Tag Archives: christmas

About last Saturday, ear piercing and Xmas concert

Standard

I forgot my key this morning. As usually we went out of the house together and Joop dropped Sky and I off nearby the school, on the way to his work. After making sure Sky was in her classroom I went home by train, and just in front of the gate of our house I realized I did not have my key with me.

So here I am, sipping a cup of ‘cafe con leche‘ at a cafe at the commercial centre, about 20 minutes walking from our home. Waiting for Joop to ride home during his lunch break to lend me his key. Writing a blog post to kill the time, about our weekend. Because last Saturday was one exciting day for Sky.

She had her ears pierced!!!

blog3

She was never as sure as now. In the Netherlands she was one of the last girls in the class without earrings. One by one her girlfriends got theirs, but Sky wasn’t really eager to get one. Interested in, yes, but it’s not before we’re in Spain that she mentioned her will to get pierced. We waited till the approaching Christmas holiday. Because she won’t be allowed to swim for 3-4 weeks. Next week she will have to miss one swimming lesson at school, then followed by 2 weeks holiday. So in the new year everything will be just healed and well.

blog2

Actually it goes really well already. She has got almost no pain. We could clean the ears, drip a bit of alcohol and turn the earrings around without any significant problems. And her excitement…it’s so amazing to see. How happy and proud she is. Beaming and glowing like a grown-up girl. And she is! Those small shiny things in her ears make her suddenly looks more mature…. Oh my mother’s heart…. ❤️

blog4

Where in the Netherlands it’s usually the jewellery stores that do ears piercing, in Spain you will have to go to a Farmacia (a pharmacy/drugstore). We went to a big Farmacia nearby our house on Friday, but were asked to come back on Saturday morning, because the lady specialized in piercing children’s ears will be available by then. So we did, and we were very satisfied with the unbelievably proffesional and super friendly service.

blog5

Sky was asked to choose which earrings she liked most; pink flowers it is. The lady drew two black dots on her earlobes and before we knew it she already punched one ear. One minute later the other one. So quick, and almost painless (according to Sky)! Mission completed and another milestone achieved!

blog1

But the Saturday was not over yet. While Sky was still hyper-enthousiast about her new look, at 4 she had to be at school, wearing her full uniforms. For the grand rehearsal of the yearly Christmas concert! At 6 we, the parents and other guests, were welcomed at the school’s Auditorium. After some instrumental performances by senior students and music teachers, all the first grade students (well, not all, about two third of all students because participation is not obligatory), wearing Santa hats (so cute!) came onto the stage and performed the Christmas songs. 2 English songs, 2 in Spanish and 2 in Catalan. It was so entertaining. We had such a fun and memorable night.

20181217_133728

Watching her singing those songs, in 3 languages she barely knew 4 months ago… I was so moved. This whole adventure, we can’t be sure of anything. But one thing I’m sure of: it will bring many more beautiful moments like this in our path. 🙂

Happy Christmas everyone! :)

Standard

blog6

12 kasir di supermarket semuanya dibuka dan antrinya semua panjang mengular sampai orang susah berjalan di belakangnya. Begitulah suasana hari-hari ini, menjelang Natal dan tahun baru. Semua orang tampak tergesa-gesa, banyak yang menekuni daftar belanjaan di tangan (biasanya untuk menyiapkan hidangan Natal yang menunya panjang dan istimewa), saling bertanya satu sama lain, ‘enggak ada yang terlupa kan ya?’

Kalau aku boleh menjawab: Jangan lupa untuk menikmati, untuk menyepi sejenak di setiap momen. Seolah hari ini hari terakhirmu dan momen itu akan menjadi kenangan terakhirmu. Jangan lupa untuk mensyukuri semua itu.

Dari supermarket kami berjalan pulang, dan di tengah jalan, di kejauhan kami melihat seekor kelinci berwarna coklat. Di lapangan tak bertuan antara gedung-gedung tinggi, sepanjang jalur kereta api. Kami berdiri diam untuk mengamati gerak-gerik si kelinci. Sampai dia meloncat-loncat naik ke bukit dan menghilang masuk ke sebuah lubang. Hari ini kami membeli seikat wortel, dan Sky boleh menaruh satu wortel di depan lubang itu. Besok kami akan menengok kesana lagi, dan kalau wortelnya sudah hilang Sky boleh menaruh yang baru.

