Tag Archives: cerita

little butterflies

Standard

blog 3

Sky: “Aku nggak suka melihat jari-jari kaki. Nggak enak dilihat. Kecuali jarinya T. Punya dia jari kakinya bagus.”

T itu salah satu anak laki-laki di kelasnya. Persis setahun lebih tua, baru saja berulang tahun ke-6. Akhir-akhir ini kami makin sering mendengar namanya. “Menurutku dia anak baik, aku suka”, kata Sky. Dan memang begitu adanya. Kemarin aku ikut mendampingi kelasnya mengunjungi museum. Kebetulan Sky dan T ada di grupku, bersama 3 anak lain. Setelah 2 jam bersama-sama aku mengakui bahwa Sky memang benar: T itu anak baik.

Saat berjalan kaki ke museum T sempat memetik setangkai bunga dandelion. Selama di museum bunganya dia pegang terus (kecuali kalau dia ingin melakukan sesuatu, maka aku boleh memeganginya sebentar). Di perjalanan pulang ke sekolah aku melihat Sky dengan bunga itu di tangannya. Bunganya sih sudah layu. Tapi waktu aku berjalan di belakang mereka, mengamati dua anak yang asyik mengobrol dengan bunga itu di tengah-tengah…mau tidak mau aku senyum-senyum sendiri. 🙂

Oya, kalau ada yang bertanya-tanya seperti aku, bagaimana ceritanya kok Sky bisa melihat jari-jari kaki T di kelas? Nah, ternyata begini: T sedang belajar berhitung, menjumlahkan sampai 20, tapi jari-jari tangannya tidak cukup. Jadi dicopotnya sepatu dan kaus kakinya, dan dengan demikian jari-jari kakinya bisa ikut dipakai. 😀

NB: Satu lagi detail tambahan. 😉 Dua minggu sesudah tulisan ini Sky berulang tahun. Di kelas dia boleh duduk di singgasana (kursi tinggi) dan anak-anak lain membuat lingkaran untuk menyelamatinya satu-persatu. Aku melihat T tidak cuma menyalaminya, tapi juga mengecup ringan pipinya. *meleleh* 😍

***

Sky vertelde: “Ik vind tenen eigenlijk niet mooi. Niet leuk om er naar te kijken. Behalve die van T. Hij heeft mooie tenen.”

T is een jongen uit haar klas. Precies een jaar ouder, dus net 6 geworden. De laatste tijd horen we zijn naam steeds vaker. “Ik vind hem een leuke jongen”, zei Sky. En ja, het is zo. Ik ben gisteren meegegaan met hun klas-uitje naar het natuurmuseum. Toevallig zaten Sky en T in mijn groep, samen met 3 andere kinderen. Na 2 uur samen te zijn kan ik Sky wel beamen: T is een leuke jongen.

Onderweg naar het museum heeft T een paardenbloem geplukt. Gedurende het hele museum bezoek heeft hij de bloem vastgehouden (behalve als hij iets wilde doen, dan mocht ik het even vasthouden). Op de terugweg naar school zag ik dat Sky die bloem, die intussen al helemaal slap was, in haar handen had. Ik liep achter ze aan, zag twee kindjes gezellig naast elkaar lopen kletsen met een bloem in het midden, en kon mijn glimlach moeilijk onderdrukken. 🙂

Trouwens, als je je zoals ik afvraagt hoe het komt dat Sky T’s tenen kon zien? Nou, het zit zo: T wilde sommetjes gaan maken tot 20, maar had aan zijn vingers niet genoeg. Daarom trok hij toen zijn schoenen en sokken uit, om zijn tenen erbij te betrekken. 😀

PS: Nog een detail erbij. 😉 Twee weken na deze post is Sky jarig geweest. Ze mocht op de hoge troon in de klas zitten en de andere kinderen liepen in de kring om haar te feliciteren. Ik zag T, naast een handje, ook vlug een kusje op Sky’s wang geven. *smelt smelt* 😍

blog 4

in love

Standard

blog-5

Kebetulan memang sudah hampir hari Valentine, akhir-akhir ini tema cinta dan menikah sering sekali muncul di antara cerita karangan Sky. Foto di atas ini dibuatnya di sekolah. Di satu sisi kertas musim dingin, di sisi sebaliknya musim panas. Anak laki-laki musim dingin jatuh cinta pada anak perempuan musim panas, maka ada gambar hatinya.

