learning names of the days

Standard

blog4Setiap hari Sky pasti bertanya, kadang sampai beberapa kali: “Hari ini hari apa?” Dan kalau sudah dijawab, sering pertanyaan berikutnya adalah: “Kalau besok?”

Jelas dia tertarik sekali dengan nama-nama hari. Dan kami juga bosan untuk menjawab pertanyaan yang sama terus-terusan. Nah, kalau sudah begitu muncul deh ide bagus, hehe: Kita buat saja sesuatu supaya dia bisa melihat dan belajar sendiri tentang nama-nama hari.

Tadaaaa….! Aku menulisΒ nama-nama hari di atas kertas stiker, lalu menempelnya di lembaran foam (Sky boleh memilih warnanya). Diberi pita dan digantung deh. Hari Senin dan Kamis kami tempeli stiker bergambar anak perempuan membawa pensil, karena itu dua hari di mana dia pergi ke sekolah. Hari Sabtu dan Minggu kami tempeli stiker bunga dan hati, karena biasanya kami melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama.

Tiap pagi Sky boleh memindahkan posisi jepitan bajunya ke hari yang tepat. Dengan begitu dia tahu persis hari ini hari apa (dan apa yang kira-kira bakal kami lakukan). Selain itu dia juga jadi tahu bagaimana menulis nama-nama harinya. Ini juga sekarang makin menarik perhatiannya: angka dan huruf. Makin sering kami latih bersamanya. Dan, apa pendapat Sky sendiri tentang kartu nama-nama hari ini? Tadi pagi dia bilang: “Hari ini…(berpikir sebentar) hari Senin! Aku pergi ke sekolah. O, dua kali ke sekolah. Mama, ini apa ya? (Jawabku: hari Kamis). Oya, hari Kamis juga ke sekolah. Ada gambar anak perempuannya, seperti aku!” πŸ™‚

***

Elke dag vraagt Sky een paar keer: “Vandaag is…?” Ze bedoelt: “Wat voor dag is het vandaag?” En als we het beantwoorden dan komt vaak de volgende vraag: “En morgen is?”

Ze toont veel interesse, en we zijn het ook beu om een paar keer per dag dezelfde vraag te beantwoorden. De perfecte bron voor een goed idee: Dan maken we toch iets waarmee ze zelf de dagen kan bekijken?

Tadaaaa…..! Op een sticker velletje schrijf ik de namen van de dagen op, daarna mocht Sky zelf de kleur van de achtergrond kiezen (het is een foam velletje),Β lintjes erop en hangen maar. Op maandag en donderdag plakken we stickers van een meisje met potloden op (haar twee schooldagen) en op zaterdag/zondag iets met een bloemetje en een hartje (omdat we dan veel leuke dingen samen doen). Elke morgen mag Sky de wasknijper op de naam van de dag zetten. Zodoende weet ze preciesΒ wat voor dag het vandaag is (en wat ze ongeveer gaat doen), tevens leertΒ ze ook hoe je namen van de dagen moet opschrijven! Want hierover is haar interesse ook al groot, in cijfers en letters. Oefenen we ook al steeds vaker. En wat vindt Sky er zelf van? Vanmorgen zei ze: “Vandaag is…(even nadenken) maandag! En ik ga naar school. O, twee keer naar school. Mama, wat is deze dan? (Ik zei: donderdag) Oja, donderdag ook, naar school. Er zit een meisje op, net als ik!” πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s