Tag Archives: bermain

disney junior and gnome forest

Standard

blog 6

blog 7

blog 8

blog 9

blog 10

Dua aktivitas yang sangat berbeda weekend kemarin.

Hari Sabtu kami bermobil melewati batas negara (hehe, maklum kota kami sudah dekat dengan batas ke Belgia). Sekitar tiga perempat jam, menuju ke mall Wijnegem. Ini kunjungan pertama kami, dan suatu saat pasti bakal kami ulangi lagi. Kebetulan hari itu hari terakhir tema Disney Junior di mall, dengan workshop tari, dan sudut-sudut bertema Disney di mana anak-anak bisa bermain dan berkarya. Ada tema Lion King dan Princess Sofia (favorit Sky!). Dan anak-anak bisa mencari poster tokoh-tokoh Disney di seluruh mall. Setelah lengkap formulirnya kami kumpulkan dan Sky mendapat diploma. Dia suka banget. Nggak terasa kami menghabiskan 5 jam di mall, rekor! Ya, Sky memang sekarang sudah besar, jauh lebih gampang dibawa kemana-mana dan melakukan berbagai aktivitas. Menyenangkan sekali!

Sepanjang weekend cuaca musim semi enak sekali. Hari Minggu pagi papa dan Sky pergi berenang. Setelah makan siang kami menuju ke hutan khusus tempat bermain anak di Chaam. Juga untuk pertama kalinya, dan juga layak dicatat karena memang asyik sekali. Ada jalur khusus kurcaci yang ditandai dengan 20 patung kurcaci bertopi merah, mengitari hutan sepanjang sekitar 1,5 km. Cocok banget buat Sky. Di antaranya kami menemukan gubug kayu (yang pernah dibuat anak lain, dan kami tambahi ranting-ranting kayunya), jembatan dari kayu yang tumbang, dan segala macam fenomena alami lain untuk sebuah petualangan outdoor yang seru. 🙂

***

Twee heel verschillende activiteiten gedaan dit weekend.

Zaterdag zijn wij bij winkelcentrum Wijnegem in België geweest, zo’n drie kwartier rijden van onze stad. Ons eerste bezoek, en het is zeker voor een herhaling waard. Het was toevallig de laatste dag dat zij het Disney Junior thema hadden, met dansworkshops van de Disney host, knutselhoekjes en spelletjes van Prinses Sofia (Sky’s favoriet!) en van Simba de Leeuwenkoning. En een speurtocht om de Disney figuren door het hele complex te spotten. Aan het eind kreeg Sky een diploma. Ze vond het super leuk allemaal. Onopgemerkt zijn wij zo’n 5 uur daar gebleven! Ja, we merken dat Sky nu echt groter is en makkelijker meedoet in alles. Heel prettig!

Het hele weekend hebben we heerlijk lenteweer. Zondag gingen Sky en papa eerst zwemmen. En na de lunch zijn wij richting het speelbos in Chaam gereden. Ook voor de eerste keer, en ook een adres om te onthouden. Er is een kabouterpad met 20 kabouterpaaltjes over een 1,5 km route. Precies goed voor Sky. Daartussen vonden we een paar hutten, bruggen van omgevallen bomen, en andere perfecte ingrediënten voor een buiten avontuur. 🙂

blog 3

blog 2

blog 4

blog 1

blog 5

Advertisements

“I dream about the sun…”

Standard

blog2

Sky terbangun kemarin pagi, dan kalimat pertamanya adalah:
“Ik droom over de zon,
en wou dat ik zo ver reizen kon.”
Terjemahan bebasnya:
“Aku bermimpi tentang matahari,
dan berharap bisa berpetualang sejauh jarak mentari.”
(Aslinya lebih bagus sih, kalau diterjemahkan jadi agak maksa, hehe)
Ini salah satu sajak terindah yang pernah aku dengar! 🙂

Kecuali membuat sajak berima (yang buat kami adalah semacam permainan, dan yang mana Sky makin hari makin pintar saja), beberapa hari ini kami banyak melakukan “permainan” seru:

Foto atas: Eksperimen tentang penyerapan air. Juga menarik buat kami untuk mengamati bahwa warna biru paling cepat dan paling banyak diserap (bahkan cuma dalam waktu sejam setelah dimasukkan ke air daunnya sudah berwarna biru total!), dan bahwa warna kuning hari berikutnya juga sudah sepenuhnya mewarnai daun kol. Tapi warna merah muda tidak terlalu terlihat penyerapannya dan warna ungu malah tidak kelihatan sama sekali! Untuk warna ungu kami memang memakai jenis pewarna yang lain, yaitu berbentuk cair sedangkan yang lain berbentuk bubuk. Seru sekali mengamati dan membahas hasil ini bersama dengan Sky!