Dan foto smurf di bawah itu ceritanya dimulai dengan membangun dua buah desa smurf, dipisahkan oleh jembatan di tengah-tengah. Smurfette/Smurfin tinggal di desa sebelah kiri dan jatuh cinta pada Smurf-Belanja yang tinggal di desa sebelah kanan. Akhirnya mereka menikah, di tengah-tengah tentunya, dengan Papa Smurf sebagai petugas pernikahan.

Kemarin malam aku mendengarkan cerita fantasinya selama setengah jam, sebelum memintanya untuk mengarang akhir ceritanya karena jam sudah menunjukkan waktu tidur. Akhir-akhir ini, setelah mama dan papa membacakan cerita pengantar tidur, dia mau menceritakan karangannya sendiri. Dengan bantuan boneka-bonekanya dan segala sesuatu yang terletak dalam jangkauan. Fantasinya luar biasa. Cerita karangannya seru (dan sering susah dihentikan), dan dia terlihat menikmati sekali. Ini ringkasan singkat salah satu cerita terbarunya:

blog-6“Panda diam-diam jatuh cinta pada kepala sekolahnya. Jadi dia membeli sebuah ‘bom kentut’ (yang kalau diduduki atau dibuka mengeluarkan bau yang aduhai busuknya). Di sekolah, sesaat setelah jam makan buah, diledakkannya bom kentut itu. Wahhh bau bangettt! Gurunya jelas marah luar biasa, tapi tidak bisa menemukan pelakunya. Akhirnya Panda sendiri yang mengaku pada Ibu Guru. Sebagai hukuman Panda harus segera melapor pada kepala sekolah. Nah, justru itu yang ditunggu-tunggu, pikir Panda sambil tersenyum-senyum. Di kamar kepala sekolah, tergagap dan dengan pipi merah merona, Panda mengaku kepada kepala sekolah: “Saya…sebetulnya jatuh cinta pada Bapak.” Lalu kepala sekolah menjawab malu-malu: “Saya juga pada kamu.” Tak lama kemudian mereka menikah dan mendapatkan anak kembar, laki-laki dan perempuan.”

***

Toepasselijk omdat het bijna valentijnsdag is, de laatste tijd komt het thema verliefdheid en trouwen steeds vaker in Sky’s fantasie-verhalen voor. Op de foto hierboven is haar tekening van school. Een winter tafereel aan de ene papier zijde, en zomer aan de andere kant. De winter jongen is verliefd op het zomer meisje, vandaar de hartjes.

De foto hieronder begon toen ze eerst twee smurfendorpen bouwde met een brug in het midden. Smurfin van het ene dorp werd verliefd op de Boodschappen-Smurf van het andere dorp. Uiteindelijk trouwden ze in het midden, natuurlijk met Papa Smurf als de trouw-ambtenaar.

blog-4Gisterenavond luisterde ik een half uur lang naar haar fantasie-verhaal, voordat ik haar vroeg om toch een einde aan het verhaal te maken want het was echt al bedtijd. Tegenwoordig wil ze, nadat papa én mama een of meerdere verhalen hebben voorgelezen, zelf een verhaal verzinnen en vertellen. Vaak met behulp van haar knuffels en alles wat op haar bed ligt. De verhalen zijn vaak erg leuk en zij geniet zichtbaar van haar poppenkast. Dit was een korte samenvatting van een recente verhaal:

“Panda was stiekem verliefd op de schooldirecteur. Dus ze kocht een stinkbommetje. Op school, vlak na het fruit eten, liet ze het ontploffen. Het stonk er verschrikkelijk! De juf werd hartstikke boos, maar ze kon eigenlijk niet ontdekken wie het gedaan had. Toen heeft Panda de juf zelf verteld. Ze riep dat Panda onmiddellijk naar de schooldirecteur moest! Nou, dat was juist de bedoeling, gniffelde Panda. In de kamer van de directeur, stotterend en met rode wangen, zei Panda tegen de directeur: “Ik…ben eigenlijk verliefd op u.” En toen antwoordde de directeur: “Ik ook op jou.” Niet lang daarna gingen ze trouwen en ze kregen een tweeling; een jongen en een meisje.”

blog-7

caring and curious

Standard

blog 1a

Dua kata yang menggambarkan karakter Sky: penuh perhatian dan penuh rasa ingin tahu.