***

Alle 12 kassa’s bij de supermarkt zijn geopend en bij alle 12 stonden er een lange rij, zo lang dat mensen niet meer achterlangs kunnen lopen om bij de schappen te kunnen. Iedereen leek gehaast, en de boodschappenlijstjes werden nog eens grondig bestudeerd, ‘of wij niets vergeten zijn?’

Ik zou zeggen: Niet vergeten om te genieten, om stil te staan bij elk moment. Alsof vandaag je laatste dag is en dat moment je laatste herinnering. Niet vergeten om daarover dankbaar te zijn.

Van de supermarkt liepen we terug naar huis en onderweg zagen we in de verte een bruin konijntje. Langs de spoorlijn, bij een verlaten wei tussen de hoge gebouwen. We stonden stil om de beweging van het konijn te volgen. Op een gegeven moment huppelde hij de heuvel op, en verdween in een holletje. Vandaag hebben we bospeen gekocht, en Sky mocht een peentje voor dat holletje neerleggen. Morgen gaan we nog een keer kijken, en als de peen weg is mag Sky er nog eentje leggen.

blog5

lamps, not candles

Standard

blog4

blog5

Aku mendengar Sky bersenandung di bawah pohon natal (lagunya aku terjemahkan, tapi kalau mau mendengar lagu aslinya bisa klik di sini):
“O pohon natal…o pohon natal…betapa indah ranting-rantingmu.
Terakhir kali aku melihatmu di hutan, waktu itu belum ada lilinnya…
O pohon natal…o pohon natal…betapa indah ranting-rantingmu…”

Waktu aku duduk di sebelahnya dia bertanya: “Mama, kok ada lilin di pohon, gimana sih?” Aku menjelaskan bahwa zaman dulu memang orang menaruh lilin menyala di pohon natal, tapi karena bahaya kebakaran, sekarang orang menggantinya dengan lampu, seperti yang juga kami pakai di pohon natal. “O begitu…kalau gitu mulai sekarang aku menyanyi dengan kata ‘lampu’ dan bukan ‘lilin’ lagi”, katanya tegas. Dan memang betul, sejak itu kalau menyanyikan lagu natal terkenal ini dia konsisten mengganti ‘lilin’ dengan ‘lampu’:
“…. Terakhir kali aku melihatmu di hutan, waktu itu belum ada lampunya… “ 🙂

Foto atas: Ada kandang Natal dengan hewan-hewan betulan di kota. Sky suka sekali dengan untanya, yang memang jinak banget, enak untuk dielus-elus.
Foto tengah: Sirkus Natal yang tiap tahun datang ke kota membuka pintu tendanya untuk pengunjung yang ingin melihat-lihat. Seru juga menonton hewan dan para artis sirkus yang sedang berlatih. Mungkin tahun depan kami menonton show-nya betulan, siapa tahu?
Foto bawah: Sebetulnya tidak bagus untuk lingkungan, tapi sampai saat ini kami bersyukur sekali bahwa musim dingin kali ini terhitung ‘hangat’ (sekedar contoh, 5 tahun lalu tanggal segini semuanya putih karena salju, dan tahun lalu juga suhunya berkisar 5 derajat. Hari ini cuaca cerah 13 derajat, jadi memang tidak terasa seperti winter). Bisa sering bepergian, jalan-jalan, dan bermain di luar, menikmati suasana Natal dan menikmati momen bersama keluarga tercinta! 🙂

***

blog1

Ik hoorde Sky neuriede onder de kerstboom:
“O denneboom…o denneboom…wat zijn je takken wonderschoon.
Ik heb je laatst in ‘t bos zien staan, toen zaten er nog geen kaarsjes aan…
O denneboom…o denneboom…wat zijn je takken wonderschoon…”

Toen ik bij haar kwam zitten vroeg ze: “Mama, kaarsjes in de boom? Hoezo?” Ik heb haar uitgelegd dat het vroeger gewoon was om echte brandende kaarsjes in de kerstboom te zetten, maar omdat het brandgevaarlijk was het nu vervangen is met lampjes. “Oh zo…dan zing ik het voortaan geen ‘kaarsjes’ maar ‘lampjes'”, zei ze resoluut. En inderdaad, sindsdien zingt ze consistent de moderne versie van “O denneboom”:
“…. , toen zaten er nog geen lampjes aan…” 🙂