Foto tengah: Aktivitas ini juga Sky sangat suka. Kami menempel kertas berbentuk-bentuk warna-warni dan dia boleh mengarang sisanya, menggambar dan mewarnai sesuai imajinasi. Hasilnya lucu-lucu kan!

Foto bawah: Dan yang tidak boleh terlewatkan; bermain bersama. Di hari Sabtu pagi, bertiga bermain Lotto (permainan mencocokkan kartu dengan gambar yang kita punya). Dan bermain kereta api (plus mobil-mobilan yang ikutan nebeng rel kereta). Menyenangkan! 🙂

***

blog1

Sky werd gisterenochtend wakker, en haar eerste zinnen waren:
“Ik droom over de zon,
en wou dat ik zo ver reizen kon.”
Het is een van de mooiste regels die ik ooit gehoord heb! 🙂

Behalve rijmen (die wij als een soort spelletje doen, en die zij steeds beter in is), hebben we deze laatste dagen veel leuke “spelletjes” gedaan.

Foto boven: Een leuke experiment met water-absorptie. Ook voor ons een leuke ontdekking dat de blauwe kleur het snelst en hardst geabsorbeerd wordt (al na een uur was het blad helemaal blauw!), en dat geel de volgende dag ook helemaal in het blad zit, maar dat roze niet zo goed te zien is en paars helemaal niet! Voor de paarse kleur hebben we inderdaad een andere kleurstof gebruikt, vloeibaar ipv poeder. Grappig om het resultaat zo samen met Sky te bewonderen!

Foto midden: Deze activiteit vindt Sky ook super leuk. We plakken wat gekleurde vormpjes en ze mag de rest zelf verzinnen, tekenen en kleuren. Wat vind je van de resultaten? We vinden het super leuk!

Foto onder: En het kan natuurlijk niet ontbreken; gewoon ouderwets een spelletje doen. In dit geval Lotto, met z’n drieën. En treintje (plus autootjes) spelen. Gezellig! 🙂

blog4

blog5

puppet show

Standard

blog

Akhir-akhir ini Sky lebih suka bermain dengan benda-benda rumahan. Mainan betulan tidak dia sentuh, kalaupun dimainkan cuma 5 menit. Tapi kalau bermain kapal bajak laut (dengan meja sebagai kapal, payung dan syal sebagai bendera, gulungan kertas sebagai teropong, selimut biru sebagai laut…) atau pura-pura bermain ski dengan menaruh dua bantal di bawah kakinya, atau bermain menyedot debu dengan sebuah dus yang diikat tali di depan dan belakang, atau bermain dengan serpihan-serpihan kertas, berbagai macam tas dan syal…wah betah deh. Terutama kalau dikombinasi dengan role play, alias bermain pura-pura. Dengan sobat karibnya bisa berjam-jam bermain “ayah-ibu” (diadaptasi jadi dua ibu, atau ibu dan anak perempuan dan adik kecil yaitu boneka bayinya). Bermain seolah-olah pergi les menari atau les berenang, atau bermain sekolah-sekolahan, atau belanja ke supermarket. Seru sekali melihatnya, biarpun juga menyita banyak waktu dan perhatian, karena dia selalu ingin melibatkan kita dalam petualangannya.

Beberapa hari lalu aku mendapat undangan darinya, ditulis dan digambari sendiri. Untuk menghadiri sebuah pertunjukan istimewa yang akan dimulai 10 menit lagi. Aku menempati tempat di sofa bersama tamu-tamu undangan (para boneka) lain, dan menunggu. Dia menaiki podium (kursi kecil) di depan tv dengan mikrofon di tangannya, dan seperti MC prof mengucapkan kata-kata pembuka acara yang ternyata adalah panggung boneka. Di penghujung acara kami semua akan mendapat kejutan kecil, tambahnya, sambil menunjuk keranjang di sisinya yang ditutupi kain. Lalu dia turun podium, menyusup di belakang meja yang di depannya diselimuti kain transparan, dan mulai memainkan boneka-boneka kertas yang digunting dan dibuatnya sendiri. Keren banget!

