en uiteindelijk riep ze ons om snel te komen. Liet ze trots haar kunstwerk zien: een kruisjes-tuin hebben we nu, haha, een beetje een Escher-gevoel krijgen we nu als we naar de tuin kijken. 😀

“could I be…a princess?”

Standard

blog2Kami baru saja selesai membaca buku tentang seorang anak yang nantinya kalau sudah besar mau menjadi seorang mama. Karena penasaran, aku bertanya pada Sky: “Kamu nanti kalau sudah besar juga mau menjadi mama?”
Dia berpikir sesaat lalu menjawab dengan ragu-ragu: “Ya…atau tidak tidak…nggak mau jadi mama.”
Lalu dengan suara lembut dan malu-malu: “Aku mungkin…mau…jadi seorang putri (princess).”

Hehe…ini pertama kalinya dia bilang seperti itu. Memang sudah bisa diduga mengingat ketertarikannya pada dunia per-putri-an yang makin hari makin membesar. Tapi tetap saja terasa istimewa mendengarnya bilang begitu. Setiap anak perempuan memang pernah mengalami masa ingin menjadi seorang putri ya, hehe…

Aku mencoba mengenalkan kenyataan di dunia yang sesungguhnya (payah ya, merusak mimpi anak nih, hehe…): “Oke, tapi susah sekali lho untuk menjadi seorang putri. Tidak semua orang bisa jadi putri, banyak sekali yang harus kamu lakukan.”
Dia berpikir lagi, lalu berkata: “Hmm…mungkin kita bisa…membelinya?”

Aku sebenarnya tidak yakin apa maksudnya dengan jawaban ini, tapi jelas kedengarannya lucu. Kemungkinan besar yang dia maksudkan adalah membeli gaun-gaun para putri (biarpun dia sudah punya gaun putri Belle seperti di foto), karena tak lama kemudian dia bercerita bahwa temannya punya sebuah peti kostum di rumah yang penuh dengan gaun-gaun, kostum, dan aksesoris para putri lainnya. Nah, sudah jelas bahwa di hari-hari ke depan ini kami perlahan tapi pasti akan menjadi raja, ratu, dan putri di kerajaan mungil kami yang indah…

***

blog3We hebben net een boek gelezen over een meisje dat later een mama wil worden. Ik vroeg uit nieuwsgierigheid aan Sky: “Wil je later ook mama worden?”
Ze dacht even na en antwoordde twijfelend: “Ja…of nee nee…geen mama worden.”
En toen met een verlegen, zacht stemmetje: “Ik wil wel…misschien…prinses worden.”

Hihi…dit is de eerste keer dat ze dat werkelijk zegt. Is zeker te verwachten met haar toenemende interesse in de prinsessenwereld, maar het blijft toch bijzonder om te horen. Elk meisje wil op een zekere tijd toch een prinses worden.

Ik probeerde wel de harde realiteit voor te stellen (slecht hè…dromen verstoren, hihi…): “Okee, maar het is heel moeilijk hoor om een prinses te worden. Niet iedereen kan een prinses worden, je moet er heel veel dingen voor doen.”
Ze dacht weer na en toen zei: “Hmm…kunnen we dat misschien kopen?”

Ik weet eigenlijk niet zeker wat ze hiermee bedoelde, maar het klinkt wel grappig. Zeer waarschijnlijk doelde ze naar de mooie prinsessenjurkjes (hoewel ze ook al een mooie Belle jurk heeft zoals te zien op de foto), want niet lang daarna vertelde ze over haar vriendin die een verkleedkist heeft met veel mooie jurkjes en andere prinsessen-accessoires. Zo zullen we de komende tijd langzaam maar zeker koning, koningin, en prinses worden van onze kleine mooie koninkrijk…

girly stuff

Standard

blog2Mama: “Sky, sekarang kamu mirip putri ya?” (Dia sedang mengenakan bando favoritnya, yang biasanya dia sebut mirip mahkota)
Sky: “Enggak kok…aku cuma anak perempuan biasa.”

Kadang-kadang, kalau dia mengenakan gaun atau rok lebar yang cantik, atau bando seperti disebut di atas, dia bilang kalau dia jadi mirip princess, alias putri. Tapi ternyata tidak selalu ya. Kemarin di toko mencoba memakai mahkota “betulan” (lihat foto), tapi ternyata dia betul-betul tidak suka. Mungkin karena geli di kepala, hehe…Pokoknya Sky itu tidak suka mengenakan benda-benda yang bikin geli atau tidak nyaman dipakai. Bisa dimengerti. Tapi bukan berarti dia alergi dengan barang-barang bagus lho. Tiap kali kalau mengenakan baju atau sepatu bagus dia bakal mengulang-ulang beberapa kali sehari: “Lihat, bagus ya baju/sepatuku!” Dan kalau kami mau pergi keluar dan memintanya mengenakan sepatu dulu, makin sering kami menemukannya berdiri merenung di depan rak sepatu: “Mama, aku tidak bisa memilih…” Hahaha, aduh nak, anak gadis banget deh kamu! 😀

***

Mama: “Sky, lijk je nu op een prinses?” (Ze heeft een haarbandje in, meestal zegt ze dat het een kroontje is)
Sky: “Nee hoor…ik ben gewoon een meisje.”

Af en toe, als ze een mooi wijd jurkje aan heeft, of dat haarbandje, zegt ze dat ze een prinses is. Maar niet altijd, zo blijkt het. Gisteren in een winkel een “echte” kroon geprobeerd (zie foto), maar ze vindt het toch maar niks. Ik denk omdat het in haar haar kriebelt, hihi… Ze wil liever geen onprettige dingen dragen. Begrijpelijk. Maar ze is niet allergisch voor mooie dingen hoor. Elke keer als ze mooie kleertjes of schoentjes aan heeft dan herhaalt ze dat zeker een paar keer per dag: “Mooi is het hè, mama!” En als we bijna naar buiten gaan en haar vragen om schoentjes aan te trekken, treffen we haar nu steeds vaker bij de schoenenrek staan en zuchten: “Ik kan niet kiezen…” Hahaha…meisje toch! 😀