sleeping beauty, on her tummy

Standard

Minggu2 terakhir ini kita makin sering menemukan Sky telungkup di ranjang, biarpun sudah dipakaikan kantong tidur! Jadi kalau sudah ditaruh di ranjang (pagi atau siang) dan sesaat kemudian kita mendengarnya “memanggil” kita, seringnya karena dia telungkup di atas perutnya dan tidak bisa berguling sendiri lagi (bisa juga karena kepalanya mentok di ujung ranjang atau karena kakinya nyangkut di sela-sela jeruji ranjang sih…usil banget memang!). Nah, kemarin sesudah dibawa ke ranjang aku nggak mendengar apa-apa lagi, jadi aku pikir pasti dia sudah tertidur. Beberapa saat kemudian aku intip ke kamarnya, dan inilah yang aku lihat, seperti tampak di foto: Sky tidur telungkup…untuk pertama kalinya! Duh, damai banget ya kelihatannya… 🙂 Tentu saja awalnya kita khawatir apakah dengan posisi begini dia masih bisa bernafas dengan baik, tapi tampaknya hidungnya bebas, jadi kita biarkan saja dia tidur begitu. Eh, siang tadi kita menemukannya tidur begini lagi! Tapi kali ini kita memutar badannya supaya telentang, karena mukanya mengarah ke bawah. Jadi mulai sekarang kita harus lebih sering menengoknya di kamar tidur nih. Biarpun 6 bulan itu katanya batas di mana bayi bisa relatif aman tidur telungkup, tapi toh kita harus tetap hati-hati untuk urusan beginian. Apa ini berarti Sky mulai suka tidur telungkup ya? Sebetulnya bagus juga tuh untuk bentuk kepalanya…

Soal tidur, malam kemarin parah banget. Mulai jam setengah 4 Sky terbangun dan nggak mau tidur lagi. Hampir 1,5 jam Joop duduk di sebelah ranjangnya dan menghiburnya. Akhirnya toh aku susui juga, sampai dia jatuh tertidur jam setengah 6. Sesudahnya kami semua terbangun jam setengah 9 pagi. Parah banget ya ritmenya… Untung perut dan pup-nya sudah jauh lebih baik, sudah normal lagi. Di sekitar duburnya masih tetap merah, tapi sudah berkurang juga. Tapi akhirnya hari ini kita membeli Dentinox, obat bebas yang bisa disemirkan ke gusi dan gigi yang mau tumbuh, supaya sedikit mati rasa. Karena kita menduga bahwa Sky rewel terus karena giginya yang bikin gatal atau sakit, biarpun badannya nggak panas. Dan percaya nggak percaya, baru disemir dua kali tapi dia sudah terlihat lebih senang…sudah tertawa-tawa lagi dan nggak menangis-nangis. Bahkan tadi waktu ditaruh di ranjang jam 7 bisa lumayan gampang tidur sendiri. Tidak seperti kemarin dan kemarin lusa di mana kita harus menungguinya sejam dulu sebelum dia mau tidur.

***

De laatste weken vonden we Sky steeds vaker op haar buik in bed, ondanks de slaapzak! Dus als we haar in bed gelegd hebben en we haar een tijdje later ons hoorden “roepen”, vaak is het omdat ze dan op haar buik ligt (of ‘vast zit’ tussen de spijlen) en niet zelf terug kon draaien. Gisteren hoorde ik haar niet meer en dacht dat ze al in slaap was gevallen. Een tijdje later toen ik even haar slaapkamer in keek vond ik haar zoals op de foto’s, slapend op haar buik…voor de eerste keer! Wat een vredig gezicht… 🙂 Natuurlijk waren we eerst een beetje bezorgd of ze dan nog goed kan ademen, maar zo te zien was haar neus helemaal vrij, dus hebben we haar zo gelaten. Vanmiddag troffen we haar wéér slapend op haar buik, maar deze keer hebben we haar gedraaid omdat haar gezicht naar beneden was. Toch maar vaker gaan kijken de komende tijd. Hoewel 6 maanden de grens is om baby’s redelijk veilig op hun buik te laten slapen, kunnen we toch niet voorzichtig genoeg zijn met dit soort dingen. Zou ze een buikslaper beginnen te worden? Eigenlijk is het wel goed voor de vorm van haar hoofdje…

Vannacht was het qua slapen een dieptepunt geweest. Vanaf half 4 wilde ze niet slapen. Bijna anderhalf uur lang heeft Joop naast het bed gezeten en haar getroost. Uiteindelijk heb ik haar toch maar gevoed, totdat ze om half 6 weer in slaap viel (en wij ook). Pas om half 9 werden we allemaal weer wakker…wat een ritme hè… Het gaat nu goed met haar buik en de ontlasting. De rode plek wordt ook al iets minder. Wel hebben we vandaag Dentinox gekocht en op haar tandvlees getipt, omdat we dachten dat al haar onrustigheid en hangerigheid toch door de tandjes komt. En geloof het of niet, nog maar twee keer aangestipt en volgens ons gaat het al een stuk beter met haar humeur. Net sliep ze ook vrij makkelijk (om 19 uur), zonder dat we haar 1 uur lang moesten troosten zoals gisteren en eergisteren.

Advertisements

3 responses »

  1. Ziet er zo lief uit! Helemaal overgegeven aan de slaap. Hopelijk kan Sky dit binnenkort ook ‘s nachts wat langer volhouden… In elk geval: zonder buikpijn en zonder last van je tandvlees liijkt me de kans daarop aanzienlijk groter!

    Welterusten Sky 🙂
    Salam manis, Jessie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s