some talks and creativity

Standard

blog2

Beberapa pertanyaan dan ucapan Sky yang lucu dan pintar:

  • “Mama, kenapa sih kita bentuknya seperti ini? Karena binatang…seperti domba…kan punya empat kaki, kenapa kita cuma dua? Dan kenapa kita punya kulit yang menutupi tulang?”
  • “Mama, aku ingin pergi ke Jepang…apa mereka punya naga betulan di sana?” (Ini inspirasinya datang dari salah satu buku bacaannya tentang naga).
  • “Kalau ada yang bisa keluar dari TV, kamu mau pilih apa? Aku mau ada naga yang keluar jadi betulan, kayaknya lucu deh.” (Ini jelas masih terinspirasi dari buku yang sama, padahal tidak semua naga di buku itu lucu, justru sebaliknya!)
  • “Kalau aku besar nanti, aku nggak mau naik motor ah. Mereka jalannya suka ngebut, dan suaranya juga kencang. Naik sepeda saja, habis itu naik mobil.” (Harusnya pas dia ngomong begini aku rekam ya, hehe, nanti 13 tahun lagi bisa diperdengarkan lagi).
  • Aku bertanya apa air showernya sudah pas suhunya, jawabnya: “Sebetulnya terlalu hangat, tapi enakkkk banget…”
  • Kami sedang bersepeda bersama, sambil aku mengagumi warna-warni musim gugur yang menghiasi pepohonan di sepanjang jalan. Cantik sekali! Sky bertanya: “Apa nama jalan ini ma? Aku akan mengingatnya.” Wah, manis sekali tawarannya! Aku sendiri tidak tahu apa nama jalannya, jadi aku bilang bahwa kita harus mencari papan nama berwarna biru yang bertuliskan nama jalan. Dia menunjuk ke depan: “Itu ada papan biru!” Aku menjelaskan bahwa itu nama jalan yang di samping kanan (karena papan jalan di sini sejajar dengan jalannya). Akhirnya kami menemukan juga nama jalannya. Entah dia sekarang masih ingat atau tidak, hehe…biarpun ingatannya luar biasa bagus, tapi nama jalan rasanya masih terlalu susah untuk diingat.

blog5Makin hari anak ini makin kreatif saja. Karena dia belum bisa membuat simpul atau pita, jadi dia menggunakan jepitan baju untuk segala kreasinya. Menghubungkan tali-temali atau menggantungnya pada sesuatu (atau pada kami, hehe). Di rumah tersedia sebuah dus besar berisi beragam pita, tali, renda, wol, pipe cleaners, selotip warna-warni…dan setiap hari dibongkarnya dus ini untuk membuat prakarya baru. Senang sekali melihatnya begitu menikmati berkreasi, bahwa dia bisa menciptakan benda-benda dari fantasinya, dan juga bangga karenanya! (Tentu ortunya juga bangga banget!) 🙂

Foto atas:
Kiri: Dia membuat ranjang goyang untuk boneka bayinya menggunakan tangga dapur yang dibalik. Kebetulan pegangan tangganya melengkung sehingga kalau dibalik jadi bisa digoyang-goyang. Lalu dia lengkapi dengan “seatbelt” dan diselimuti…
Kanan: Dia meminjam headphone papa dan memasang pita merah dari situ ke laptop merah mudanya, dan berpura-pura bahwa dia sedang mendengarkan musik. 😀

Foto tengah:
Kiri: “Lihat mama, aku jadi orang Eskimo!”
Kanan: Dia bilang agak kedinginan, tidak lama kemudian aku melihatnya duduk di bawah kreasi hangat ini, hehe 😀

Foto bawah:
Dia ingin membuat “sebuah laptop seperti punya mama” (yah, mungkin karena sering melihat mamanya duduk di belakang laptop ya). Jadilah kami bersama-sama membuat prakarya laptop unik dari dus bekas. Di keyboard-nya kami tulisi ABC dan 123, dan isi layarnya bisa diganti-ganti (menggunakan plastik yang ditempel di 3 sisi dan terbuka di bagian atas), dan bagian tengah dus bisa digunakan untuk menyimpan gambar-gambar yang mau dia gunakan untuk mengisi layar.