Papa baru-baru ini bertugas ke luar negeri untuk mengunjungi klien. Pada hari keberangkatan, Sky bertanya: “Papa, sudah mengepak koper belum?” Sesudah dijawab ‘ya’, dia bertanya lagi: “Bawa baju berapa, 2 atau 3?”
Dan waktu papa malamnya menelepon, Sky bertanya: “Mama dan aku lagi makan nih pa. Nanti malam papa makan apa di sana?”

Dia selalu senang kalau dijelaskan tentang sesuatu, semakin sabar dan berkonsentrasi untuk mendengarkan, dan pertanyaannya juga semakin rumit (tapi sekaligus makin asyik). Malam ini waktu aku mengantarnya pergi tidur, dia bertanya macam-macam:

“Bagaimana sih dulu itu ma, waktu orang belum punya ranjang dan tempat tidur? Mereka tidur di mana tuh?”
“Dan bagaimana caranya mereka tahu waktu, waktu belum ada jam? Dan nggak ada telefon juga?”
“Dan…o sebentar…nggak jadi, yang ini aku sudah tahu sendiri. Tadinya aku mau bertanya bagaimana waktu belum ada wc. Tapi aku tahu, mereka buang airnya ya di luar saja, ya kan?!” 😀

O ya, sore tadi Sky les berenang untuk pertama kalinya lho! Di Belanda yang namanya belajar berenang itu urusan serius. Maklum, negaranya di bawah air sih, hehe… Semua anak usia 4 atau 5 tahun mulai les berenang, dan lamanya bisa sampai 2 tahun sampai lulus dan mendapat diploma. Jadilah mulai sekarang setiap Jumat sore sepulang sekolah kami akan mengantarnya ke kolam renang (kecuali kalau libur panjang sekolah). Les pertama tadi berjalan lancar, dia masih terlihat berhati-hati, tapi juga tampak menikmati. 🙂

***

blog 1b

Het zijn twee woorden die Sky’s karakter goed beschrijven: zorgzaam en nieuwsgierig.

Papa was een paar dagen weg voor een klantbezoek in het buitenland. Op de dag van vertrek, vroeg Sky: “Papa, heb je je koffer al ingepakt?” Na een ‘ja’ antwoord vroeg ze verder: “Hoeveel kleren heb je meegenomen, 2 of 3?”
En toen papa ons ‘s avonds belde zei Sky door de telefoon: “We zijn aan het eten papa. Wat ga je zo eten als avondeten?”

Ze vindt het altijd leuk om iets uitgelegd te krijgen, heeft het geduld en concentratie er voor. Haar vragen worden ook steeds ingewikkelder (en leuker!).
Vanavond toen ik haar naar bed bracht, vroeg ze:
“Hoe was het toen mama, toen mensen nog geen bed hadden? Waar sliepen ze dan?”
“En hoe konden ze de tijd weten, toen er nog geen klokken waren? En ook geen telefoon?”
“En…o wacht, nee, dit weet ik zelf al. Ik wilde vragen hoe het toen was toen er nog geen wc’s waren. Maar ik weet het, ze doen ‘het’ gewoon buiten, toch?!” 😀

Oja, iets heel anders, vandaag heeft Sky haar eerste zwemles gehad! Ze deed het super, en vond het ook heel leuk! 🙂

blog 1

orange hair and other checks

Standard

blog 2

Sky: “Mama, aku mau rambut warna oranye.”
Aku: “O, kenapa begitu?”
Sky: “Yah, karena aku suka aja. (berpikir) Atau enggak deh, nggak jadi, nanti teman-temanku nggak mengenali aku lagi, hehe…Tapi, kalau aku nanti sudah besar, sebesar mama, aku mau lho, punya rambut oranye. Nanti aku minta ke salon supaya rambutku dicat. Boleh berlapis-lapis juga, sebagian coklat sebagian oranye.”
(Mungkin sekitar 10 tahun lagi bakal terasa déjà vu ya kalau ngobrol seperti ini lagi?) 😉

Sky melihat papa masuk dari pintu belakang sambil menuntun sepeda, baru pulang dari kantor. Dia melambai dan berseru keras-keras dari balik jendela: “Hallo papa! Hari ini bersikap manis nggak di tempat kerja? Dan bekal rotinya sudah habis dimakan belum?”