Lalu, apa kejutannya sesudah panggung boneka selesai? Dia membuka penutup keranjang dan memperlihatkan isinya: penuh dengan buah dan es krim (mainan). Semua yang hadir boleh memilih cemilan enak untuk menutup acara. 🙂

***

blog1

De laatste tijd speelt Sky het liefst met huishoudelijke spulletjes. Haar “echte” speelgoed laat ze links liggen, of speelt er 5 minuten mee. Maar met een piratenboot (tafel als boot, paraplu en sjaal als vlag, lege rol bakpapier als verrekijker, blauwe deken als zee…) of met twee kussens onder haar voeten (skiën!) of een doos met lintje erachter en ervoor (stofzuigen!) of met allerlei papierensnippertjes of sjaals of tassen….daar is ze wel uren zoet mee. Vooral rollenspel is erg geliefd. Met haar vriendinnetje spelen ze eindeloos ‘vadertje-moedertje’ (met twee moeders, of moeder en grote zus en een baby pop). Spelen ze de dansles en zwemles na, of schooltje, of boodschappen doen. Geweldig om te zien, maar tegelijkertijd vergt het ook veel tijd en aandacht, want het liefst betrekt ze ons in haar avonturen.

Laatst kreeg ik van haar een uitnodiging (zelfgeschreven en getekend) voor een speciale voorstelling die over 10 minuten zou beginnen. Ik nam plaats op de bank samen met andere gasten (knuffels) en wachtte. Ze stapte op een krukje voor de tv met een microfoon in haar hand, en als een pro gaf ze de inleiding voor de voorstelling, wat een poppenkast bleek te zijn. Na afloop zouden we ook allemaal een verrassing krijgen (ze wees naar een mandje naast haar, de inhoud nog geheim onder een doek). Daarna stapte ze af, kroop achter haar tafel die ze van tevoren al met een doorzichtige sjaal heeft gedekt, en begon met zelfgeknipte papieren poppetjes een heel verhaal te vertellen. Super leuk!

En de verrassing na de voorstelling? Ze opende de doek en toonde ons een mand vol (nep) fruit en ijsjes, en ieder mocht iets lekkers uitzoeken. 🙂

some talks and creativity

Standard

blog2

Beberapa pertanyaan dan ucapan Sky yang lucu dan pintar:

  • “Mama, kenapa sih kita bentuknya seperti ini? Karena binatang…seperti domba…kan punya empat kaki, kenapa kita cuma dua? Dan kenapa kita punya kulit yang menutupi tulang?”
  • “Mama, aku ingin pergi ke Jepang…apa mereka punya naga betulan di sana?” (Ini inspirasinya datang dari salah satu buku bacaannya tentang naga).
  • “Kalau ada yang bisa keluar dari TV, kamu mau pilih apa? Aku mau ada naga yang keluar jadi betulan, kayaknya lucu deh.” (Ini jelas masih terinspirasi dari buku yang sama, padahal tidak semua naga di buku itu lucu, justru sebaliknya!)
  • “Kalau aku besar nanti, aku nggak mau naik motor ah. Mereka jalannya suka ngebut, dan suaranya juga kencang. Naik sepeda saja, habis itu naik mobil.” (Harusnya pas dia ngomong begini aku rekam ya, hehe, nanti 13 tahun lagi bisa diperdengarkan lagi).
  • Aku bertanya apa air showernya sudah pas suhunya, jawabnya: “Sebetulnya terlalu hangat, tapi enakkkk banget…”
  • Kami sedang bersepeda bersama, sambil aku mengagumi warna-warni musim gugur yang menghiasi pepohonan di sepanjang jalan. Cantik sekali! Sky bertanya: “Apa nama jalan ini ma? Aku akan mengingatnya.” Wah, manis sekali tawarannya! Aku sendiri tidak tahu apa nama jalannya, jadi aku bilang bahwa kita harus mencari papan nama berwarna biru yang bertuliskan nama jalan. Dia menunjuk ke depan: “Itu ada papan biru!” Aku menjelaskan bahwa itu nama jalan yang di samping kanan (karena papan jalan di sini sejajar dengan jalannya). Akhirnya kami menemukan juga nama jalannya. Entah dia sekarang masih ingat atau tidak, hehe…biarpun ingatannya luar biasa bagus, tapi nama jalan rasanya masih terlalu susah untuk diingat.

blog5Makin hari anak ini makin kreatif saja. Karena dia belum bisa membuat simpul atau pita, jadi dia menggunakan jepitan baju untuk segala kreasinya. Menghubungkan tali-temali atau menggantungnya pada sesuatu (atau pada kami, hehe). Di rumah tersedia sebuah dus besar berisi beragam pita, tali, renda, wol, pipe cleaners, selotip warna-warni…dan setiap hari dibongkarnya dus ini untuk membuat prakarya baru. Senang sekali melihatnya begitu menikmati berkreasi, bahwa dia bisa menciptakan benda-benda dari fantasinya, dan juga bangga karenanya! (Tentu ortunya juga bangga banget!) 🙂

Foto atas:
Kiri: Dia membuat ranjang goyang untuk boneka bayinya menggunakan tangga dapur yang dibalik. Kebetulan pegangan tangganya melengkung sehingga kalau dibalik jadi bisa digoyang-goyang. Lalu dia lengkapi dengan “seatbelt” dan diselimuti…
Kanan: Dia meminjam headphone papa dan memasang pita merah dari situ ke laptop merah mudanya, dan berpura-pura bahwa dia sedang mendengarkan musik. 😀

