a package from Indonesia! :)

Standard

blog1

Horeeee….paket besar dari oma dan opa Indo nih!!! Senangnyaaa!!! 😀

Sebetulnya paketnya ditujukan untuk ulang tahun Sky, tapi dari awal sudah kami duga bahwa paket akan datang terlambat karena situasi waktu mengirim paket yang tidak menguntungkan (lingkungan sekitar tempat tinggal oma dan opa Indo waktu itu tertutup abu karena ada gunung berapi yang meletus sehingga menghambat lalu-lintas). Tapi sekarang paketnya sudah sampai, dan seru sekali membongkar kado sebesar ini. Sky luar biasa senang dengan semua yang dia dapatkan. Dari pakaian sampai puzzel, dari bando Mini Tikus sampai boneka Mini dan Miki. Dan masih banyak lagi: sisir, set kalung dan gelang, jepit rambut, spidol, bola, buku-buku dan cd lagu anak bahasa Indonesia, bantal, dompet, dan banyak bahan makanan, di antaranya bubuk puding susu (kemarin sudah aku buat, tapi Sky masih harus membiasakan diri dengan rasanya, belum mau makan terlalu banyak) dan abon sapi (tadi pagi kami makan dengan roti dan mentega, wah yang ini sih Sky suka banget!). Masih banyak lagi bumbu dan bahan makanan lain, tapi buat mama, bukan cuma buat Sky, hehe… Terima kasih banyak oma dan opa Indo!

Kalau dipikir lebih lanjut, sebetulnya intinya bukan (hanya) tentang kado atau benda-benda. Yang aku hargai dan yang membuat senang adalah bahwa seseorang (oma Indo) secara teratur menanyakan kabar Sky. Dan bukan karena terpaksa tapi karena memang tertarik dan ingin tahu. Setiap hari kami “ngobrol” lewat online app. Jujur saja sebelum Sky lahir aku kurang tahu bagaimana harus ngobrol dengan mama, dan tentang apa. Jadi senang juga rasanya bahwa sekarang kami punya “hobby” yang sama: Sky! Haha…. Oma misalnya akan bertanya apakah batuk Sky sudah agak berkurang. Apa yang saat ini dia suka makan dan minum. Apakah dia sudah pernah memangku Louis si kucing. Apa warna atau boneka favoritnya. Bagaimana tentang latihan kencing di wc. Apa yang kami butuhkan untuk dikirim lewat paket (piyama buat Sky! Dan langsung dikirimi 4 set piyama dan baju-baju lucu lain), dll dsb. Dan seringnya juga disertai dukungan atau motivasi yang membantu (hmm yah, biarpun kadang motivasinya justru bikin jengkel juga sih, hehe). Satu hal yang kami sama-sama setuju, dan juga sering saling kami ucapkan: betapa Sky adalah anak yang manis, pintar, dan istimewa, dan bahwa kami bangga kepadanya. Singkatnya, sebetulnya hal-hal biasa untuk dibicarakan antara ibu-oma-cucu, tapi sungguh senang rasanya kalau bisa membaginya!

Mungkin karena pembicaraan hari-hari ini didominasi oleh tema Indonesia, siang tadi Sky tiba-tiba mengambil tas sekolahnya, mengisinya dengan buku-buku, lalu mengambil sebuah bantal dan bilang: “Gaan bij opa Indo logeren!” (= pergi menginap di opa Indo!) 😀

***

blog2Hoeraaaa….een mega pakket van oma en opa Indo op de mat!!! Zó leuk!!! 😀

Het is eigenlijk bedoeld voor Sky haar verjaardag, maar de vertraging was van voorspelbaar door de ongunstige omstandigheden op het moment dat het pakket verstuurd werd: de omgeving waar mijn ouders wonen lag wekenlang onder as omdat er een vulkaan uitgebarsten was, veel verkeer was er toen niet mogelijk. Maar nu is het pakket aangekomen, en het is altijd feest om zo’n groot cadeau uit te pakken. Sky is helemaal blij met alles wat ze gekregen heeft. Van kleertjes tot puzzels, van een Minnie-haarband tot de echte Minnie en Mickey Muis knuffels, en nog veel meer: kam, setje ketting en armband, haarclipjes, stiften, bal, Indonesische boeken en kinderliedjes op cd’s, kussen, etui, en veel eetwaren waaronder melk pudding (heb ik gisteren gemaakt maar Sky moest nog aan de smaak wennen) en “abon” (Indonesisch gedroogd vlees, lekker voor op brood of met warme rijst. Dit vindt Sky wel erg lekker!). Nog veel meer eetwaren en kruiden, maar meer voor mama bedoeld, haha… Super bedankt oma en opa Indo!

Nu ik verder nadenk, het gaat eigenlijk niet (alleen) om de spulletjes. Wat ik heel erg waardeer en erg fijn bij voel is dat iemand (oma Indo) regelmatig informeert hoe het met Sky gaat. En dan niet omdat het een verplicht nummer is, maar puur door belangstelling. Elke dag wisselen we berichten via een mobiele app. Voor de geboorte van Sky wist ik niet goed hoe ik met mijn moeder zou moeten praten, en waarover. Dus het is fijn dat wij nu dezelfde “hobby” delen: Sky! Haha….Dan vraagt zij bijvoorbeeld of haar gehoest vandaag al minder is. Wat ze op dit moment lekker vindt om te eten en drinken. Of ze Louis de kat ooit op schoot heeft gehad. Wat haar favoriete knuffel of kleur is. Hoe het met zindelijkheid gaat. Wat wij nodig hebben voor in het pakket (pyjama’s voor Sky! En dan krijg ik gelijk 4 setjes pyjama’s en nog meer leuke kleertjes), enzovoorts. En dan ook vaak met het juiste steuntje of motivatie (nou ja, soms ook met motivatie die mij doet ergeren hoor, haha). Een ding zijn we erover eens, en zeggen we ook heel vaak tegen elkaar: hoe lief, slim en bijzonder Sky is, en hoe trots wij op haar zijn. Kortom, de gewone moeder-oma-kleindochter dingetjes…fijn om ze te kunnen delen!

Misschien omdat de gesprekken deze dagen gedomineerd zijn door oma en opa Indo, deed Sky vanmiddag iets leuks: Ze pakte haar schooltasje, deed een paar boeken in, pakte ook een kussentje en zei: “Gaan bij opa Indo logeren!” 😀

Advertisements

2 responses »

  1. Oma dan opa Indo senang sekali kalau Sky cucu tercinta bisa menikmati barang2 kecil yg sdh dikirim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s