Akhir-akhir ini memang lebih sering dicek dan dikoreksi di rumah ini:
“Nah mama, tadi ngapain aja waktu aku di sekolah?”
“Nggak boleh dong melempar boneka seperti itu, ma!”
“Itu botol agak didorong masuk dong, nanti jatuh lho kalau ditaruh di pinggir seperti itu.”
“Sepraiku harus sekali-kali dicuci lho ma.”
“Sepatu ini sudah terlalu sempit, terasa di jari-jari kakiku. Difoto dong ma, supaya bisa untuk anak lain.” (fotonya lalu aku taruh di website second hand)

Foto atas: “Aku nggak muat lagi di bak mandiku waktu bayi”, katanya (yah, coba tebak kenapa?)
Foto bawah: Hasil gambarnya yang dibuat dengan pen dan penggaris kok mirip karya seninya Mondriaan ya…

***

blog 3

Sky: “Mama, ik wil oranje haar.”
Ik: “O, waarom dan?”
Sky: “Gewoon, omdat ik het leuk vind. (nadenkend) Of nee, toch maar niet, anders herkennen mijn vrienden mij niet meer, haha… Maar…als ik groot ben, ongeveer zoals jij, dan wil ik het wel, oranje haar. Dan ga ik de kapper vragen om mijn haar te verven. Het mag wel in laagjes, bruin en oranje.”
(Zal ik over 10 jaar een déjà vu gevoel krijgen met dit soort gesprekken?) 😉

Sky zag papa de achterdeur binnenkomen met de fiets, van zijn werk. Ze zwaaide en riep hard vanachter het raam: “Hallo papa! Ben je lief geweest op je werk? En heb je je boterhammen opgegeten?”

En zo wordt er tegenwoordig (nog meer) gecheckt en gecorrigeerd in ons huis:
“Zo mama, wat heb je allemaal gedaan toen ik op school zat?”
“Met de knuffels mag je niet gooien mama!”
“Die fles daar moet je iets meer naar binnen zetten, anders valt het zo van de rand.”
“Mijn dekbed moet je toch een keertje wassen hoor.”
“Deze schoenen zijn te klein mama, ik voel het zo op mijn tenen. Maak je zo foto’s van, voor andere kindjes?” (ik zet ze dan op een tweedehands site)

Foto boven: “Ik pas niet meer in mijn baby badje”, zei ze (tja, hoe komt dat he?)
Foto onder: Nadat ze met een liniaal heeft getekend, vonden we dat haar tekening wat weg heeft van het kubisme werk van Mondriaan.

blog 1

statements and thoughts

Standard

blog 2

Pagi itu kami berdiri berdampingan di depan jendela, melambai kepada papa yang sedang mengeluarkan sepeda dari gudang belakang rumah, untuk menuju ke tempat kerjanya. Tiba-tiba dia memandangku dan bertanya dengan serius: “Apa nggak bosan sih kalau bekerja sepanjang hari seperti papa?”

Sebetulnya aku berencana untuk mengunjungi children farm, menengok anak-anak kambing yang baru lahir, tapi dia ternyata nggak berminat. Katanya: “Hmm, kita pergi ke toko saja yuk ma? Bukan untuk belanja atau membeli sesuatu, tapi untuk melihat-lihat saja. Sepatu, misalnya?” (Oh senangnya punya anak perempuan, hehehe) 🙂

blog 1“Nanti, kalau aku sudah besar, aku mau jadi putri duyung (mermaid)! Tapi, ehh, sepanjang hari harus di bawah air ya…hmm nggak jadi ah. Kalau begitu aku mau jadi…dokter peri! Bisa terbang berkeliling membawa koper dokterku untuk merawat para peri yang sakit.”

“…dan mereka saling jatuh cinta, dan akhirnya menikah. Berdua, karena menikah itu ya berdua, bukan bertiga atau berempat. Dan kalau sudah menikah, ada kemungkinan mendapat anak. Sang putri bertanya: kita jadi ayah dan ibu yuk? Pangeran menjawab: nggak mau. Tapi toh pada suatu hari mereka mendapat seorang bayi.”

