three scenes before bedtime

Standard

blogPercakapan kami dengan Sky sebelum dia pergi tidur malam hampir selalu mengagumkan. Kami mengantarnya tidur bergantian, jadi percakapan ini kadang terjadi dengan mama, dan kadang dengan papa. Di bawah ini 3 di antaranya yang terbaru:

1. Sky menyebutkan semua benda di kamar tidurnya dan tiap kali bertanya: “Ranjang, huruf apa?” Aku tahu maksudnya, dia mau tahu kata ‘ranjang’ itu dimulai dengan huruf apa. Jadi jawabanku setiap kali seperti ini: “R itu dari ranjang…t dari tembok…g dari gorden…l dari lemari” dst dst. Setengah jam lamanya dia bertanya terus seperti itu, dan saat aku sudah bosan dan mengira bahwa ini semua sia-sia saja, tiba-tiba Sky mulai berpikir sendiri: “B… itu dari ‘bed’ (= ranjang), tapi juga dari ‘bear’ (boneka beruangnya)…dan juga dari ‘bola’, ya kan mama? Dan M dari ‘muur’ (= tembok) itu juga M dari ‘mama’?” Ohh yaaaa betul nak, betul sekali! πŸ™‚

2. Ini percakapan (nyaris) satu arah. Sky: “Papa, kenapa hari ini hari Selasa? Kenapa matahari bersinar? Kenapa ada bintang-bintang? Kenapa burung hantu duduk di pohon? Dan bulan di langit? Kenapa jam cuma sampai 12? Kenapa gorden ditutup, kan aku jadi tidak bisa melihat bintang…karena aku selalu tidur dengan mata terbuka, karena kalau tidak aku nggak bisa bermimpi.” πŸ˜€

3. Sky masih harus menunggu setahun lebih sebelum dia boleh masuk SD, tapi bahwa dia kadang-kadang sudah berpikirΒ tentang itu terbukti dari percakapan ini:

Sky: “Kalau aku sudah umur 4 …aku boleh ke sekolah besar. Yang mana, mama?”
Aku: “Ya betul. Kamu bakal masuk ke SD Montessori.”
Sky: “Nomer berapa sih?”
(aku tidak mengerti apa yang dia maksud, dan setelah beberapa kali bertanya rasanya maksud pertanyaannya adalah kelas yang mana nanti akan dia masuki)
Aku: “Kamu nanti masuk kelas 1, tapi persisnya di kelas yang mana dan gurunya siapa kita belum tahu. Nanti kalau sudah dekat baru tahu.”
Sky: “Apa aku bisa bermain di sana?”
Aku: “O ya pasti, kamu bisa bermain sebanyak-banyaknya di sekolah nanti.”
Sky: “Apa mereka juga punya hulahup? (seperti yang kadang dimainkannya di preschool-nya yang sekarang)”
Aku: “Hmm…sepertinya punya ya.”
Sky: “Yang warna kuning juga?”
Aku: “Hmm…mungkin. Tapi kalau tidak pasti ada warna-warna lain yang juga bagus.”
Sky: “Dan…apa anak-anak di sana baik-baik?”blog1
(wowww….ini pertanyaan yang luar biasa!)
Aku: “Mmm…yah, selalu ada anak baik dan anak yang kurang baik. Tapi yang jelas di sekolah itu menyenangkan sekali.Β Mama dan papa juga suka sekali pergi ke sekolah.”
(yah…harus menjawab apa lagi coba, ditanya mendadak seperti ini!)
Aku: “Kamu kepikiran ya Sky, exciting, untuk pergi ke sekolah besar?”
Sky (sepanjang percakapan dia nemplok di pangkuanku yang duduk di ranjangnya, dan sekarang dia menjawab dengan halus untuk kemudian berbaring di ranjangnya dan menarik selimutnya sendiri sampai ke batas leher): “Yaaa…..”

***

De gesprekken voordat Sky ‘s avonds in haar bed wil liggen zijn fascinerend. We brengen haar om en om naar bed, dus soms voert ze die gesprekken met mama en soms met papa. Hieronder zijn 3 recente voorbeelden:

1. Sky noemde alle voorwerpen in haar kamer en wilde weten: “Bed, is met letter?” Ze bedoelde wat is het beginletter van het word ‘bed’. Dus antwoordde mama elke keer: “B is van bed…m is van muur…g is van gordijn…k is van kast” enz enz. Het duurde echt een half uur lang, en ik begon te denken dat hetΒ zinloos en saai was, toen Sky ineens begon zelf na te denken: “B…is van bed, maar ook van beertje…en bal, toch mama? En M van muur, is ook M van mama?” Ojaaaa meisje, dat heb je helemaal goed! πŸ™‚

blog22. Een (bijna) een richting waarom-gesprek van Sky: “Papa, waarom is het dinsdag? Waarom schijnt de zon? Waarom zijn er sterren? Waarom zit de uil in de boom? En de maan in de lucht? Waarom gaat de klok alleen tot 12? Waarom zijn de gordijnen dicht, dan kan ik niet naar de sterren kijken…want ik slaap altijd met mijn ogen open want anders kan ik niet dromen.” πŸ˜€

3. Sky moet nog 3 jaar worden, maar dat zij soms al nadenkt over de tijd dat ze naar de basisschool mag, blijkt uit dit gesprek:
Sky: “Als ik 4 ben…mag ik naar de grote school. Welke, mama?”
Ik: “Ja dat klopt. Je gaat naar de Montessori basisschool.”
Sky: “Welk nummer dan?”
(ik snap niet helemaal wat ze bedoelt, en na wat heen en weer gevraagd te worden denk ik dat ze bedoelt naar welke klas ze straks zal gaan)
Ik: “Je gaat naar groep 1, maar naar welke klas en welke juffrouw precies dat weten we nu nog niet.”
Sky: “Kan ik daar ook spelen?”
Ik: “O ja zeker, je kunt daar heel veel spelen.”
Sky: “Hebben ze ook een hoepel? (net als in haar peuterspeelzaal nu)”
Ik: “Hmm…ik denk het wel hoor.”
Sky: “Ook een gele?”
Ik: “Hmm…misschien wel. Anders hebben ze ook andere mooie kleuren.”
Sky: “En zijn de kindjes daar lief?”
(wowww….dit is nogal een vraag!)
Ik: “Mmm…er zijn altijd lieve en minder lieve kinderen. Maar op school is het heel leuk. Mama en papa houden ook heel erg van naar school gaan.”
(tja…meer kon ik moeilijk zeggen, zo plotseling gevraagd!)
Ik: “Vind je het spannend Sky, naar grote school gaan?”
Sky (al die tijd zat ze onderuitgezakt op mijn schoot, op haar bed, en nu mompelde ze het antwoord zacht om daarna lekker in haar bedje te liggen en zelf haar deken om haar heen te trekken): “Jaaa…..”

Advertisements

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s