dearest opa

Standard

IMG_8513 -ek

Buat: opa tersayang.

Opa,  aku tidak pernah bertemu dengan opa,
tidak pernah bisa memeluk dan mencium opa.

Tidak bisa meraih kacamata opa saat sedang menonton berita jam delapan,
juga tidak bisa menggoda opa saat sedang bercukur di depan jendela.

Tidak pernah berjalan bersama opa ke sungai kecil di belakang rumah,
atau memetik dan makan strawberry pertama dari kebun.

Tapi aku tahu kok, sifat-sifat, kesukaan, dan pendapat-pendapat opa,
karena papa sering bercerita tentang opa.

Bersama dengan papa aku akan melihat jauh ke atas, lebih tinggi dari awan,
dan menunggu sampai ada sebuah bintang yang bersinar terang.

Lalu akan kuingat semua kenangan yang pernah diceritakan,
dan aku tahu bahwa opa ikut melihat dan menjagaku, malaikat di atas bahuku.

Dalam kenangan: Opa van Tuil (1922-2003)

***

Aan lieve opa.

Opa, ik heb u nooit ontmoet,
nooit heb ik met u geknuffeld.

Niet naar uw bril gegrepen terwijl u het NOS-journaal zat te kijken,
ook niet uw scheermesje gepakt als u zich scheerde.

Heb niet samen met u naar de wetering gelopen,
of met u de eerste aardbeien gegeten uit de tuin.

Maar ik weet wel wie u was en waar u voor stond,
iets wat papa mij vaak uitlegt.

Samen met papa kijk ik dan omhoog voorbij de wolken,
en wacht tot dat er een ster is die blinkt.

Dan voel ik alle herinneringen,
en weet dat u over mijn schouder meekijkt.

Ter herinnering aan Opa van Tuil (1922-2003)

One response »

  1. Wat een mooie brief van jou Sky naar opa. !!!!!!
    Oma moest er gewoon om huilen zo lief.
    Opa zou heel trots op je geweest zijn.
    Goed naar de sterretjes blijven kijken en weet dat opa altijd meekijkt.

    Hele dikke kus van oma. 🙂

Leave a Reply