Aku kehilangan telefonku, lupa tadi ditaruh di mana (dan kami juga baru saja pergi keluar, tapi aku yakin banget kalau hilangnya sudah sebelum kami keluar rumah). Sky membantu mencari. Seperti seorang detektif/polisi dia mencecarku dengan pertanyaan: “Di mana kamu melihatnya terakhir kali? Setelah itu kamu pergi kemana? Berjalan ke dapur juga? Mungkin kamu taruh di tas lain? Di kantong jaket? Di luar? Mungkin hilang di jalan? Atau di garasi? Hmm…mungkin harus beli baru tuh ma.” (pada akhirnya aku menemukannya secara kebetulan, di atas wc, di antara cadangan tissue wc…)

Akhir-akhir ini Sky senang bermain ‘burung beo’. Dia akan mengulangi setiap kalimat yang aku ucapkan, membeo. Dan biasanya senyumnya makin lama makin melebar. Permainan ini mungkin menyenangkan buatnya, tapi menyebalkan sekali buat kami, orang tuanya. 😉

Foto yang paling atas dan paling bawah itu masih dari liburan kami minggu lalu ke Perancis. Sayangnya cuaca tidak terlalu bagus, sering hujan. Untung rumah sewa kami menyediakan mainan dan film untuk dipinjam. Dan membaca buku tentunya selalu mengasyikkan, lebih-lebih lagi kalau kami harus menerjemahkan buku bacaan anak berbahasa Perancis untuk Sky, hehe… (aku cuma tahu 3 kata bahasa Perancis dan Joop juga cuma menguasai beberapa kalimat standar…)

***

We stonden ‘s morgens voor het raam naar papa te zwaaien, die zijn fiets uit de schuur pakte om naar zijn werk te gaan. Ineens keek ze mij aan en vroeg, heel serieus: “Is het niet saai om de hele dag te werken, zoals papa?”

blog 4Mijn plan was om naar de kinderboerderij te gaan, de kleine geitjes bekijken, maar ze had daar geen zin in. Zei ze: “Hmm, zullen we naar de winkel gaan? Niet om wat te kopen, maar gewoon rondkijken? Voor schoenen ofzo?” (Oh wat ben ik toch blij om een dochter te hebben!) 🙂

“Later, als ik groot ben, wil ik een zeemeermin worden! Maar, euh, de hele dag onder water…hmm nee, toch maar niet. Dan wil ik… een dokter-elfje worden! Ga ik rondvliegen met mijn dokterskoffertje om zieke elfjes te helpen.”

“…en ze worden verliefd op elkaar, en ze gaan trouwen. Met z’n tweeën, want trouwen doe je met z’n tweeën, niet met z’n drieën of vieren. En als je getrouwd bent, kun je misschien kinderen krijgen. De prinses vroeg: zullen we vader en moeder worden? De prins antwoordde: nee. Maar toch kregen ze op een dag een babytje.”

Ik was mijn telefoon even kwijt, wist niet meer waar ik het neergelegd had (en we zijn ook net buiten geweest, maar ik wist zeker dat ik het daarvoor al kwijt was). Sky hielp met zoeken. Als een echte politieagent vuurde ze vragen op me af: “Waar heb je het voor het laatst gezien? En daarna, waar ging je naartoe? Liep je ook naar de keuken? Heb je het misschien in een andere tas gedaan? In je jaszak? Buiten? Ben je het misschien op straat kwijt geraakt? In de schuur? Hmm…misschien moet je toch een nieuwe kopen, mama.” (Uiteindelijk heb ik ‘dat ding’ per toeval gevonden, boven op de wc, tussen de reserve wc papieren…)

De laatste tijd speelt ze graag ‘papegaaitje’. Dan herhaalt ze elke zin die je zegt, meestal met een steeds bredere glimlach. Dit spelletje is best irritant, kan ik je vertellen. 😉

Foto’s helemaal boven en helemaal onder zijn nog van onze Franse-vakantie. We hebben best veel regen gehad. Gelukkig hadden onze vakantiehuisjes wat spelletjes en filmpjes te leen. En lezen is natuurlijk altijd leuk, helemaal als wij de Franse (kinder)boeken moesten vertalen voor Sky, hihi… (ik spreek alleen 3 woorden Frans, en Joop alleen wat standaard zinnetjes…)

blog 3

grandma panda

Standard

blog1Sky menunjukkan gambarnya sambil memeluk boneka panda kesayangannya: “Lihat mama, ini oma dari boneka pandaku. Pakai topi model kuno, dan pakai lipstick. Bunganya dia jahit sendiri. Itu bunga asli lho, dia petik dari batangnya lalu dijahit begitu.”