***

blog3

Sky’s grappige, slimme, en uitdagende vragen en uitspraken:

  • “Mama, waarom zien we er zo uit? Want dieren…schapen ofzo…hebben vier poten, waarom wij maar twee? En waarom hebben we huid rondom onze botten?”
  • “Mama, ik wil naar Japan gaan…hebben ze daar echt draken?” (Dit is geïnspireerd door een van haar draken-boeken).
  • “Als iets uit de televisie kan komen, wat zou je dan willen? Ik zou willen dat een draak uitkomt, dat vind ik lief.” (Dit komt duidelijk nog uit hetzelfde boek, hoewel niet alle draken in dat boek lief zijn…integendeel!)
  • “Als ik groot ben, wil ik geen brommer rijden hoor, ook geen motor. Ze rijden veels te hard en maken herrie. Gewoon fietsen, en dan auto rijden.” (Dit moet ik eigenlijk opnemen om haar het over 13 jaar weer te laten horen).
  • Zij stond onder de douche en ik vroeg of de temperatuur van het water goed was. Antwoordde ze: “Het is eigenlijk te warm, maar ik vind het héérlijkkk….”
  • Toen wij samen aan het fietsen waren uitte ik mijn verwondering over hoe mooi de weg is, met de bomen eromheen in volle, prachtige herfstkleuren. Sky vroeg dan: “Wat is de naam van deze straat? Ik zal het onthouden.” Nou, dat vind ik wel erg lief van haar! Ik wist de straatnaam niet, dus ik zei tegen haar dat we naar een blauwe bord met straatnaam moeten zoeken. Ze wees naar voren: “Daar is het mama!” Ik legde uit dat het voor de zijstraat is. Zo ook het volgende bordje. Maar eindelijk hebben we de goede naam gevonden en ben ik benieuwd of ze de naam nu nog weet. 😉 (Hoewel, haar geheugen is echt ontzettend goed, blijkt weer keer op keer!)

Ze wordt met de dag creatiever, zo lijkt het. Omdat zij nog geen strik of knoop kan maken, gebruikt ze overal wasknijpers voor. Zo hangt ze touwen aan elkaar of aan iets (of aan ons, haha), en maakt ze de leukste creaties met lintjes, touwtjes, pluche wol, pijpenragers, kant, knispertouw, gekleurde plakbandjes… We hebben een volle bak met al die dingen in huis, die elke dag gebruikt wordt. Erg leuk om te zien dat zij zoveel plezier aan beleeft met haar eigen knutseltjes, dat zij vanuit niets iets weet te maken, en dat zij er trots op zijn! (Wij ook natuurlijk!) 🙂

Op de foto’s boven:
Links: Ze maakte een wiegje voor haar baby knuffel door het keukentrapje om te draaien (het heeft toevallig een ronde leuning, dus het wiegje kan schommelen). Vastgezet met een “gordel” en een deken erop…
Rechts: Ze maakte een lint vast van geleende papa’s koptelefoon naar haar roze laptopje, en deed alsof ze muziek van haar laptop zat te luisteren. 😀

Foto’s midden:
Links: “Kijk mama, ik ben een Eskimo!”
Rechts: Ze zei dat ze koud had, met deze warme creatie als resultaat. 😀

Foto’s onder:
Ze wilde graag “een laptop zoals die van mama” (tja, waarschijnlijk omdat ze mij vaak achter mijn laptop ziet zitten). Dus hebben we samen deze unieke laptop gemaakt van een doos. Met ABC en 123 toetsenbord, een wisselbare scherm (door plastic hoes op 3 kanten vast te plakken) en een opbergruimte voor de tekeningen die ze op haar scherm wil hebben.

blog4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s