having fun at the ‘youth holiday fair’

Standard

collage 1 -kk

Seru banget kemarin, kami pergi ke yang namanya “arena liburan anak”, tidak jauh dari rumah (berjalan cuma 5 menit). Satu gedung besar plus area parkir luarnya penuh dengan kegiatan-kegiatan untuk anak dan remaja. Dari mulai kegiatan fisik dan olahraga, permainan, lomba-lomba, workshop, atraksi…pokoknya komplit plit. Di Belanda memang semua sekolah sedang libur, jadi banyak acara-acara untuk mengisi liburan anak.

Ibu di belakang kasir melihatku dengan aneh waktu aku mau membeli tiket masuk (aku menggendong Sky dengan baby carrier). Dia menganggap Sky masih terlalu kecil untuk acara ini. “Berapa umurnya?”, tanyanya dan aku menjawabnya plus aku bilang bahwa aku cuma ingin membiarkannya berlari-lari di dalam. Tentu saja boleh, tapi acara ini sebetulnya untuk anak umur 4 sampai 12 tahun, jadi Sky pasti nggak boleh atau nggak bisa berpartisipasi di banyak kegiatan. Oh nggak apa-apa, aku juga sudah tahu kok. Di depan kasir terpampang jelas bahwa semua anak, mau umur 4 tahun, lebih tua atau lebih muda, harus membayar tiket masuk 5 euro. Tapi ibu kasir yang baik membolehkanku hanya membayar 2 euro (sebagai pembimbing). Dan lihatlah foto-fotonya, betapa serunya Sky bermain di sana! Memang betul bahwa dia cuma bisa bermain di beberapa atraksi saja, tapi sudah lebih dari cukup tuh. Sekitar 2 jam kami berada di sana, dan waktu berjalan pulang dia sudah hampir jatuh tertidur di gendongannya. Sampai rumah tentu dia langsung tidak mau tidur lagi, malah jadi aktif luar biasa selama sejam, mungkin masih penuh dengan adrenalin ya, hehe…tapi sesudahnya dia tidur pulas selama 2,5 jam (lama tuh!).

Ngomong-ngomong tentang tidur, setengah jam terakhir dari 2,5 jam itu dia tidur digendong mama. Sudah lama aku tidak menggendongnya sambil tidur begini, dan tiba-tiba aku menyadari bahwa aku tidak bisa lagi merangkum seluruh tubuhnya di antara kedua lenganku. Dia sudah tinggi banget, sehingga aku cuma bisa menyangga tubuh bagian atasnya. Kaki-kakinya tetap berada di atas kasurnya. Kenapa dia tidur digendong mama lagi? Nah, setelah sekitar 1,5 jam dia hampir selalu terbangun. Dan kalau bangunnya tidak ceria (alias menangis), artinya biasanya bahwa dia sebetulnya masih mengantuk tapi tidak bisa tidur atau tidak tahu bagaimana bisa melanjutkan tidurnya. Tapi kemarin bangunnya bukan sambil menangis lagi, tapi sampai panik. Jadi mama harus menghiburnya dan menggendongnya, sampai akhirnya dia jatuh tertidur lagi diย lengan mama.ย Sudah dua pagi ini juga begitu. Terbangun jam 5 subuh, menangis keras-keras dan papa tidak berhasil menghiburnya. Cuma mau sama mama, dan baru tenang sesudah berbaring bersama mama di ranjang besar (setelah itu papa harus tidur di sofa, hehe). Untungnya sesudahnya dia mau tidur lagi, setelah mengelus-elus pipi mama dan bilang “elus…” Ritme tidurnya memang lagi agak aneh nih. Tapi yang menyenangkan adalah bahwa sudah 4 malam ini dia gampang sekali ditidurkan. Tidak menangis seperti biasanya kalau kami meninggalkannya sesudah melakukan segala ritual sebelum tidur. Wah enak sekali lho! ๐Ÿ™‚

***

Het was keileuk opย het ‘Jeugd vakantie land’ in Ahoy! Notabene op 5 minuten loopafstand hebben we de allergrootste kinderspeelparadijsย van ons land, 1 keer per jaar! Het hele gebouw plus de buiten arena was vol met allerlei activiteiten met wat je ook maar kunt bedenken. Sport, spelletjes (van ouderwets tot hypermodern), wedstrijden, workshops, attracties…je waant je wel even als kind in dit kleurrijke walhalla!

Bij de kassa werd ik even raar aangekeken (ik had Sky in de draagzak meegenomen). Mevrouw de caissiere vond dat Sky nog veels te jong is voor dit evenement. Ze vroeg hoe oud ze is en daarna voegde ik toe dat ik haar gewoon even wil laten rennen. Of dat mag? Ja natuurlijk, maar het evenement is eigenlijk voor 4 tot 12 jarige, dus ze zal waarschijnlijk niet eens mee mogen doen met veel onderdelen. Geen probleem hoor, zei ik, dat wist ik allemaal al. Er stond duidelijk aangegeven dat ieder kind 5 euro entree geld moet betalen, of hij 4 jaar oud is, ouder of jonger. Maar van de caissiereย hoefdeย ik alleen 2 euro betalen voor mijzelf als begeleider. En kijk eens naar de foto’s, hoeveel lol Sky in al die attracties heeft gehad! Ze kon en mocht inderdaad niet aan veel deelnemen, maar het warenย er meer dan genoeg! Ze heeft zo’n 2 uur gespeeld, enย viel al bijna in slaap in de draagzak toen we naar huis liepen. Thuis stuiterde ze nog 1 uur (kon ineens niet meer slapen natuurlijk van de adrenaline) en daarna sliep ze 2,5 uur (dat is lang!).

Over slapen gesproken, van de 2,5 uur heeft ze de laatste half uur in mijn armen geslapen. Het is al een tijdje geleden dat ik haar slapend vastgehouden heb, en gisteren ineens besefte ik dat ik haar niet helemaal tussen mijn armen kon nemen! Ze is al zo lang, dat ik alleen haar bovenlichaam kon ondersteunen. Haar benen rustten gewoon op haar matrasje. Waarom zij bij mij heeft geslapen? Nou, na zo’n anderhalf uur wordt ze altijd wakker. En als ze niet vrolijk wakker wordt (lees: huilen) betekent het meestal dat ze eigenlijk nog verder wil slapen maar niet kan of niet weet hoe. Maar gisteren was het extreem. En moest ik haar oppakken en goed troosten. En toen viel ze weer in slaap in mijn armen. Al 2 ochtenden is het ook zo. Ze werd om 5 uur wakker, huilde heel hard en papa kon haar niet troosten. Ze wilde gewoon mama hebben, en werd rustig toen ze bij mama in het grote bed lag (papa moest op de bank 1 uurtje verder slapen). Daarna sliep zij gelukkkig iets verder, nadat zij mama’sย wang heeft gestreeld en zei “aai…”ย Haar slaap ritme is op dit moment gewoon een beetje raar. Daartegenover staat dat zij al 4 avonden makkelijk naar bed te brengen is. Niet huilen als wij haar na alle rituelen verlaten hebben en gewoon gaan slapen… o wat voelt het lekker!!! ๐Ÿ™‚

collage 2 -kk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s