Sesudah itu gambarnya dia tambah-tambahi lagi (lihat foto di bawah). Di sebelah oma dia menggambar karet rambut panda-nya. Dan bunga yang dipetik oma untuk dijahit di topi. Di antara dekor bintang-bintang biru yang diapit gorden berwarna pelangi. Bagus ya! 🙂

***
Sky kwam naar mij toe met deze tekening en haar panda knuffel onder haar arm: “Dit is de oma van mijn panda. Ze heeft zo’n ouderwetse hoed en lippenstift op. De bloem heeft ze zelf genaaid. Het is een echte bloem, maar de stengel heeft ze eraf gehaald.”

Op de foto onder heeft ze de tekening verder uitgebreid. Ze tekende naast oma haar panda-elastiekje. En de bloem die oma voor haar hoed geplukt had, met een decor van blauwe sterren tussen regenboog gordijnen. Mooi! 🙂

blog2

the story of Princess Panda

Standard

Kemarin malam sebelum tidur aku duduk di sebelah ranjangnya sambil mendengarkan cerita fantastis ini, yang dimainkannya dengan boneka panda kesayangannya:

Prinses Panda melihat seorang Pangeran dan bertanya: “Maukah kamu menikah denganku?”
Pangeran menjawab: “Tidak, aku tidak punya waktu. Aku harus minum kopi dan mencari makan. Kamu cari pangeran yang lain saja.”
Prinses Panda mencari Pangeran lain dan menemukan yang lebih ganteng. Dia bertanya lagi: “Maukah kamu menikah denganku?”
Tapi dia mendapat jawaban yang sama: “Tidak, aku tidak punya waktu. Tahu nggak, kamu seharusnya mencari Pangeran Beruang.”
Jadilah Prinses Panda pergi mencari Pangeran Beruang.
Tapi dia lalu berpikir: “Aku harus menjadi Prinses betulan dulu. Oya, aku harus menemukan Pohon Beruang dan memanjatnya.”
Tahukah kamu apa itu Pohon Beruang? Itu sebuah pohon yang di dahan-dahannya bergelantungan banyak beruang.
Lalu Prinses Panda sampai ke Pohon Beruang dan memanjat sampai ke atas.
Para beruang bertanya padanya: “Apa kamu juga seekor beruang?”
“Tidak”, jawab Prinses Panda, “Aku seekor panda.”
“O, kalau begitu kami tidak suka”, ujar para beruang,”Ayo cepat pergi dan jangan pernah kembali lagi!”

Konsentrasinya buyar sebentar, tapi tak lama kemudian dia melanjutkan ceritanya. Entah bagaimana caranya ternyata si Prinses Panda berhasil menemukan Pangeran Beruang, karena yang dicita-citakan akhirnya terwujud juga:

“Ya, Prinses Panda dan Pangeran Beruang akan menikah! Mereka menaiki panggung dan berdiri berhadap-hadapan. Tamu-tamu banyak sekali, sampai ke halaman, semuanya penuh. Mereka membungkukkan badan satu sama lain dan semua orang bertepuk tangan. Waktu mereka sudah menikah mereka minum-minum dulu. Pangeran Beruang minum kopi dan Prinses Panda minum secangkir teh. Dan makan kue tart juga. Setelah itu acara dansa. Semua mengira kalau Prinses Panda tidak pintar menari, tapi dia bisa. Tarian Rok. Pangeran Beruang dan para pangeran lain menonton dari depan panggung, karena mereka tentunya tidak bisa ikut menari ‘Tarian Rok’. Sesudahnya gantian para pangeran yang menari. Mereka membuat salto, koprol, meloncat-loncat …macam-macam pokoknya. Prinses Panda jadi kepingin ikut meloncat-loncat juga. Toing! Toing! Sampai akhirnya semua capek. Lalu mereka semua pergi tidur…”

Akhir cerita.

blog

***

Gisterenavond voor bedtijd zat ik naast haar bed naar dit fantastische verhaal te luisteren, het verhaal dat Sky met haar panda-knuffel speelde:

Prinses Panda zag een Prins en vroeg: “Wil je met me trouwen?”
Prins antwoordde: “Nee, ik heb geen tijd. Ik moet koffie drinken en eten halen. Zoek maar een andere prins.”
Prinses Panda zocht een andere prins en vond een knappere prins. Ze vroeg weer: “Wil je met me trouwen?”
Maar ze kreeg hetzelfde antwoord: “Nee, ik heb geen tijd. Weet je, je moet de Berenprins zoeken.”
Dus ging Prinses Panda op zoek naar de Berenprins.
Maar toen bedacht ze: “Ik moet een echte prinses worden. Oja, ik moet de Berenboom vinden en beklimmen.”
Weet je wat een Berenboom is? Dat is een boom met allemaal beren hangend aan de takken.
Toen kwam Prinses Panda bij een Berenboom en ging ze naar boven.
De beren vroegen haar: “Ben je ook een beer?”
“Nee”, zei Prinses Panda, “Ik ben een panda.”
“O nou, daar houden we niet van”, zeiden de beren, ”Maak dat je wegkomt en kom er niet meer terug!”

