the beginning of a friendship

Standard

blog3

Ibu guru di sekolah kemarin bilang kalau Sky sekarang betul-betul ‘los’ di sekolah, terlihat menikmati dan merasa bebas. Dan bahwa sifatnya makin sosial , tidak hanya dengan kata-kata tapi juga dengan tindakan. Tidak hanya bahwa dia mulai berbicara kepada teman-temannya, tapi juga kontak fisik misalnya mengelus atau memeluk. Senang sekali mendengarnya! Karena memang ini alasan utama kami memasukkannya ke preschool. Sifat aslinya memang sudah manis dan peduli orang lain, tapi tanpa pengalaman bagaimana prakteknya terhadap anak-anak lain ya tetap saja ada yang kurang untuk bersifat sosial. Dia memang suka mengobservasi orang dan lingkungan sekitarnya. Tidak terlalu cepat mendekati orang lain, tapi akhir-akhir ini mulai agak sering dilakukannya, sering dengan cara yang mengharukan. Sudah sejak awal saat dia bisa bicara, dia selalu menaruh perhatian kalau ada anak lain yang menangis. Entah kenapa dia seperti tersentuh. Dan sekarang, kalau anak yang menangis itu dikenalnya (misalnya di sekolah), bisa jadi dia bakal mendatangi si anak, menghibur dengan kata-kata atau mengelusnya. Manis sekali!

blog5Selain itu, sudah beberapa bulan ini Ibu guru juga bilang kalau Sky tampak cocok dengan seorang anak perempuan lain di kelasnya. Karena alasan privacy aku bakal menamakan anak ini “E”. Kebetulan juga rumah E cuma berjarak beberapa puluh meter dari rumah kami, dekat sekali. Jadilah beberapa minggu lalu aku memberanikan diri untuk menyapa mama E, bertanya apakah Sky dan E bisa kadang-kadang bermain bersama di luar jam sekolah. Syukur reaksinya positif. Mama E menganggapnya ide yang bagus. Jadi sekarang sudah tiga kali mereka bermain bersama. Kebetulan cuaca selalu cerah, jadi mereka kebanyakan bermain di taman main di luar. Hanya satu jam pertama di dalam, di rumah kami. Ini video waktu Sky melihat mulut E kotor, dan dengan manisnya mencari dan mengambil lap untuk mengelap mulutnya. Yang dijawab dengan tegas oleh E: “Tidak!” Hehe…

Mereka tampaknya menikmati waktu bermain bersama. Memang mungkin belum sepenuhnya berteman, tapi rasanya sudah ada bibit-bibitnya. Di rumah Sky sering menyebut nama E. Bahkan waktu aku mengantarnya tidur malam dia bilang mau bermimpi tentang E, dan bahwa dia senang bermain berdua. Menurut mama E pihak satunya juga persis sama. Di sekolah mereka duduk bersebelahan di lingkaran saat menyanyikan lagu ‘selamat pagi’, meluncur bersama dari perosotan, dan berjalan bergandengan tangan. E lebih tua sebulan dari Sky, tapi keduanya kebetulan sama-sama tinggi besar untuk ukuran seusianya, dan perkembangan motorik (gerakan) dan verbal (bicara)nya juga kurang lebih sama. Jadi memudahkan tumbuhnya sebuah persahabatan. Nanti kalau mereka umur 4 tahun juga bakal masuk ke SD yang sama (rencananya). Keduanya anak manis. E sedikit lebih terbuka, ceria dan luwes, sementara Sky lebih peduli, penuh perhatian, cerdik dan serius. Kombinasi yang menarik, hehe… Rasanya pasangan ini bakal menjalani banyak petualangan bersama-sama. 🙂

blog4

***

Laatst zei de juf op school tegen mij dat Sky nu echt “los komt”. Dat zij steeds socialer wordt, niet alleen met woorden maar ook met daden. Dat ze niet alleen begint te praten tegen anderen, maar ook bijvoorbeeld een knuffel en een aai geeft. Super leuk om te horen! Het is natuurlijk één van onze voornaamste redenen om haar naar de peuterspeelzaal te sturen. Zij is lief en zorgzaam van karakter, maar zonder ervaring om dat met andere kinderen te delen mis je natuurlijk een stukje sociale vaardigheid. Ze observeert graag mensen en haar omgeving, stapt niet direct op mensen af maar de laatste tijd doet ze dat steeds vaker, vaak op een aandoenlijke manier. Al sinds het begin dat zij kan praten merkt zij bijvoorbeeld al altijd op als er een kindje huilt. Het raakt haar op een van andere manier. En nu als zij dat huilende kindje kent (zoals op school het geval is) kan het zijn dat ze er naar toe gaat en een opbeurend woordje zegt, of een aai geeft. Erg lief om te zien!

BLOG1Daarnaast, al een paar maanden zei de juf ook dat Sky goed kan vinden met een ander meisje. Om privacy redenen zal ik haar “E’ noemen. Ze woont toevallig ook maar een tiental meter van ons vandaan, erg dichtbij. Dus heb ik een paar weken geleden de stoute schoenen aangetrokken en de mama van E gesproken, of Sky en E niet een keertje samen kunnen spelen buiten schooltijd. Gelukkig was de reactie heel positief. Vond de mama ook een heel goed idee. Dus nu hebben we al drie keer de meisjes samen laten spelen. Alle drie de keren was het toevallig prachtig weer, dus hebben we de meisjes buiten op een speeltuin gelaten. Alleen het eerste uurtje binnen, bij ons. Hier een video toen Sky ontdekte dat E’s mondje vies was, en pakte ze heel lief een doekje om het te vegen.

Ze hebben wel veel lol samen. Waarschijnlijk nog niet een volledige vriendschap, maar wel het begin ervan. Sky noemt thuis vaak haar naam, ze zei zelfs toen ik haar naar bed bracht dat ze over E zou willen dromen, en dat het fijn was om met z’n tweeën te spelen. En volgens de mama van E doet E thuis hetzelfde. Op school zitten ze naast elkaar in het ochtend kringetje, glijden samen van de glijbaan af en lopen hand in hand. E is een maand ouder dan Sky, maar beide zijn fors voor hun leeftijd en hebben redelijk dezelfde ontwikkelingen (qua praten en motoriek). Het maakt het groeien van een vriendschap wel iets makkelijker. Als ze straks 4 zijn gaan ze ook naar dezelfde school, althans de planning dan. Beide zijn lieve meisjes. E is iets uitbundiger, onbezorgder en vrolijker, terwijl Sky is zorgzaam, slim en serieus. Een leuk stel. Ik heb het idee dat ze samen nog heel veel avonturen zullen beleven. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s