Foto boven: De lieve kameel bij de levende kerststal in de stad aaien.
Foto midden: Een open dag bij de kerstcircus, leuk om te zien hoe de dieren en de circusartiesten oefenen. Misschien volgend jaar een echte voorstelling bijwonen, wie weet?
Foto’s onder: Het is niet goed voor de natuur, maar we zijn tot nu toe dankbaar met dit “warme” winterweer…heerlijk vaak naar buiten gaan, gezellig de kerstsfeer proeven, genieten van het moment en van elkaar! 🙂

blog2

blog3

talking in superlatives and decorating Christmas tree

Standard

blog1

Akhir-akhir ini Sky sering berbicara dengan gaya berlebihan atau dobel. Terdengar sangat lucu, ini beberapa contoh kalimatnya (tentunya harus aku terjemahkan dari bahasa Belanda, jadi beberapa mungkin tidak terlalu tepat, tapi bisa untuk sekedar memberi gambaran):
– Mmm…ini betul-betul super enak!
– Ya, jelas tentu saja!
– Benar betul begitu kok!
– Dia memang sahabatku yang paling paling baik.
– Ini cocok sempurna!
– Aku pegang sangat erat-erat deh.
– Kita harus buru-buru cepat-cepat!

Kemarin kami memasang pohon Natal. Sky senang sekali membantu menghiasinya, dan dia juga boleh memasang bintang di puncak pohon, duduk di leher papa. Sesudah pohonnya selesai dihias dan lampu-lampunya menyala, dia memandanginya dengan terpesona dan berkata: Oooohh…pohonnya cantik luar biasa!” 🙂

***

De laatste tijd praat Sky graag met superlatieven. Het klinkt vaak erg grappig, hier een paar van haar zinnen:
– Mmm…dit is echt super lekker!
– Ja, zeker weten!
– Echt waar hoor!
– Zij is mijn aller allerbeste vriendin.
– Dit past perfect!
– Ik houd het stevig vast.
– We moeten snel opschieten!

Gisteren hebben we onze kerstboom opgezet. Sky helpt heel graag mee met het versieren, en ze mocht ook de piek van de boom neerzetten, zittend op papa’s nek. Toen de boom klaar was en de lichtjes gingen aan, keek ze met grote ogen en zei: “Oooohh…super gezellige mooie boom!” 🙂

a crafty day, a bit in Christmas mood

Standard

blog

blog3Hari ini cuaca abu-abu sekali. Kami bertiga agak capek (banyak kegiatan akhir-akhir ini) dan harus menyimpan tenaga buat besok (ya ya, hari besar nih, dan bukan cuma satu tapi dua: Sinterklaas datang dan aku ulang tahun!). Hari yang tepat untuk membuat kerajinan tangan, sekalian mulai sedikit dengan tema Natal. Dari 4 ide prakarya yang aku temukan, hari ini kami bisa membuat 3. Lumayan banget lah, untuk ukuran anak kecil yang daya konsentrasinya belum terlalu lama. Sky membantu dengan penuh semangat. Memisahkan sedotan, menghias pohon natal kertas, dan menumpuk es dari pompom benang wol. Pada langkah terakhir, saat kami harus menempel semua pernak-pernik yang tidak bisa ditempel dengan lem biasa, jadi harus menggunakan lem pistol yang panas (jadi Sky harus menunggu agak jauh dari kami), dia malah diam-diam terus berkreasi. Sibuk sendiri, penuh konsentrasi, dan sesudahnya datang sambil membawa gelas yang seputarnya sudah dihias penuh dengan jepitan kayu bertema Natal! 🙂

***

Vandaag is grauw en grijs, we zijn alledrie een beetje moe (veel gedaan de laatste dagen) en moeten wat energie voor morgen besparen (ja ja, de grote dag, nou twee zelfs: Sinterklaas komt en ik ben jarig!). Een perfecte dag om te knutselen, en dan maar gelijk een beetje in de kerstsfeer. Van de 4 leuke knutsel-ideetjes die ik gevonden heb, konden we er 3 maken. Dat is best wat voor een peuter met een niet te lange concentratiespanne, vinden we! Sky heeft heel goed meegeholpen. De rietjes sorteren, de knutselkerstboom versieren en de ijsjes stapelen. Toen wij bij de laatste stap met een hete lijmpistool moesten werken (en ze dus niet in de buurt mocht komen) was zij zelfs stiekem doorgegaan met knutselen. Kwam ze trots aanzetten met een beker, volledig versierd met kerst-wasknijpertjes! 🙂

blog1

blog2