Foto tengah:
Kiri: “Lihat mama, aku jadi orang Eskimo!”
Kanan: Dia bilang agak kedinginan, tidak lama kemudian aku melihatnya duduk di bawah kreasi hangat ini, hehe 😀

Foto bawah:
Dia ingin membuat “sebuah laptop seperti punya mama” (yah, mungkin karena sering melihat mamanya duduk di belakang laptop ya). Jadilah kami bersama-sama membuat prakarya laptop unik dari dus bekas. Di keyboard-nya kami tulisi ABC dan 123, dan isi layarnya bisa diganti-ganti (menggunakan plastik yang ditempel di 3 sisi dan terbuka di bagian atas), dan bagian tengah dus bisa digunakan untuk menyimpan gambar-gambar yang mau dia gunakan untuk mengisi layar.

***

blog3

Sky’s grappige, slimme, en uitdagende vragen en uitspraken:

  • “Mama, waarom zien we er zo uit? Want dieren…schapen ofzo…hebben vier poten, waarom wij maar twee? En waarom hebben we huid rondom onze botten?”
  • “Mama, ik wil naar Japan gaan…hebben ze daar echt draken?” (Dit is geïnspireerd door een van haar draken-boeken).
  • “Als iets uit de televisie kan komen, wat zou je dan willen? Ik zou willen dat een draak uitkomt, dat vind ik lief.” (Dit komt duidelijk nog uit hetzelfde boek, hoewel niet alle draken in dat boek lief zijn…integendeel!)
  • “Als ik groot ben, wil ik geen brommer rijden hoor, ook geen motor. Ze rijden veels te hard en maken herrie. Gewoon fietsen, en dan auto rijden.” (Dit moet ik eigenlijk opnemen om haar het over 13 jaar weer te laten horen).
  • Zij stond onder de douche en ik vroeg of de temperatuur van het water goed was. Antwoordde ze: “Het is eigenlijk te warm, maar ik vind het héérlijkkk….”
  • Toen wij samen aan het fietsen waren uitte ik mijn verwondering over hoe mooi de weg is, met de bomen eromheen in volle, prachtige herfstkleuren. Sky vroeg dan: “Wat is de naam van deze straat? Ik zal het onthouden.” Nou, dat vind ik wel erg lief van haar! Ik wist de straatnaam niet, dus ik zei tegen haar dat we naar een blauwe bord met straatnaam moeten zoeken. Ze wees naar voren: “Daar is het mama!” Ik legde uit dat het voor de zijstraat is. Zo ook het volgende bordje. Maar eindelijk hebben we de goede naam gevonden en ben ik benieuwd of ze de naam nu nog weet. 😉 (Hoewel, haar geheugen is echt ontzettend goed, blijkt weer keer op keer!)

Ze wordt met de dag creatiever, zo lijkt het. Omdat zij nog geen strik of knoop kan maken, gebruikt ze overal wasknijpers voor. Zo hangt ze touwen aan elkaar of aan iets (of aan ons, haha), en maakt ze de leukste creaties met lintjes, touwtjes, pluche wol, pijpenragers, kant, knispertouw, gekleurde plakbandjes… We hebben een volle bak met al die dingen in huis, die elke dag gebruikt wordt. Erg leuk om te zien dat zij zoveel plezier aan beleeft met haar eigen knutseltjes, dat zij vanuit niets iets weet te maken, en dat zij er trots op zijn! (Wij ook natuurlijk!) 🙂

Op de foto’s boven:
Links: Ze maakte een wiegje voor haar baby knuffel door het keukentrapje om te draaien (het heeft toevallig een ronde leuning, dus het wiegje kan schommelen). Vastgezet met een “gordel” en een deken erop…
Rechts: Ze maakte een lint vast van geleende papa’s koptelefoon naar haar roze laptopje, en deed alsof ze muziek van haar laptop zat te luisteren. 😀

Foto’s midden:
Links: “Kijk mama, ik ben een Eskimo!”
Rechts: Ze zei dat ze koud had, met deze warme creatie als resultaat. 😀

Foto’s onder:
Ze wilde graag “een laptop zoals die van mama” (tja, waarschijnlijk omdat ze mij vaak achter mijn laptop ziet zitten). Dus hebben we samen deze unieke laptop gemaakt van een doos. Met ABC en 123 toetsenbord, een wisselbare scherm (door plastic hoes op 3 kanten vast te plakken) en een opbergruimte voor de tekeningen die ze op haar scherm wil hebben.

blog4