Zij was even afgeleid, maar vervolgde daarna het verhaal. Blijkbaar heeft Prinses Panda op de een van andere manier haar Berenprins gevonden, want toen gebeurde het toch:

“Ja, Prinses Panda en de Berenprins gaan trouwen! Ze stappen het podium op en gaan tegenover elkaar staan. Er zijn heel veel gasten, tot aan de tuin toe, helemaal vol. Ze buigen en iedereen klapt. Toen ze getrouwd waren gaan ze eerst wat drinken. De Berenprins dronk koffie en Prinses Panda dronk een kopje thee. En ze gingen ook taart eten. Daarna werd er gedanst. Ze dachten dat Prinses Panda niet goed kan dansen, maar dat kan ze wel. De rokjesdans. De Berenprins en andere prinsen keken van voor het podium, want ze kunnen natuurlijk niet meedoen met rokjesdans. Daarna is het de beurt voor de prinsen om te dansen. Ze gaan koprol doen, salto maken, springen…van alles. En Prinses Panda kreeg ook zin om te springen. Spring! Spring! Totdat ze moe werden. En toen gaan ze allemaal slapen…”

Einde verhaal.

her fave at the moment: little red riding hood

Standard

blog1

Sebagian memang gara-gara Efteling (taman wisata a la Disneyland yang mana kami punya kartu langganannya sehingga sering sekali pergi ke sana) bahwa Sky sekarang sedang tertarik sekali dengan cerita si Tudung Merah. Di Efteling ada show khusus yang menampilkannya bersama teman-teman dan musuhnya: si Naga, putri Cinderella dan serigala jahat. Tapi selain itu kami memang juga sering membacakannya cerita-cerita dongeng. Dan dari pasar buku second minggu lalu kami berhasil melengkapi koleksi buku Disney kami dengan dongeng para putri: Putri Salju, Cinderella dan Putri Tidur (Sleeping Beauty). Jadi sekarang Sky mulai mengenal dunia princess alias para per-putri-an, hehe… Belum sampai bahwa dia bilang mau jadi putri sih, tapi yang jelas dia tertarik sekali!

Di video di bawah ini Sky sedang dengan riang menyanyikan lagu tema-nya si Tudung Merah versi Belanda. Liriknya kira-kira berarti: “Tudung merah, kamu mau kemana, sendirian… Mau ke rumah nenek membawakan kue-kue, di hutan… Aku tidak takut dengan serigala jahat, ya aku tidak takut.” Kalau pulang dari sekolah sekarang laporannya yang pertama: “Tadi aku main sama Tudung Merah lho!” Karena di sekolah, di sudut boneka, memang ada semacam panggung boneka kecil dari Efteling, yang isinya boneka-boneka jari, dan satu di antaranya memang si Tudung Merah. Tentunya sudut ini saat ini adalah tempat bermain favorit Sky di sekolah!

***

Het komt zeker mede door de Efteling dat Sky al een tijdje grote interesse heeft in Roodkapje. Daar hebben ze namelijk een speciale Roodkapje show, samen met haar vrienden (en vijand) de draak, prinses Assepoester en de boze wolf. Maar we lezen haar ook vaak het sprookjesboek voor. En sinds kort hebben we onze Disney boeken collectie kunnen uitbreiden met de prinsessen-verhaal van Sneeuwwitje, Assepoester en Doornroosje (handig, zo’n tweedehands boekenmarkt!). Dus begint Sky nu de prinsessen wereld te kennen. Nog niet dat ze zegt zelf een prinses te willen worden, maar ze is wel zeer geïnteresseerd!

Hieronder op het filmpje zingt ze vrolijk het bekende liedje van Roodkapje. En als ze van school terugkomt dan is het eerste wat ze zegt: “Ik heb met Roodkapje gespeeld!” Want op school, bij de poppenhoek, hebben ze een poppentheater van de Efteling met de vingerpoppen van o.a. Roodkapje. Uiteraard is daar op dit moment haar favoriete speelhoek!