not a fan of marzipan

Standard

blog1

Kemarin Sky bertanya: “Mama, marzipan itu rasanya kayak apa sih? Aku belum pernah mencoba ya.”
Marzipan itu semacam kue/cookie empuk, yang bahan utamanya tepung kacang almond dan gula, rasanya manis dan biasanya dibentuk lucu-lucu. Paling sering dimakan memang selama minggu-minggu Sinterklaas seperti sekarang ini. Aku menduga Sky penasaran karena di lagu-lagu Sinterklaas memang marzipan banyak disebut-sebut.

Jadilah kami pergi ke supermarket untuk membeli satu dus kecil marzipan. Yang paling populer bentuknya adalah babi merah muda, yang membuatnya langsung bertanya: “Kenapa sih bentuk marzipan sering babi? Di toko yang lain juga kan, itu tokonya penuh dengan babi-babi marzipan merah muda…apa ya nama tokonya? Yang di seberang toko H itu lho? Oya, namanya V & D!”
Sebetulnya aku juga kurang tahu sih, kenapa bentuk marzipan yang paling populer adalah babi…hehe…

Sesampainya di rumah kami menyeduh secangkir teh, lalu duduk santai di sofa dengan masing-masing sekeping marzipan di tangan. Dia mulai mencicipi…satu, dua gigitan kecil, lalu katanya: “Mama, ini pasti makanan yang nggak sehat ya, manis banget gini…”

Waktu sudah habis kira-kira setengah dia bilang lagi: “Aku makan lapisan coklat bawahnya saja dulu ya ma, sisanya aku simpan buat nanti.” Sejam kemudian aku bertanya apakah dia masih mau menghabiskan sisa marzipan-nya, jawabnya: “Enggak ah, nggak usah. Aku ternyata nggak terlalu suka kok.” 😀

***

Gisteren vroeg Sky: “Mama, hoe smaakt marsepein? Ik heb het nog nooit geproefd.”
In de Sinterklaas liedjes die zij deze dagen veelvuldig zingt komt het woord “marsepein” natuurlijk veel voor, daar komt denk ik haar nieuwsgierigheid vandaan.

Dus gingen we naar de supermarkt om een doosje marsepein te halen. De bekende roze varkentjes, waarna ze vroeg: “Waarom is marsepein altijd een varkentje? Bij die andere winkel ook toch, die zit vol met roze marsepein varkentjes…hoe heet ie nou? Tegenover Hema? Oja, V en D is dat!”
Ik heb ook geen idee waarom het vaak varkentjes zijn, die marsepein…

Thuis zetten we een kopje thee op en nestelden we ons op de bank, met ieder een marsepein in de hand. Ze begon te proeven…twee, drie kleine hapjes, en zei: “Deze is eigenlijk niet zo gezond hè mama, zó zoet…”

Toen ze ongeveer de helft op had, zei ze: “Mama, ik eet alleen de chocolade onderkant op, de rest bewaar ik voor straks.” Een uurtje later vroeg ik of ze de rest nog wil opeten…”Nee ik hoef het niet, ik vind het eigenlijk niet zo lekker.” 😀

blog2

Advertisements

2 responses »

  1. November is de maand van overvloed (boeren gingen vroeger in deze maand hun varkens slachten; voorraad voor de winter) en herfst. In 1850 waren er in Amsterdam een aantal bakkers die in november ook varkentjes van marsepein gingen maken. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s