our Indonesia trip (day 6, monkey forest and holy water spring temple)

Standard

blog

Sudah menjadi keharusan tentunya, kalau sudah di Ubud, untuk mengunjungi Monkey Forest. Tapi bukan hanya karena keharusan jadi kami ke sana. Tempatnya kan memang lucu banget! Hehe…Seperti sudah diduga Sky senang sekali di sana, mengamati para monyet yang berkeliaran. Terutama kalau ada mama monyet yang menggendong anaknya di perut, atau ada monyet yang memanjati para pengunjung. Saran yang umum kami terima adalah untuk melepas kacamata dan perhiasan lainnya, berhubung banyak monyet yang iseng dan tertarik pada benda-benda mengkilap. Tapi di kasir kami blog3diberitahu bahwa monyet zaman sekarang ternyata sudah ‘nggak doyan’ kacamata dan sejenisnya, hehe… Kacamata Sky masih tetap kami lepas. Main aman saja deh. Tapi aku tetap memakai kacamataku, karena kalau dicopot bakal lebih sering menabrak-nabrak daripada berjalan-jalan, haha… Dan sepertinya memang betul. Monyetnya tidak lagi tertarik pada kacamata. Yang mereka tunggu-tunggu adalah bunyi kantong plastik. Begitu ada bunyi kemeresek pasti bakal ada monyet berloncatan ke kepala, bahu, atau tas ransel pengunjung. Seringnya memang tepat, karena bunyi plastik sering berarti ada pengunjung yang mau mengeluarkan makanan untuk para monyet. Dan berhubung monyetnya memang nakal-nakal, sering plastiknya sudah direbut terlebih dulu sebelum makanannya bisa dikeluarkan. Kami tidak membawa apa-apa waktu kesana, tapi toh ada satu monyet yang datang mengecek, naik ke tas ransel Joop. Tidak lama, karena cepat sadar bahwa dia nggak bakal dapat apa-apa dari kami, hehe…

***

“Monkey forest” (= het apenbos) is zo’n beetje DE attractie van Ubud. Maar niet alleen daarom gingen we er naartoe, het is gewoon zo’n grappige plek! Sky vond het natuurlijk geweldig, al die loslopende apen. Vooral als er een baby aap hangend aan mama’s buik te zien is, of als er een aap een toerist beklimt. Het is algemeen bekend dat de apen erg brutaal zijn, en iedereen zal wel weten dat brillen en andere blinkende sieraden geliefd bij de apen zijn. Maar bij de kassa werden we verteld dat de apen tegenwoordig geen brillen meer “lustten”, dus we hoefden onze brillen niet af te doen. Bij Sky deden we het voor de zekerheid nog hoor, maar ik heb mijn bril gewoon opgehouden (anders zie ik geen hand voor ogen!). En inderdaad, het lijkt alsof de apen niet meer geïnteresseerd zijn in brillen en sieraden. Waar ze wel super alert op zijn, is het geluid van plastic zakje. Zodra ergens een geritsel te horen is, springen de apen er naartoe. Vaak terecht, want het waren vaak de toeristen die wat eten aan hun wilden geven. En zo brutaal als die apen zijn, gristen ze vaak de zakjes al voordat het eten werkelijk uit de zak gaat. Of springen ze wild op je hoofd, schouder, en rugzak. We hadden niks bij ons, maar er sprong toch op een gegeven moment een aap op Joop zijn rugzak. Niet lang, want hij besefte dat er bij ons niks te halen viel, haha….

blog1

blog2

Dari Monkey Forest kami menuju ke arah Utara. Waktunya berwisata budaya, setelah berkunjung ke binatang-binatang. Ubud memang terkenal atas seni budayanya, dan terlihat jelas waktu kami bermobil melewati desa-desa di sana. Jalanan penuh toko-toko benda seni. Yang satu lebih cantik dan lebih unik dari yang lain. Tapi kami tidak berhenti, sampai ke tempat tujuan kami: Pura Tirtha Empul, di bawah Istana Tampak Siring. Istananya ternyata tidak boleh dimasuki, bahkan tidak boleh bermobil mengelilinginya. Bapak penjaga Pura memberitahu bahwa hanya dengan surat izin khusus orang boleh mengunjungi Istana. Ya sudah, Pura-nya juga sudah bagus banget kok.

Dalam versi bahasa Belanda di bawah ini aku menjelaskan sedikit apa itu yang namanya Pura. Tapi dalam bahasa Indonesia tidak usah pakai penjelasan segala lah ya, hehe…Kami memang sengaja memilih Pura Tirtha Empul karena tidak terlalu ramai, lokasinya dekat Ubud, dan ada pancuran air sucinya. Sebelum masuk ke kompleks Pura kami harus memakai sarung dulu. Sky dipinjami sebuah syal kuning untuk dililitkan di pinggangnya. Kompleks Puranya sendiri memang mengesankan. Secara fisik, dari bangunan, arsitektur, patung-patung dan ukiran seni, kolam-kolam dan pancuran air. Juga dari segi sejarah, banyaknya arti dan makna dari setiap ritual dan kegiatan yang dilakukan di sana.

***

blog4Na het apenbos reden we richting het noorden. Het is tijd om iets cultureels te doen, na al dat dierenbezoek. Ubud is bekend om zijn kunstwereld. Het was duidelijk te zien toen we langs de verschillende dorpen reden. Hele straten vol kunstwinkeltjes, de ene nog mooier en unieker dan de andere. Maar we stopten niet, totdat we bij onze bestemming waren: Pura Tirtha Empul, naast het paleis van Tampak Siring. Het paleis zelf is helaas niet toegankelijk voor publiek. Mag ook geen rondje om het paleis rijden, zei de strenge meneer van de Pura. Men moet speciaal toestemming (brief van hoge ambtenaar) hebben voor het paleisbezoek. Okee dan…de Pura is ook al heel leuk.

Wat is nou een Pura? Het eiland Bali is het enige Hindoeïstische eiland van Indonesië. Dat betekent dat de meerderheid van de bevolking het geloof Hindoe omarmen. En een Pura is een heilige plek om te bidden, offer te doen, allerlei ceremoniële taken te vervullen…kortom, wat een kerk voor de christenen en een moskee voor de moslim is, is een Pura voor de Hindoes. De Pura die wij bezochten, Pura Tirtha Empul, heeft nog iets extra bijzonder: een heilige bron. Waar mensen onder de stromende fonteintjes hun lichaam en ziel reinigen (ik denk dat het nu alleen gebeurd op bepaalde dagen, want toen we daar waren was er niemand in het water).

We moesten een Balinese sarong dragen alvorens wij de Pura in mochten. Sky kreeg een gele sjaal om om haar middel te knopen. Leuk allemaal, en best indrukwekkend om te wandelen rond de Pura. Fysiek, met al de tempeltjes, de offers, de gebouwen en kunstwerken. Maar ook de betekenissen en de geschiedenis ervan.

blog5

blog7

blog8

blog6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s